Pengalaman Memakai Gear Depan 15 Dan Gear Belakang 42 Di Old Vixion

Foto1720 - Copy - Copy

Assalamualaikum.

Hai bro …
Sudah lama NP mengtendarai si BH (Bayangan Hitam, nama Vixion NP hehehe). Tapi tetap aja kadang-kadang kurang puas sama peformanya. Saat jajal top speed, dapetnya Cuma kurang lebih 130 km/jam on speedo. Pengen sih motor NP bisa tembus 150 km/jam, tapi berhubung mesin masih standart ya mana bisa ? Hehehe …

Rasa kurang puas inilah yang memicu NP untuk mencoba mengutak-atik rasio gear si Vixion. Untuk standartnya, Vixion lama menganut rasio gear 14-42. Gear depan berukuran 14 dan gear belakang berukuran 42. Rasionya pengen NP rubah jadi agak berat dengan harapan memperoleh top speed lebih tinggi.

Sempat terlintas di pikiran NP untuk mencoba pakai gear depan Jupiter MX yang berukuran 15. Tapi baut kancing gearnya cuman satu, sedangkan punya Vixion ada dua. Takut kurang kuat, akhirnya NP cancel deh. Akhirnya NP pun beli gear depan ukuran 15 merk SSS yang uda PNP buat Vixion. Lubang buat kancing gearnya ada dua. Pokoknya tinggal plek deh buat si Vixion BH.

Snapshot_20130617

Snapshot_20130617_6

Setelah sukses terpasang, motor beberapa hari NP buat wara-wiri. Menurut NP memang nafasnya jadi agak panjang tapi akselerasi bawahnya juga agak berat. Gigi 3 mampu mencapai kurang lebih 90 km/jam, gigi 4 malah dapet sekitar 110 km/jam dengan cukup mudah (on speedo). Wah NP pun merasa puas nih, soalnya biasanya nafasnya agak sulit di putaran atas, tapi sekarang terasa lebih baik.

Tapi kekecewaan NP ada pada gigi ke 5. Biasanya gigi ke 5 dapat dengan cukup mudah meraih angka 120 km/jam dan agak susah untuk mencapai 130 km/jam. Tapi setelah NP pakai rasio 15-42 ini, menuju angka 120 km/jam malah terasa jadi tambah susah sob, apalagi untuk mencapai 130 km/jam. Welleh … Welleh … Terasa putaran mesin lebih berat dari pada biasanya.

Kesimpulannya, menurut NP rasio gear 15-42 itu terlalu berat jika digunakan untuk Vixion bermesin standart. Akselerasi terasa sedikit berkurang di gigi bawah dan atas (IMHO). Kecuali mesin Vixion sampean uda diupgrade.

Snapshot_20130617_14

Saat ini si Vixion BH uda NP ganti dengan rasio gear 15-44. Semoga di artikel selanjutnya NP bisa bahas soal pengalaman memakai rasio gear 15-44 itu ya …

Wassalamualaikum.

********************

#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Modifikasi motor yang tidak safety dan melanggar aturan tidak dianjurkan untuk motor harian/touring.
#Modifikasi jangan terlalu berlebih-lebihan.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :

Facebook   : Nofgi Motor Sport
E-Mail         : Nofgimotor@gmail.com

About these ads

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Tulisan ini dipublikasikan di Membahas Mesin Atau Modif Mesin Motor, Motor Sport, Vixion, Yamaha dan tag , , , . Tandai permalink.

50 Balasan ke Pengalaman Memakai Gear Depan 15 Dan Gear Belakang 42 Di Old Vixion

  1. ipanase berkata:

    bawahnya empot2an :D

  2. Adhitya Ramadian berkata:

    porting polish dan ganti knalpot buat dukungan bawah yang lemot bro..

  3. Adhitya Ramadian berkata:

    pengapian digedein sekalian, biar tarikan awal enteng

  4. smartfaiz berkata:

    motor-motor honda juga gitu… pengalaman sama Gl Max dan tiger… beratin rasio belum tentu naikkin top speed karena gigi terakhir sifatnya untuk pengiritan saja bukan untuk nambah speed. misal kecepatan 100 digigi 5 di rpm 8500 tapi di gigi 6 cukup 8000 rpm (misal loh) padahal top speed yang dicapai gigi 5 dan 6 sama (selisih sedikit) . begitu di upgrade dikit misal knalpot racing+jetting baru gigi 6 baru bisa nambah speed signifikan atau pas jalanan sedikit turun. kalau oprek mesin agak ekstreem baru perlu perberat final gear

  5. agusvixie berkata:

    vixionku pke 15-42 cuma dapet 110 on spido,
    gigi 4 -+ 100 kpj, mulia gigi 5 naiknya kaya siput tuh spido , pdahal kluaran tahun 2011 ,-_-
    gmana gan solusinya biar tenaga ngak loyo ? apa harus servis besar ?
    mohon pencerahannya gan ,

  6. Muhammad Aulia berkata:

    kalo kaki kaki udh gambot atau pake box pergantian rasio gir baru kerasa bgt

    http://brigade15.wordpress.com/2013/06/27/selamat-jalan-vixion-ku/

  7. orong-orong berkata:

    standar emg lebih baik

  8. rusman berkata:

    mending standar

  9. bruceliii berkata:

    hanya modal puluhan ribu,gak mungkinlah bisa buat vixion langsung kencang..bro.

  10. Fordi berkata:

    jgn ngebut2..eman nyawa&motore..

  11. Ogie D'redzone berkata:

    loohhhh kok beda sama vixion ku brooo … vixion ku nyentuh 120 nya cepet .. baru gigi 5 nya lambat sampai nyentuh 140 …..

    http://vixion-sambi.blogspot.com/2013/03/tips-menaikan-top-speed-vixion.html

  12. Arian berkata:

    Blm berani nyoba nyoba pak, standar dlu aja deh.. wkwkkwwk

    http://iotomotifinfo.blogspot.com/2013/06/half-fairing-honda-cb150r-streetfire.html

  13. raditya berkata:

    Intinya setingan gear 15-42 maka akselarasi bertambah tp top speed turun, 14-44 akselarasi turun top speed naik, tinggal pilih mw yg mana brow.. Mending standart pabrik z lah.. Lebih aman dan nyaman

    • frendi berkata:

      . .pnyaku vixion old 2012 pkek ban 60/80 .blkng 80/80 pkek busi tdr balistik. setingan klep d buat kendur/ksar. oli enduro racing .. +CO 6 .lari 140 on spedo .di jlur JLS .lurus agak spi 12 km. .

      • indrazyt berkata:

        Kalo 12km mah terlalu lama om, cuman dpt 140km/jam,, punya ane 149km/jam itu 500meter, motor. Cuma Ganti kopling sama knalpot dBS

  14. monggo berkata:

    Kenceng amat 130 kpj….110 aja berat
    (boncengan di lintas pantura) udah pke jari2 ples ban kecil pula oli nya kali yamalube

  15. asdar berkata:

    Kalo new cbr 150 menggunakan gir tiger gmana ya sob. Bisa nga ?

    • gold v berkata:

      Q pake gear 15-42 juga. Tarikannya cepet ko. Ganti busi iridium, knalpot r9, 2 buah 9 power, per kopling ma kampas kopling merk racing n dll. Pada gigi 4 bisa tembus 125 pd rpm 11500. di gigi 5 ya lumayan lh 140. pake ban stndar z bro

  16. Danang wibowo berkata:

    Pake 14-43 jg bisa aksel dan top speed sma2 mntap

  17. denni berkata:

    Salam kenal bro..
    Saya dr Pekanbaru.
    Kalo kualitas gearset SSS nya gimana,..gampang kendor gak..? trus apa suka berisik..?
    Saya make nvl, udah setahun rantenya udah mulur bgt, sampe udah mentok.
    Tiap hari harus bawa boncengan mlulu.
    Bingung kalo make sinnob, harganya cukup nguras kantong,..hehehe
    Terima kasih.

  18. indrazyt berkata:

    Punya ane pake 16-41 topspeed 143km/jam om,itu kalo ane Ɣªήğ bawa, kalo joki Ɣªήğ bawa 149km/jam ,, ban ukuran kecil. Siih 70/90

  19. adibaseng berkata:

    Jupiter mx ku th 2010. Gir depan baru ganti ukuran 14 pkai pnya satria fu, gir belakang tetap 41 pakai pnya motor viar. tarikan nya ringan abis tp topspeed?lum tau soalnya bru diganti msh dipakai kewarung aja. tapi…rencananya gir belakang akan diganti lg yg 38 pakai pny rx king.

  20. irul berkata:

    drpda cuma maen seting gear npa gak porting polish.pke pertamax oli motul ta enduro lbh nampol topspeedny.skalian pke knlpot r9

  21. Anonymous berkata:

    bro kalau nvl di ganti ukuran gear 15- 38 top speed kira kira nambah gak ya”mohon infonya”’soalnya mau aq ganti”,,:-)

  22. Anonymous berkata:

    kalau vega new cocok nya pake gir apa ya sob,,,supaya kencang heheh,,,mohon bantuan ya

  23. Anonymous berkata:

    bro bro yg ada gir depan gedein yg belakang kecilin bro, bkn dua2nya d gedein, itu kalo mau tambah top speed, kalo mau akselerasi, yg depan keciliin yg belakang gedein bro, percaya deh bro sama tuhan jangan percaya sm ane :D

  24. Anonymous berkata:

    masih mendingan yg standar ja,,,
    buktinya,,wkt mudik kmren mtr revo 100 w yg msh standar bisa ngasepin motor2 batangan yg lg parkir,,pdhl br gi2 2 lho,,

  25. Evan berkata:

    mas bro 15-38 tarikan awal berat tapi topspeednya dapet

  26. Anonymous berkata:

    intinya sama kaya sepeda sih masbro kalo setting gear.. wkwkwkw

  27. Anonymous berkata:

    Kalo pake gear depan 17 mata enak apa gak

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s