Gak Perlu Takut Kalau Mesin Vixion Mati Saat Jatuh Atau Roboh …

Assalamu’alaikum …

Ada saja pendapat orang awam tentang mesin injeksi (khusunya Vixion) yang katanya ribetlah, mogokanlah, lelet/lemotlah, dan lain-lain.

Ada juga toh temen NP yang bilang kalau Vixion jatoh bakal mati mesinnya dan gak bisa hidup lagi kalau gak diservice. Salah kaprah deh …

Kalau mesin Vixion tiba-tiba mati saat jatuh/roboh dalam kemiringan beberapa derajat (>65 derajat, thanks bro Kenthoet) itu normal masbro … Bahkan sesungguhnya itu adalah kelebihan dari mesin injeksi Vixion itu sendiri.

Kenapa begitu ? Karena di bawah jok Vixion ada suatu sensor yang bisa mendeteksi kemiringan motor saat jatoh/roboh yaitu Lean Angle Sensor. Jadi otomatis mesin bakal mati saat miring lebih dari 65 derajat.

Fitur ini sebenarnya untuk keselamatan si pengendara itu sndiri …
Gak mau kan kalau udah jatoh motor malah nggobek-nggobek/muter-muter di aspal ? Bikin makin runyam aja kan ? Maka dari itu dibuatlah sistem ini …

Cara menghidupkannya lagi gimana bro ? Gampaaang …
Cuman putar kunci kontak ke off dulu baru ke on lagi dan pencet elektrik starter … Mesin dapat kembali hidup deh (menurut pengalaman pribadi) …

Apa perlu dibawa ke bengkel setelah Vixion jatoh/roboh ? Tergantung bro …
Kalau jatoh/roboh saat kecelakaan, ya ada baiknya dibawa ke bengkel resmi Yamaha buat dicek apa ada kerusakan. Tapi kalau roboh biasa (misal saat diparkir atau saat kita jagang/standar dan tiba-tiba roboh) itu mah gak sah ke bengkel juga gak papa masbro …

Cuman kalau kita bawa ke bengkel, mekanik bakal menghapus sesuatu di ECU yang telah menyimpan data bahwa Vixion tersebut pernah jatuh/roboh. Begitu isi penjelasan sang mekanik kepada NP (terima kasih juga pada para komentator di artikel ane yang dulu tentang mesin Vixion mati) …

Jadi jangan kawatir lagi ya … (pengalaman pribadi ane sendiri pernah kawatir hehehe … ).

Monggo dikomentari …

Assalamu’alaikum …

Maaf jika ada kesalahan. Ambil sisi positifnya saja dan buang sisi negatifnya …

Iklan

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di Yamaha dan tag , , , , . Tandai permalink.

113 Balasan ke Gak Perlu Takut Kalau Mesin Vixion Mati Saat Jatuh Atau Roboh …

  1. Anonim berkata:

    Aku pernah ngalami ngono kwi pak maz bro.

  2. Anonim berkata:

    Misal ny klo jatoh ny egk parah tpi sampe dua x gimna thu apa kita perlu meriksa injek ny ke bengkel resmi yamaha

  3. Anonim berkata:

    Aku baru bisa

  4. Anonim berkata:

    Tapi masalah motor saya mati begitu saja tanpa alasan apapun, gimana cara menghidupkannya

  5. muh kuzaeri berkata:

    aaaalhamdulilah

  6. polipantai berkata:

    iy ane br ngalamin neh vxion ane jatuh,nabrak org tolol di jln..untung dia kabur kl tdk sdh melayang helm ke mukanya

  7. Santo Dafit berkata:

    mau tnya mas motor vixion saya kalo pas hujan kok kadang2 mati sndiri apanya ya mas

  8. Anonim berkata:

    Kesi aki settor cepat maty

  9. Anonim berkata:

    Tapi Kalw su su rusak lean angle sensor gimana jalan keluarnya bro

  10. Al amin berkata:

    Mw tnya ni bro smalemkan ane mw brangkt make mtor v ixion ane truz pas motor mw jlan, kan jlan ny brbelok trus pas mw belok mtor roboh alias jatoh brow ap prlu it dbawa k bengkel

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s