Motor Injeksi Mogok ? Perlu Didorong Nggak ?

.

Jaman sekarang, motor injeksi sudah banyak yang beredar dan diminati masyarakat umum. Teknologi injeksi memang teknologi yang modern dan canggih. Tapi, terpikirkankah oleh kita jika motor injeksi tersebut mengalami mogok di tengah jalan ? Karena ini motor berteknologi canggih, apa perlakuannya sama dengan motor berkarburator saat mogok ? Apa perlu didorong secara manual oleh orang lain dari belakang ?

Hal ini terpikirkan oleh NP saat membaca majalah/koran Motor Plus. Di situ diceritakan  terkadang orang mendorong motornya yang mogok agar dapat dihidupkan kembali.  Tapi sebenarnya motor injeksi itu tidak perlu didorong secara manual oleh orang lain seperti kebiasaan pada motor berkarburator. Pada motor injeksi, kinerja ECM(bisa disebut otaknya motor injeksi) sangat bergantung pada aki. Jika terjadi mogok, bisa diartikan aki dalam keadaan tekor atau soak. Didorong pun percuma jika pompa bensinnya mati.

Nah jadi kita perlu kembali mengaliri setrum ke aki dengan cara menekan kick starter secara berulang-ulang. Dengan begitu aki akan terisi setrum dan dapat membantu mengaktifkan komponen FI(Full Injection). Jadi pada intinya, saat motor injeksi mogok, tidak perlu mendorong motor. Cukup dengan menekan kick starter secara berulang-ulang.

Ini berlaku pada kasus motor injeksi yang mogok karena masalah aki, lain ceritanya jika komponen lain yang bermasalah.

Bagi motor injeksi yang tidak dilengkapi kick starter, maka rajin-rajin cek akinya ya … Biar gak mogok di jalan.

Jadi gak perlu beginian😀 .

.

Sumber inspirasi artikel : Motor Plus, No.695/XIII 20-26 Juni 2012

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

19 Balasan ke Motor Injeksi Mogok ? Perlu Didorong Nggak ?

  1. gasfuel berkata:

    kalau mogoknya dikarenakan bensin nya habis gimana tuh bro solusinya

  2. strifer berkata:

    wah ternyata itu toh fungsinya, slama ini cm dikasi tau ama yg ngerti motor “kalau pagi2 baru mau hidupkan, kick starter dulu barang 10-20 kali baru nyalain mesin”…
    ane ikut aja tanpa tau fungsinya, ane kira malah biar awet businya….
    pantes mpe skrg (umur 1 taon 35rb KM) blm pernah ada masalah terutama di kelistrikan…..

  3. psangara berkata:

    injeksi dan tidak, mempunyai kelebihan masing masing🙂

  4. redbike92 berkata:

    hohoho
    canggih juga ya motor injeksi ini
    kalau misalnya mogok pas banjir soalnya knalpotnya keselek air gimana😀

  5. nanared berkata:

    walopun bukan inject,tapi saya malah “lupa” cara ngekick:mrgreen:

  6. Gianluigi mario berkata:

    wah yang atas gambarnya eyang Edo rusyanto tuh🙂

  7. Anonim berkata:

    Wah manstaf info ya nich
    Trims bro…

  8. Anonim berkata:

    thank’s buat infonya kawand

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s