Pili Suzuki Satria F, Yamaha New Vixion, Atau Honda CB150R Streetfire … ???

Assalamualaikum.

Tak diragukan, ketiga nama motor kelas 150cc 4 tak tersebut memang cukup populer di kalangan para remaja atau biker muda. Yaps, bermodalkan tampang yang keren, mesin berkapasitas 150cc yang mumpuni, serta harga yang cukup terjangkau, membuat ketiganya ukup baik diterima oleh konsumen motor di tanah air.

Nah, diantara ketiga motor 150cc ini, sampean pilih yang mana hayooo ? Eeemm … Cukup membingungkan juga sih. Diakarenakan ketiganya mempunyai sis kelebihan dan kekurangan masing-masing. Menarik nih untuk kita bahas.

  • Suzuki Satria F

Tak diragukan, populasi nih motor emank uda marak banget dikalangan para remaja atau biker muda. Bermodalkan tampang yang keren dan mesin yang bertenaga, plus harga yang nggak mahal-mahal amat, membuat motor 150c Suzuki ini laris manis di pasaran.

Soal desain, motor ini memang unik. Setengah motor bebek, setengah motor sport. Kita kategorikan motor ayago aja deh (ayam jago). Setahu NP sih beberapa orang bilang nih motor mirip walang (belalang), kalau NP perhatikan sih emang agak-agak mirip hehehe. Dibalik tampangnya yang masih “kebebek-bebekan”, FU ini sudah dicangkokkan mesin DOHC overbor1 150cc yang sudah terkenal sangat bertenaga. Maka dari itu, para biker muda banyak yang doyan sama motor ini. Sudah gitu, body begitu ramping dan ringan, jadi nggak susah kalau dibawa berkendara sehari-hari.

Soal kekurangannya, menurut NP sih ada pada konsumsi BBMnya yang katanya cederung boros. Maklum masbro, nih motor kan masih karburator. Uda gitu karakter mesin DOHC overbore membuat motor ini bagusnya bermain di RPM atas (CMIIW). Juga pada body yang menurut NP terlalu ramping dan ringan untuk motor 150cc. Apa nggak mumbul-mumbul ya pas diajak ngebut ? Hehehe …

  • Yamaha New Vixion

Kalau soal motor ini, uda keseringan deh liat di jalanan. Maklum katanya memang nih motor sport 150cc 4 tak paling laris di Indonesia. Berbekal desain baru yang lebih gagah dari pendahulunya, mesin yang juga lebih bertenaga, plus harga yang bersaing, membuat motor pabrikan Yamaha ini begitu laris.

Soal desain, menurut NP New Vixion ini gak terlalu ramping dan nggak terlalu besar. Jadi cocok deh buat harian maupun buat yang doyan touring. Soal peforma juga uda mumpuni. Meskipun masih SOHC, tapi klepnya ada 4. Membuat motor ini asik buat berakselerasi, namun tenaga putaran atas atau top speednya masih bagus. Meskipun sudah berbekal velg dan ban lebar, namun akselerasinya konon masih bagus lho … Uda gitu, konsumsi BBMnya konon katanya juga cukup irit karena sudah injeksi.

Soal kekurangan … ? Mungkin hedlampnya yang katanya mirip Shin-chan dan posisi plat nomor depan yang ada di atas headlamp. Uda gitu, desain spakbor belakang juga lebar banget, sehingga agak mengganggu keindahan desain motor ini.

  • Honda CB150R Streetfire

Termasuk motor baru di kelas 150cc. Meskipun baru, soal mesin, mantab banget sob. DOHC overbore dan mesinnya konon turunan dari CBR150 lho … Uda gitu pasokan BBMnya uda dibekali injeksi.

Soal desain, motor ini cukup ramping. Mungkin ya kurang lebih mirip-mirip sama Vixion lawas. Dengan body yang seperti itu, cukup nyaman untuk berkendara sehari-hari. Soal peforma, mesin DOHC overbore 150cc nya NP rasa sudah bertenaga to buat harian ? Meskipun mungkin soal top speed masih di bawah CBR150, namun akselerasinya mungkin CB150R ini masih unggul. Konsumsi BBMnya juga konon ktanya lumayan irit. Mungkin ya nggak jauh beda sama New Vixion.

Soal kekurangan. Menurut beberapa pemilik CB150R ini, ada bunyi aneh di mesinnya. Tapi tenang saja, mungkin nggak semua CB150R bernasib begitu. Tapi, ada juga yang bilang kalau tangki bensinnya rawan kemasukan air. Entah mengapa motor sport Honda kok sering bermasalah di tangki BBMnya. Lihat saja kasus pada Honda Megapro dan Tiger. Semoga Honda ke depannya bisa berbenah diri.

Nah soal pilihan orang-orang memang bisa berbeda-beda. Ada yang suka motor yang nyaman buat harian, ada yang suka motor irit, ada juga yang suka motor kencang.

Kalau menurut sampean, mana yang kalian suka ? Just your opinion.

Wassalamualaikum.

 

 

********************

#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :

Facebook   : Nofgi Motor Sport
E-Mail         : Nofgimotor@gmail.com

About these ads

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Tulisan ini dipublikasikan di CB150R Streetfire, Honda, Motor Sport, Satria F, Suzuki, Vixion, Yamaha dan tag , , , , , . Tandai permalink.

173 Balasan ke Pili Suzuki Satria F, Yamaha New Vixion, Atau Honda CB150R Streetfire … ???

  1. luxas berkata:

    kalau aku lebih memilih suzuki satria fu…sudah jelas kualitas standar internasional yang di pakai pada dalaman mesin….beda dengan vix dan cbr..karena aku tau di indonesia yamaha dan honda tidak berani memilih spare part kualitas internasional tidak seperti di luar negeri…untuk masalah lari fu sangat kenceng tidak masalah karena sudah di desain di bagian depan lebih berat motor gampang di kendarai pada jalur ramai…kalau vixion aku tak suka lamp depan body depan dan belakang beratnya imbang membuat motor kurang bisa di ajak di tempat ramai …..kalau cbr enak di kendarai tapi sayang honda aku kurang suka tarikannya…dan model lumayan bagus tapi karena honda di indonesia kualitasnya tak sebaik di luar negeri jadi aku tetep pilih satria fu the fastest motorcycle…kalau honda ku pilih sonic dan cbr lawas kalau yamaha indonesia kayaknya gak minat sedikitpun

  2. roda berkata:

    mas luxas gk usah sok tw,.! pke blang honda dn yamaha gk berani pake spart part internasional..mng ente bsa ngejamin klo kwlitas satria fu lebih baik dr nvl dn cbsf..? mnrut gw nvl kwlitasnya lbih baik dri fu, bktinya nvl jd motorsport trlaris diindonesia, trus jmlah pnjualannya jg nglahin fu prbulannya pdhlkn nvl jauh lbih mhal itu dn smw itu ngbktiin klo nvl itu slain keren,macho jg kwlaitasnya bgus..krn klo motor keren tp kwlitasnya jelek gk mngkin jd motorsport terlaris..!

    • Anonymous berkata:

      Ya.. klo aku sih sob milih yg vixion. Udah body.nya keren gagah irit lagi. Dan juga onderdil.nya gampang di cari. Dan setelan kelep.nya nggak terlalu susah. Dan msalah topspeed itu gampang di atur. Kan vixion pake ban besar. Apalagi tqnki.nya nggak gampang bocor/rusak sob.

    • Shiokawa berkata:

      ane juga setuju, meskipun msih mesin SOHC, tpi ane pernah ngalahin ninja 250 thn 2013(full speed street race), pdhl vixi ane mdel lama, dan pny ane msih pabrikan, blom ad modif sedikitpun, buat apa mesin DOHC d bangga” in klo msih kalah sma mesin SOHC.

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s