Pili Suzuki Satria F, Yamaha New Vixion, Atau Honda CB150R Streetfire … ???

Assalamualaikum.

Tak diragukan, ketiga nama motor kelas 150cc 4 tak tersebut memang cukup populer di kalangan para remaja atau biker muda. Yaps, bermodalkan tampang yang keren, mesin berkapasitas 150cc yang mumpuni, serta harga yang cukup terjangkau, membuat ketiganya ukup baik diterima oleh konsumen motor di tanah air.

Nah, diantara ketiga motor 150cc ini, sampean pilih yang mana hayooo ? Eeemm … Cukup membingungkan juga sih. Diakarenakan ketiganya mempunyai sis kelebihan dan kekurangan masing-masing. Menarik nih untuk kita bahas.

  • Suzuki Satria F

Tak diragukan, populasi nih motor emank uda marak banget dikalangan para remaja atau biker muda. Bermodalkan tampang yang keren dan mesin yang bertenaga, plus harga yang nggak mahal-mahal amat, membuat motor 150c Suzuki ini laris manis di pasaran.

Soal desain, motor ini memang unik. Setengah motor bebek, setengah motor sport. Kita kategorikan motor ayago aja deh (ayam jago). Setahu NP sih beberapa orang bilang nih motor mirip walang (belalang), kalau NP perhatikan sih emang agak-agak mirip hehehe. Dibalik tampangnya yang masih “kebebek-bebekan”, FU ini sudah dicangkokkan mesin DOHC overbor1 150cc yang sudah terkenal sangat bertenaga. Maka dari itu, para biker muda banyak yang doyan sama motor ini. Sudah gitu, body begitu ramping dan ringan, jadi nggak susah kalau dibawa berkendara sehari-hari.

Soal kekurangannya, menurut NP sih ada pada konsumsi BBMnya yang katanya cederung boros. Maklum masbro, nih motor kan masih karburator. Uda gitu karakter mesin DOHC overbore membuat motor ini bagusnya bermain di RPM atas (CMIIW). Juga pada body yang menurut NP terlalu ramping dan ringan untuk motor 150cc. Apa nggak mumbul-mumbul ya pas diajak ngebut ? Hehehe …

  • Yamaha New Vixion

Kalau soal motor ini, uda keseringan deh liat di jalanan. Maklum katanya memang nih motor sport 150cc 4 tak paling laris di Indonesia. Berbekal desain baru yang lebih gagah dari pendahulunya, mesin yang juga lebih bertenaga, plus harga yang bersaing, membuat motor pabrikan Yamaha ini begitu laris.

Soal desain, menurut NP New Vixion ini gak terlalu ramping dan nggak terlalu besar. Jadi cocok deh buat harian maupun buat yang doyan touring. Soal peforma juga uda mumpuni. Meskipun masih SOHC, tapi klepnya ada 4. Membuat motor ini asik buat berakselerasi, namun tenaga putaran atas atau top speednya masih bagus. Meskipun sudah berbekal velg dan ban lebar, namun akselerasinya konon masih bagus lho … Uda gitu, konsumsi BBMnya konon katanya juga cukup irit karena sudah injeksi.

Soal kekurangan … ? Mungkin hedlampnya yang katanya mirip Shin-chan dan posisi plat nomor depan yang ada di atas headlamp. Uda gitu, desain spakbor belakang juga lebar banget, sehingga agak mengganggu keindahan desain motor ini.

  • Honda CB150R Streetfire

Termasuk motor baru di kelas 150cc. Meskipun baru, soal mesin, mantab banget sob. DOHC overbore dan mesinnya konon turunan dari CBR150 lho … Uda gitu pasokan BBMnya uda dibekali injeksi.

Soal desain, motor ini cukup ramping. Mungkin ya kurang lebih mirip-mirip sama Vixion lawas. Dengan body yang seperti itu, cukup nyaman untuk berkendara sehari-hari. Soal peforma, mesin DOHC overbore 150cc nya NP rasa sudah bertenaga to buat harian ? Meskipun mungkin soal top speed masih di bawah CBR150, namun akselerasinya mungkin CB150R ini masih unggul. Konsumsi BBMnya juga konon ktanya lumayan irit. Mungkin ya nggak jauh beda sama New Vixion.

Soal kekurangan. Menurut beberapa pemilik CB150R ini, ada bunyi aneh di mesinnya. Tapi tenang saja, mungkin nggak semua CB150R bernasib begitu. Tapi, ada juga yang bilang kalau tangki bensinnya rawan kemasukan air. Entah mengapa motor sport Honda kok sering bermasalah di tangki BBMnya. Lihat saja kasus pada Honda Megapro dan Tiger. Semoga Honda ke depannya bisa berbenah diri.

Nah soal pilihan orang-orang memang bisa berbeda-beda. Ada yang suka motor yang nyaman buat harian, ada yang suka motor irit, ada juga yang suka motor kencang.

Kalau menurut sampean, mana yang kalian suka ? Just your opinion.

Wassalamualaikum.

 

 

********************

#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :

Facebook   : Nofgi Motor Sport
E-Mail         : Nofgimotor@gmail.com

About these ads

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Tulisan ini dipublikasikan di CB150R Streetfire, Honda, Motor Sport, Satria F, Suzuki, Vixion, Yamaha dan tag , , , , , . Tandai permalink.

221 Balasan ke Pili Suzuki Satria F, Yamaha New Vixion, Atau Honda CB150R Streetfire … ???

  1. luxas berkata:

    kalau aku lebih memilih suzuki satria fu…sudah jelas kualitas standar internasional yang di pakai pada dalaman mesin….beda dengan vix dan cbr..karena aku tau di indonesia yamaha dan honda tidak berani memilih spare part kualitas internasional tidak seperti di luar negeri…untuk masalah lari fu sangat kenceng tidak masalah karena sudah di desain di bagian depan lebih berat motor gampang di kendarai pada jalur ramai…kalau vixion aku tak suka lamp depan body depan dan belakang beratnya imbang membuat motor kurang bisa di ajak di tempat ramai …..kalau cbr enak di kendarai tapi sayang honda aku kurang suka tarikannya…dan model lumayan bagus tapi karena honda di indonesia kualitasnya tak sebaik di luar negeri jadi aku tetep pilih satria fu the fastest motorcycle…kalau honda ku pilih sonic dan cbr lawas kalau yamaha indonesia kayaknya gak minat sedikitpun

    • im berkata:

      IFu itu udah saya kalahin sama jupiter mx

      • dmk berkata:

        yah mungkin jupiter mxnya tune up, ngayal banget kalo bisa kalahin FU, kalo ia mungkin pengemudinya gembrot tuh hahaha , kalo masalah cepet” an yg paling cepet diantara ketiga motor itu ya satria fu, cc sama tapi kurangi saja sama beban motor sama beban pengendara juga

    • dmk berkata:

      luxas : kurang suka tarikan si cbr ato kurang suka dengan harganya? haha, soalnya si satria fu bolak balik keselip sama si cbr, harga udh beda jauh, beda lagi kalo sama cb150

    • by : vixion berkata:

      cote , satria fu udah sering gue kalahin dengan motor gue , vixion lawas ,
      yamaha semakin jauh di depan bro , satria fu di jalan ngjak balapan vixion gue , gue pantatin dri depan , krna satria fu gak bisa nyalip motor gue !

  2. roda berkata:

    mas luxas gk usah sok tw,.! pke blang honda dn yamaha gk berani pake spart part internasional..mng ente bsa ngejamin klo kwlitas satria fu lebih baik dr nvl dn cbsf..? mnrut gw nvl kwlitasnya lbih baik dri fu, bktinya nvl jd motorsport trlaris diindonesia, trus jmlah pnjualannya jg nglahin fu prbulannya pdhlkn nvl jauh lbih mhal itu dn smw itu ngbktiin klo nvl itu slain keren,macho jg kwlaitasnya bgus..krn klo motor keren tp kwlitasnya jelek gk mngkin jd motorsport terlaris..!

  3. Anonymous berkata:

    fu cbu aja deh. yg lain no, punya ane hampir 10 tahun tp awet2 aja ga pernah masalah di mesin. padahal tiap hari kebut2an di jalan. yah paling cuma ganti kampas kopling doang tiap tahun.. standart tapi bisa ngayamin cbr 150 dan vixion

  4. cappox berkata:

    Ane jg stuju bgt ma kang roda,,ke 3 mtor emk 11-12 tp psti adh slah stu yg trbaik d mata msyarakt indo.klo mnrt ane prbdi sih nw vxion emk yg trbaik, scra kn body oke keren gagah blm lg ban gambotx yg aduhaiyy yg jlas body vixi lbh oke dr fu atw cb.klo soal msin sh mskpun SOHC tp larix ckup mantap n bringas tuh ane px yg lawas aj udh knceng bgt ap lg yg bru yg jlas mesin vixion atw new vixion udh trbkti sgt brkwlitas!!jd g heran klo laris mnis tuh mtor..
    Klo soal performa emk sh g prlu ragu deh mskpun klah hbat ma fu n cb tp bkn brarti klah telak lah!!! Skenceng appun cb atw fu,vixi sllu mmpu nempel dr blkang n fu n cb g akn bs jauh” ninggalin vixi bneran tuh fkta bos..
    Maaf anonymous ane sma skli g prcya ma smpean klo jlan biasah sh pst bisa lh vixion nyalip ninj250,tp klo ngalahin pas kebut”an sh ane rsa smpean trllu mnghyal tuh..jgn kn vs ninja250,,wong vs mp 2008 aja blm tntu mnang..
    Tk ksh tw smpean dr sbang ampek mrauke g adh crtanx vixion stndrt bs kebut”an ngalahin ninja250 malu smpean blg gtu kang..mngkin saat tuh ninjax lg g mw ngladeni msak ninj250 vs vixion msn std ya gengsi dong ninja e kang hahaha…

  5. walydaini berkata:

    kalau aq seh pilih fu jga,karna mtor aq jga satria fu,mkanya sya mlih fu,,heheh***bkn gtu bro fu itu mantap tnaga nya dari pada vixion n cbr,body fu mantap ,sdngkan vixion kepala nya sangat besar kayak kerbo..hehehe..mf yha lw mbo ada ksalhn,

  6. hasan berkata:

    gni aj dr pd saingn qt tnding aj,,

  7. godseeker99 berkata:

    Pilih yg sesuai dg kebutuhan dan kemampuan bro…tul g ??!
    Yg minat dg satria FU mampir di sini http://www.dealermotorsuzuki.com
    Thx min.

  8. Aan zr berkata:

    Sudah….sudaahh.
    Saya ada 3 motor itu di rumah, fu pnya saya, nvl pnya kk cewk, cbr150 pnya kk cowk. Saya pilih fu krna badan saya yg ramping, bukan krna alasan di jalanan ato bergaya. Kaya anak kecil aja adu koment.
    Ambil sisi baiknya saja, hidup jgn saling senggol biar g mati di jalanan.

  9. Anonymous berkata:

    Vixion tu memang menang bodi,
    tapi mesin ny kosong,gak ada tenaga ny sama sekali.
    Fu luar biasa

  10. adibaseng berkata:

    vixion lama udah prnah pny. fu sring makai krn pny adik saya. new vixion sring nyoba pny ponakan…Soal mesin jelas mantaf DOCH fu or cb 150r. new vixion or vixion jika topspeed sdh mencapai 80Km/jam kecepatan sdh berat dan untk mncapai 90-100 km/jam lama. FU (mesin dohc) untk mencapai 80-90-100 km/jam sangat ringan dan cepat.
    Jika ada yg mengatakan fu kalah sm vixion itu fu nya tdk normal. fu sebenarnya motor ampuh tp kbanyakan tenaganya drop itu maklum krn yg makai anak abg suka diotak-atik dr normalnya. Akan cb sy jelaskan bnyknxa faktor fu rewel…

  11. adibaseng berkata:

    Nih kbanyakan fu tidak sehebat normalnya: Pertama kbanyakan yg makai anak abg. jd suka diotak-atik padahal fu memakai karburator vakum itu sngt rentan masalah. suka menurunkan sok depan, lepas filter udara. Efek dr mnurunkan sok depan berakibat fatal untk karbu vakum fu- damfaknya posisi karbu menjadi miring kedepan ini membuat jarum karbu jd membuat luka tetap,jk sdh luka akan membuat jarumnxa tdk efektip kluar masuk. karn karbu mereng akibat sok depan dipendekin Tentu yg paling farah damfaknya pada piston karbu yg ikut miring jg akhirnya menggesek2 seret malah kadang tdk bs naik turun hny menggantung saja jelas tenaga motor sngt berkurang. bhkan gk bertenaga. karburator vakum itu naik turu piston nya hny mengandalkan kevakuman lain dng karbu biasa yg Tarikan pistonya manual naik turunya krn memakai kabel kawat pegas. klu vakum beda jd jng sampai ada yg membuat seret…pantangan mencopot fiter udara fu. mesin fu itu mudah panas luar biasa slain mesin dohc dan kisi2oil color nya kecil Maka mencopot filter udara hny akan membuat farah mesin, debu2masuk kemesin dr filter udara kesedot piston krn mesin fu sngt panas debu2itu akan cepat merusak mesin akhirnya komfresinya cpt habis tenaga jelas berkurang…sbenarnya msh ada beberapa lg akibat fu bs rewel Yg kata org fu mudah rusak padahal dr ulah sipemilik yg tdk faham motor.

  12. adibaseng berkata:

    Menurut sy membeli motor itu juga tdk tergantung selera tp untk kecocokan. smisal mmbeli bAju pas pantas dibadan kt lum tentu cocok dibadan org. misal aku cocok new vixion krn aku naksir desain nya dan tnggi berat badanku 170cm.70kg. pny kluarga dan tdk suka ngbut dan ngirit bbm. Sy jg tdk mencela merk lain krn stiap merk ada kelebihannya msing2. Klu mesin jelas pilih fu or cb 150. tp untk memiliki pilih new vixion. jika cb 150r. dibanding vixion lama jelas pilih cb 150r.

  13. arifin mohammad berkata:

    Ane pengguna CB150sf, waktu berhenti dilampu merah ane ketemu ama pengguna NVL, pas waktu lampu ijo nyala, si NVL langsung mlesat, berhubung ane lagi ngejar waktu ane Gaspol tuh CBsF ane ampe nyalip tuh NVL, pas ane liat spion ane liat tuh si pengemudi NVL nyoba nyalip ane lagi dikira ane nantangin, pas itu posisi gear ane masih di angka 5 pas si NVL udah deket ama ane, ane naikin tuh gear, udah itu ane liat lagi si NVL blom nyerah ampe posisi tubuh si Joki udah gaya ala rider MotoGp, tapi tetep aja 500M kemudian belom bisa nyalip ane and akhirnya dia nyerah sendiri + nglambatin tuh NVLnya…
    NB : motor ane (CBsf) bisa menggapai angka 115km/h hanya dengan waktu kurang dari 7detik

  14. Anonymous berkata:

    Yogi. CB150 lh…. Yg pilih suzuki gak pernah ngliat moto gp ap ya…… Coba liat aj dlu d balapn internasional mna ad suzuki yg mimpin jadi juara dimna mna juga honda sma yamaha dong. Klo fu udh gak enak lagi akselerasi nya klo udh kecepatan tinggi sma dengan NVL….. Tapi klo Cb150 enk mau d kcepatan awl menengah aplgi kcptn tinggi… Aplgi di bekali teknologi honda

  15. yogi berkata:

    Pilih . CB150 lh…. Yg pilih suzuki gak pernah ngliat moto gp ap ya…… Coba liat aj dlu d balapn internasional mna ad suzuki yg mimpin jadi juara dimna mna juga honda sma yamaha dong. Klo fu udh gak enak lagi akselerasi nya klo udh kecepatan tinggi sma dengan NVL….. Tapi klo Cb150 enk mau d kcepatan awl menengah aplgi kcptn tinggi… Aplgi di bekali teknologi honda

  16. Ryandi berkata:

    aduh smua itu hanya motor pabrikan yg dibuat sesuai kbtuhan,dilihat dri bobot fu pling ringan di banding nvl or cb jdi pointnya gni,utk stop n go di lampu merah yg mnang:fu(krn bobot ringan,nvl(torsi didpt pd rpm rendah),cb…..krn disni torsi lebih dibtuhkn di bnding output mesin…….mkny klo utk salip-salipan fu dan nvl lebih mantap,klo utk long track top speed fu dan cb 11-12 lah dikrnakan k2 mtor tsb 6speed dan output max mesin cb dan fu di dpt pd high rpm(sktr 10000 dan 9500 rpm),sdngkn nvl hnya 5 speed dan output mesin pd 8500 rpm,mkanya bnyk yg bilang nvl klo mw top speed agk berat
    jd ksimpulan fu lebih cocok utk salip dikemacetan di krnakn badan yg ramping(dalkot ok,nmun utk lukot kurng cocok krn tdk stabil dan bdan pegel tp top speed ok,,,ya iyalah bobot ringan),nvl (lebih cocok utk dalkot,nanjak n lukot krn stabil,tp top speed tak sebaik fu or cb)walaupun lebih berat dri fu nmun lebih bertenaga diputrn bwh dibnding cb.dan cb memank utk trikn bwh tak segarang nvl or fu tp utk top speed nya mantap dan lebih stabil dibanding fu(yg klo ngebut kyk mau terbang)utk lukot cocok dah krn utk top speed gampang di raih apalagi klo malem yg sepi hehe,itu aja komentar sy CMIIW

  17. comen saya 3 hal saja.

    Suka Motor akselerasi Kilat
    => Satria FU

    Pingin Irit
    => NVL

    Suka Touring,Motor Yang Top speednya paling tinggi diantara kedua lawannya
    &gak boros2 amat bensinnya cz udah pake injection.
    => CB150R Street Fire

  18. toromosipriadi berkata:

    NvL semakin di depan jangan di beda’in sama satria FUck……emang NVL Buat drag kyk satria FUck…….jangan beda’in juga NvL sama CBSFuck yg bisa nya niru niru kaya old vixion tapi gagal,
    CBSFuck katanya motor sport masa nggak ada engine stop sama switch lamp tembak

  19. ozy adi pratama mekanik motor berkata:

    Smua motor sama aja sob gak ada bedanya,juga sama” bisa jalan,ngonsumsi bahan bakar juga.tergantung bikers yang bawa motornya aja brani gak.kalo masalah kecepatan sama aja walau standart kalo ingin kencang larinya dari pada ributin Performa mesin.ini logika saya sob MOTOR KENCANG JUARA TERGANTUNG UANG nya sob.sekian

  20. Anonymous berkata:

    Nvl itu emang nomer 1, udh irit (37km/liter) luar kota jg oke, gk gampang pegel, pernah gan saya luar kota sama cewek saya itu gk pegel dari berangkat smpai pulang, bolak-balik cuma habisin bensin 3-4 liter doang, terus masalah headlamp nd backlampj itu udh gagah bro, masalah rangka itu walaupun besar tp gagah kyk cowok, gk kyk Cb150r yg ramping, apalagi Fu yg rangkanya kyk belalang (njengat keatas,sedAngkan yg depan turun ke.bawah, kyk belalang PERSIS)

  21. jangkrik berkata:

    lyat kenyataan aja donk,, sebelum ada cb150 f vixion laku keras,, tpi bgtu keluar cb150 f vixion mulai keok,, itu bukti kalo masyarakat juga ngerti mana motor bagus n mana motor yg gakk bagus,,

  22. Marouane berkata:

    Honda Number 1 on MotoGP.. CB150R Street Fire Number 1 on speed.

  23. bean berkata:

    saya punya 2 mtor ninja 250 sama satria f ..ninja enak wat tauring ..klo satria cuma bwat kumpul2 saja

  24. bean berkata:

    wes lah bro gak usah rame2 karo knco dwe ..nek pngen kbut kbutan yo smpean beli wae yamaha yzrm1 1000cc/honda rc 1000cc pasti mantab

    • Anonymous berkata:

      ngomong ap smua ne…
      dsar goblok..
      adu bacot di sini..
      mnding tukeran no. HP trus ktemu dmana..
      bru di jajal di jalanan motor loe masing2..

      aq pengguna honda CB 200 thun 79.
      tp maaf ktiga motor mu smua gk ad ap2x bro..
      jgnkan slisih satu bodi..
      20 bodi pun it bs lebih klw jarak 1000meter.
      tpi maaf emang msin CB ku ud gk standart smua ud mncapai 500cc lbih..
      wkkwkwkwkw….

  25. Anonymous berkata:

    udah biar lebih adil beli ajh kreta na sekaligus 3 yg satu untuk gaya yg satu untuk touring dan yg satu lagh untuk arena balap pas kn sob (y) ituh ajh ribet klw memadai duit na heheheh =D

  26. saka darma wijaya berkata:

    saya ikut komentar yah sedikit .stelah membaca argumentasi kalian masig2 sbetulnya smuanya benar, motor2 yg kalia pilih itu memang tepat dn mmpunyai klebihn jg kekurngn masing2 .tpi klo yg di tnyakan adlh mslah speed ,jelas satria FU .klo da yg tnya knp alasannya ya jelas dia pakai mesin DOHC kelep 4 ratio 6 ,smntra vixion sekenceng appun vixion supplay bahan bkrnya sudh di atur oleh sistem injeksi jd klo standar vixion gkn bsa sejajar sma FU klo honda mah g ush d tnya lg .memng dri dulu dia tdk mngedepankan power tpi lebih ke kwalitas mesin dn kenyamanan pengendara .tdk usah jauh2 jika kalian liat rat dragrace pemimpin k3 saat ini adalah FU k2 ninja dn yg prtama masih tetap si Matic mio .jka tdk prcya silahkan ceck rat dragrace .sekian dri saya koreksi jg ada yg salah .wassalam

  27. Mansyur Acuy Mamoer berkata:

    Satria fu kencang lari nya..gua suka fu

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s