Mesin Mati Saat Vixion Jatoh Atau Ngguling, Apa Perlu Dibawa ke Bengkel … ?

Assalamu’alaikum …

Artikel kali ini berisi tentang pertanyaan NP tentang matinya mesin Vixion saat jatoh/roboh …

Mari deh kita mulai ceritanya (bukan ndongeng lho, hehehe).

Ceritanya gini, pas malam tadi, ane mau jemput My Mother yang pulang dari kerjanya. Pas nganterin pulang, ane nikung ke jalan yang menuju rumah ane. Eh … Ternyata ane nikungnya kebablasan (makanya hati-hati kalau mau cornering hehe) dan Vixion ane roboh dikit deh. Berhubung si Vixion BH (bayanagn Hitam) itu cukup berat dan stangnya merunduk banget (maklum, motor modifan hehehe), ane jadi gak kuat nyangga dan robohnya makin mirirng deh.

My Mother jadi jatoh dari jok boncengan. Ane tetep berusaha nyangga tu motor dan berusaha berdiriin. Pas miringnya kira-kira lebih dari 50 derajat (CMIIW), Mesin Vixion ane mati tuh … Pada awal robohnya sih masih nyala, tapi makin mirirng, akhirnya mati deh mesinnya. Akhirnya setelah mesin motor mati, ane putar kunci kontak ke arah off (buat antisipasi aja).

Untung ada orang lewat yang mau bantuin ane (Thank’s bagi sampean mas). Dia bantuin ngangkat dan akhirnya ane selamat deh. Pas ane coba nyalain ke on lagi, Alhamdulillah mesin bisa nyala dan masih bisa jalan. Ane terusin perjalanan deh …

Sebenarnya fitur ini memang buat keselamatan sang pengendara. Biar motor gak ngeluyur saat roboh atau jatoh gitu … Tapi ada pertanyaan dari ane, yaitu :

Pertanyaannya … Setelah Vixion jatuh dan mesinnya mati, apa perlu dibawa ke bengkel resmi Yamaha buat dites/benerin injeksinya ? Atau gak usah di bawa ke bengkel ?

Mohon sarannya bagi yang tahu …

Monggo dikomentari …

Assalamu’alaikum …

Maaf jika ada kesalahan. Ambil sisi positifnya saja dan buang sisi negatifnya …

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di Yamaha dan tag , , , , . Tandai permalink.

44 Balasan ke Mesin Mati Saat Vixion Jatoh Atau Ngguling, Apa Perlu Dibawa ke Bengkel … ?

  1. permen karet berkata:

    setahu ane ya bos,kagak perlu,ane pernah nemuin kasusnya soalnya

    pas itu vixion jatoh,otomatis dia mati,ente mau electric/kick starter,kagak bakalan hidup,yang ada itu lampu indikator bakalan ngedip,solusinya cuman kontak di off,habis itu di on lagi,tapi ente periksa,itu indikator ngedip ato kagak,tapi kalo cuma ambruk ato jatoh biasa,kagak bakalan ngedip,kecuali tabrakan hebat. . . ..palingan,ente bakal ditanyain ma mekaniknya pas service,itu motor pernah jatoh ato gimana sebelumnya,soalnya pasti kerekam di ECU,palingan ente disuruh ati2 yang bawa motor 😀

  2. yudha depp berkata:

    Berhubung si Vixion BH (bayanagn Hitam) itu cukup berat dan
    stangnya merunduk banget (maklum, motor modifan hehehe),
    ane jadi gak kuat nyangga dan robohnya makin mirirng deh.
    ****
    Wah pasti Ayahmu mikir 1000x buat beliin Ninja 250 buat
    anaknya, bawa vixion aza sampai termiring-miring apa lagi
    bawa baby moge nanti.
    qiqiqiiii
    http://yudhadepp.blogspot.com/2012/09/yamaha-rx-king-cibi-cibi.html?m=0

  3. mottobiker berkata:

    yapp,, jatoh karna sistem injeksi gitu,, apalagi miringnya udh nyampe 50 derajat, ecu pasti mutusin arus listrik dari aki, trus fuel pump nyedot balik bensin yg ada di injektor buat balik lagi ke tangki, cmiiw. jadi aman itu,,

    nah,, fitur itu jg yg coba ane jelasin buat pencegahan anti rampokk : http://mottobiker.wordpress.com/2012/09/21/pentingnya-pengaman-elektronik-utk-motor-motor-premium/

  4. Taufik berkata:

    kayaknya sih nggak bro, karena kalo udah diri, posisi bank angle sensor akan normal lagi, cmiiw

  5. fncounter berkata:

    Tidak perlu, cukup dengan direset sudah menyelesaikan masalah. Namun, kejadian jatuh tersebut bakal direkam oleh ECU vixion melalui Lean Angle Sensor. So, jika ingin record tersebut kembali bersih ‘0’ monggo dibawa ke beres terdekat dengan mereset nya melalui tools khusus untuk motor injeksi.

  6. paedhimas berkata:

    setuju dengan komentar no.1 analisa teknisnya udah di jelasin bang Haji di komentar ke4.. http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2012/09/27/ketika-komentator-naik-kelas-menjadi-blogger/

  7. Nara berkata:

    Syukurlah slamet & msh dilindungi allah swt. Gimana ente ma nyokap lecet2 gak..??
    Klo ane dah tobat bro gara2 kecelakaan di bln puasa kemaren. Wes jian ati2 cornering pake injeksi. Untung pula ane lgsong sigap refleks berdiri walopun mata sulit tuk melihat. Tau kan bro rasanya buta sesaat akibat benturan dikepala. Mata udah ane melekin mpe melotot tetep gak bs melihat. Kira 20 detiklah & anepun lgsong ditlong warga sekitar. Untung pula masih puasa & allah msh melindungi ane.
    Pikson nara 80 kpj saja sekarang dah dag dig dug was was keingetan tros waktu jatuh. Mo nyebrang saja tak tunggu kendaraan roda 2/4 rada sepi beneran baru nyebrang…!!!
    Asli trauma bro ampir mati…!!!
    Ya allah ya robb matur nuwun gusti atas perlindunganmu..!!!
    Wes sekarang gak kepikiran lg pingin swap engin dohc fu / cbr…!!!

    • Nofgi berkata:

      Alhamdulillah ane sama Ibu ane baik-baik aja bro.
      Syukur sampean masih bisa selamat bro.
      Btw kalau kepala terbentur bisa kena buta sementara ya ? Ngeriii bro …
      Sekarang ane juga berusaha lebih hati2 pas riding bro …
      Takut ada apa2 sama si Vixi apalagi ke diri ane sendiri …

      • apriantoblog berkata:

        kalo ga salah lean angle sensor mendeteksi kemiringan lebih dari sekian derajad, lupa, rasanya lebih dari 45 derajad

        dengan kondisi motor diam, tidak jalan

        berarti ada 2 sensor bro, motor bagus, teknologi injeksinya banyak sensor, jadi ga perlu kawatir

  8. pangben berkata:

    Waduh motor saya bukan injeksi 😮
    Kalo yang karbu jatuh mati sendiri gk ya? :mrgreen:
    btw pertanyaannya langsung di jawab yang pertamax + di perjelas komentar2 lainnya 😀
    http://pangben.wordpress.com/2012/09/27/kaos-casey-stoner-ada-yang-mau-beli-gak/

  9. Udin Unyu Selalu Always berkata:

    Mau Share aja :
    Saya TIDAK SUKA fitur ini (Lean / Sensor Kemiringan). Soalnya dulu waktu SMA di Bandung saya punya pengalaman pahit pernah dikejar geng motor waktu malam hari. Waktu itu ada 5 motor yg mengejar saya. Saking ekstreamnya nikung motor sempat terjatuh ndolosor tapi tidak parah. Motor sempat mati waktu jatuh, tapi ketika saya mencoba elektrik starter langsung nyala kembali. Saya pacu kembali motor saya, kira-kira 100 meter dari tempat motor jatuh ada kantor polisi. Saya belok saja ke kantor polisi. Tahu sendiri geng motor pengecut itu tidak berani ke kantor polisi. Untung lagi ada banyak polisi yang sedang jaga pos. Jadi saya selamat.
    Bisa dibayangkan kalau waktu itu saya pakai motor injeksi yang ada lean sensornya. Sudah deh TAMAT… entah motor ku yang dirampas, atau nyawa ku yg melayang…

    • Nofgi berkata:

      Maaf masbro …
      Fitur ini buat keselamatan si pengendara, bahaya kan pas motor jatuh dan mesinnya masih nyala eh malah nggobek/muter-muter di aspal ? Bahaya kan ?
      Lagian nyalainnya gampang kok mas, setelah mesin mati, puter kunci kontak ke off lalu ke on kembali dan pencet elektrik starter. Mesin nyala kembali … (menurut pengalaman pribadi lho).

  10. tovavanjava berkata:

    Gak perlulahhh…itu LAS-nya klo kunci di off dan di on kan lagi..jg dah kayak semula…. 😀

  11. apriantoblog berkata:

    vixion, supra pgmfi non helmi, shogun hyper FI, rasanya itu beneran motor FI sebenernya, alias ada sensor kemiringan, dari segi safty pastilebih baik, ga tau kenapa motor FI sekarang fitlur gituan di ilangin,. siap siap yang mau beli new vixi dan semua motor injeksi jaman sekarang, fitlur lean angle sensor uda ilang, wkkw,

    balik lagi ke topik,. waktu ane jatuhpake supra, mesin mate, begitu di berdiriin di stater ga nyala, harus nunggu sekitar 5 menitan, atau di matiin, terus di nyalain lagi baru bisa greeng

    pasti habis jatuh, sensor lean angle, hentiin asupan bensin, bis itu mesin mati, nah, kalo kontak di matiin terus dinyalain, kan injektor scan tuh, ada masalah apa gak, kalo ga ada ya greeng lagi, kalo ada palingan ga bisa di stater

    kecuali ente beli motor injeksi generasi tanpa sensor lean angle, kalo mesin mati saat jatuh, harus di bawa bengkel, sapa tau ada error2, biasanya motor ginian, minim sensor bro, alias teknologi 11-12 sama karbu vakum, tapi di labelin injeksi, minim sensor sih, makanya ane sayang sama supra ane, dapet bebek full specs

    • Nofgi berkata:

      Iya nih …
      Kayaknya sistem injeksi yg generasi sekrang teknologiny pada disunat.
      Kayak Lean Angle Sensor gini juga sama sensor cuaca dan ketinggian daerah juga kayaknya diilangin.
      Biar menekan harga jual kayaknya IMHO.

  12. ax125 berkata:

    Mungkin koplingnya mbok lepas gan :mrgreen:

  13. yudha depp berkata:

    ya udah minta ganti motor, rekomendasi yamaha Byson aza dah
    heheheeeheheeeeee
    http://yudhadepp.blogspot.com/2012/09/byson-loe-udah-facelift-belum.html?m=1

  14. mamankwijaya berkata:

    ass numpan nanya nieh apa bener motor v_ixion gha bleh keseringan kena matahari langsung ….benerkah begitu gan…?

  15. aan setyawan berkata:

    vixi ane hbs jatoh ane bawa ke beres katanya ada bkas jatoh dan udah di reset,,,,pertanyaan ane kok mesin masih kasar sih dan tarikanya berat,,,kata paman ane itu pengaruh dari jatoh td,,,
    apa slah pakek oli y???oli masih standart yamalube,,,,kalau bner salah oli,,,yang baik dan enak oli apa ya untuk vixi ane,,,,cz ane ska geber tu vixi

  16. anthony berkata:

    gan mau nanya aja.. mending milih NVL apa Old Vixion aja y??

    • Anonim berkata:

      lok dari pengalamanq se palang beli r15 ajh karna nvlq lok rpm tingi kluwar asep putih dari kenalpot karna slinder pir seker lemah jd oli gampang mbrobos karna nvl pakek cilinder berkode IP4 lok r15 pakek cilinder berkode 3C1 lah lok olv yg keluwarn lm jgsa pakek cilinder 3C1 lok olv keluaran sekarang pakek cilinder IP4 bkn 3C1 alasan diler cuci gudang padahal produk bru cilindernx pakek IP4 bukn 3C1 lah lok mau ganti cilinder tetep d kasi cilinder berkode IP4 bkn 3C1 walaupun itu buwat olv atau nvl lah mending ganti sama cilinder r15 pakek cilinder berkode 3C1 kalau ndk percaya cobak intip silindernxa olv maupun nvl cm2 brunx

  17. Anonim berkata:

    baru 1 minguan saya habis nyrepet orang motorq nyungsep m sepeda ontel orang yg aq srempet tp mesin masi nyala padahal udah tergeletak trz aq off kan mesinya trz aq berdirikan terus aq nyalain lg nyala itu harus d bawa kebengkel resmi apa tidak bro tolong infonx masalahnx jd takut bawa jalan jauh

  18. Edwa berkata:

    Gan motor vixion moto gp edition ane jatuh untung mesinnnya gk paoa yg parah tangan saya luka parah kaki saya juga dan body vixion bagian kiri saya baret parah (sayap) lampu baret gila,dan lampu kiri patah , saya jatuh karena ngegas terlalu keras trs ada mobil di depan lalu saya pas mau belokan vixion terlambat karena terlalu cepat vixion moto gp saya,sama saya masih newbie

    • Nofgi berkata:

      Wah hati-hati lain kali ya bro…

      • fakhri berkata:

        Bro kalo r15 sama ga bro kayak vixion? Kalau roboh ke data di ECU? Soalnya tadi habis roboh nih bro lewat tanah merah licin habis hujan. tadi mesin sempet mati trus lampu indikator MIL ya namanya itu nyala bro. Untungnya motor ga kenapa2 cuma lecet di handle kopling saja

  19. zoel berkata:

    permisi gan mau nanya nih kalo bwa k beres gtu utk ngriset kena berapa duit y?

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

