Ini Dia Alasan Mengapa Suzuki Inazuma Pakai Mesin SOHC

Assalamu’alaikum …

Mungkin diantara kita masih ada yang berselisih tentang mesin DOHC dan SOHC pada motor. Ada yang bilang bahwa motor DOHC powernya lebih tinggi, ada juga yang mengatakan bahwa mesin SOHC punya karakter hebat di putaran bawah sampai menengah.

Tapi kali ini, kita gak bahas soal komparasi mesin DOHC dan SOHC pada motor, melainkan kita bahas soal penggunaan mesin SOHC pada engine motor sport turing Suzuki yaitu Inazuma 250.

Memang agak nyeleneh, Ninja 250 dan CBR 250 yang sama-sama pakai cc 250 aja pakai sistem DOHC, tapi Inazuma kok enggak ?

Jawabannya pada perbedaan karakter masbro … Suzuki Inazuma cenderung lebih diperuntukkan untuk harian atau turing, sedangkan CBR 250 dan Ninja 250 adalah motor sport harian dan balap. Motor turing tentunya lebih membutuhkan akselerasi dan power bawah sampai menengah yang bagus untuk menghadapi segala medan yang dihadapi. Di sini, karakter mesin SOHC tentu lebih pas untuk disematkan pada motor 250 ala turing tersebut.

Untuk lebih jelasnya, simak artikel yang NP ambil dari : otomotifnet.com

Meski mengusung mesin 2 silinder, Suzuki tidak serta merta menggunakan teknologi Double Overhead Camshaft pada Inazuma 250. Konstruksi kepala silindernya masih Single Overhead Camshaft (SOHC), satu camshaft atau noken as melayani buka tutup 2 klep di tiap silindernya.

Teknologi ini terdengar ketinggalan bila dibandingkan dengan Honda CBR 250R yang meski cuma satu silinder tapi sudah DOHC 4 klep. Atau Kawasaki Ninja 250 yang sama-sama dua silinder tapi sudah DOHC dan menggunakan 4 klep di masing-masing silindernya atau artinya punya 8 klep, 4 klep hisap dan 4 klep buang.

Ditanya tentang hal ini, pihak Suzuki langsung menjelaskan alasannya. “SOHC diterapkan karena target model ini adalah untuk turing. Tenaga putaran bawah dan menengah lebih penting,” buka Yozo Kamia, Model Project Leader Motorcycle Engine Dept Suzuki Motor Corporation, Jepang.

Menurutnya mesin DOHC memiliki banyak mekanikal lost di putaran mesin rendah dan menengah. “Dan kalau mtor ini dibuat DOHC, ukuran dan bobotnya akan lebih besar,” jelas pria berkaca mata ini. Wah, saat ini saja bobot 182 kg Suzuki Inazuma sudah jadi yang paling berat di kelas 250cc, jangan tambah berat lagi dong hehee..

“Intinya, tujuan dari dipilihnya teknologi ini adalah untuk kenyaman dan kemudahan berkendara jarak jauh maupun dekat,” ungkap Yozo Kamia sambil menjelaskan kalau dipilihnya SOHC tidak ada hubungannya dengan usaha mereduksi biaya produksi.

Mesin yang kini digunakan Suzuki Inazuma memiliki dua silinder berkapasitas ruang bakar 248 cc SOHC dengan fuel injection. Karakternya over stroke dengan langkah 55,2 mm dan diameter piston 53,3 mm.

Mesin ini diklaim sanggup memuntahkan tenaga hingga 24 PS di 8.500 rpm. Torsinya mencapai 22 Nm di 6.500 rpm. Transmisinya 6 speed dan sudah memiliki pendingin ruang bakar dengan radiator. (motorplus-online.com)

 

Kini kalian uda tahu kan mengapa Inzuma pakai basik mesin yang lain dibandingkan para kompetitornya …

Antara mesin DOHC dan SOHC jelas memiliki kelebihan dan kekurangan satu sama lain, jadi gak usah dijadikan pertengkaran deh …

Monggo di sampaikan komentarnya …

Assalamu’alaikum …

Maaf jika ada kesalahan. Ambil sisi positifnya dan buang sisi negatifnya …
By Nofgi Piston Blog

Sumber inspirasi artikel : http://motorplus.otomotifnet.com/read/2012/10/15/335383/26/8/Alasan-Suzuki-Tetap-Gunakan-SOHC-2-Klep-di-Inazuma-250

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di Inazuma 250, Membahas Mesin Atau Modif Mesin Motor, Motor Sport 250cc, Suzuki dan tag , , , . Tandai permalink.

62 Balasan ke Ini Dia Alasan Mengapa Suzuki Inazuma Pakai Mesin SOHC

  1. bapakeVALKYLA berkata:

    pabrikan bikin produk emang sudah pasti ada alasannya..
    gak melulu ngikutin pasar. apalagi pasar indonesia yg seringnya minta kualitas yahud harga hemat😀

  2. rr150se berkata:

    sebenernya walau mau mesinnya fokus d torsi dan power low-mid end, lbih bagus pake 4 klep kecil dari 2 klep besar per cylinder, ukuran porting yg kecil dari klep kecil bagus loh untuk menaikkan kecepatan flow gas bakar ke mesin. contoh mesin vixion yg 150cc 4klep lebih bertenaga dari pesaing 200cc 2klep. Maap oot😀

    • Nofgi berkata:

      Mungkin ada alasan lain dari pihak Suzuki, atau mungkin untuk menekan harga jual ?

    • den_hario berkata:

      kalo torsi yang dikejar di low-midle rpm jelas unggul sohc pak soalnya dilihat dari efisiensi mekanis lebih enteng nggerakin 1 camshaft lawan 2 per klep daripada gerakin 2camshaft lawan 4per klep pak….
      pengecualian untuk dohc dg valve desmodromic loh soalnya desmodromic g pake per klep jadi tenaganya lebih merata dari low-mid-high rpm…

  3. nzahry berkata:

    double cylinder SOHC… klo bedanya ama Unicam gimana mas?

  4. yudha depp berkata:

    mesin DOHC dan SOHC, wah saya enggak peduli banget.
    yang penting tampangnya keren. titik
    http://yudhadepp.blogspot.com/2012/10/knalpot-scorpion-untuk-ktm-duke200.html?m=1

  5. KenunK berkata:

    182 Kg, ada standar tengah…berat ga ya?

  6. SambelKacang berkata:

    sama cb 200 twin bgus mana ya?ad g y cb 250 twin?lok ad dkomparasi

  7. djoshe berkata:

    biikin pengennnn nih motor….
    kalau cari dmn ya ??
    (cari tapi blum bisa beli)😀😀
    http://djoshe.wordpress.com/2012/10/15/berburu-cb-twin-1/#comment-19

  8. Selain itu sohc lbh irit kali komsumsi bbm nya ….. Cocok buat touring jauh jarang mampir pom bensin : D

  9. Gmc Paradise berkata:

    Mahal
    bro kalau boleh tukar link di sini http://gombongmotorcommunity.com/
    lam kenal

  10. azizyhoree berkata:

    montor apik iki, cuma pricing nya di banding dengan N250 atau naked nya kawasaki 250 kelak jelas akan terlalu mahal bagi inazuma

  11. Eva berkata:

    Have a good day yah …

  12. Blog TSYT berkata:

    Inazuma-250 emang motor yang mantap… keker bodynya!!

    Penghemat BBM dan Perawatan mesin jangka panjang
    http://www.t-syst.com

  13. Wajib berkata:

    sohc aja 46 juta.. biar ga makin over price

  14. mul berkata:

    vixion dan MX…..aja..pake sohc (cc kecil)

  15. yt berkata:

    Pilih ninja 250injeksi atau inazuma?

  16. Java Wong berkata:

    klo di SUZUKI saya gk ragu di engine nya… tp sayang body nya knp SUZUKI kurang di banding kompetitor laen,…..

  17. Jarwo Kwat berkata:

    Aku dah pny CBR250abs,temenku pnya Ninja250,aku gak beli krn trlhat udah pasaran,krg BEDA aja klo dipake dijalanan bro,…Skrg aku beli lagi Inazuma…sama2 ke 3 nya di coba,temenku geleng2,,,ckckck…katanya diantara 3 motor,Inazuma yg lbh enak tarikannya,krn bobot dia 90 kg,jg mantap di suspensinya. Klo sy pribadi gak suka ama ninja krn trauma ama KLX150 yg bikin tulang ekor(diatas anus) njarem kabeh…wkwkwk,,,aplg dijalanan di salib mentah2 ama CB 100 lawas,,,jd hny pakai 1 tahun 2 bulan aku jual,performa CBR250 mantap klo pakai knalpot racing termignoni…klo standart krg greget. Jelas plg enak dan nyaman si Inazuma nya! Tp maaf…aku gak bs bilang mcm2 klo anda2 blm pernah coba jg!!! Tq bro…

    • samson berkata:

      betul sekali ane setuju dulu pake ninja 250 dan aku jual ganti pake inazuma . walaupun motor lebih berat dari ninja tapi tetap lebih nyaman dari ninja masalah tarikan juga gak kalah kok inazuma

  18. fian berkata:

    Nggilani inazuma cah

  19. Rendhy007 berkata:

    Kalo Liat Dari Sejarah, DOHC pertama familiar dari motor legenda Suzuki, yaitu : Suzuki FXR-150. Menurut saya Suzuki’lah pabrikan motor paling modern, walaupun beberapa penjualan motornya banyak yang stop atau dilarang di Indonesia, karena alasan keamanan (Mesin Suzuki Terlalu Liar di jalan raya). Sudah tidak perlu di sebutkan, ada beberapa motor favorit anak muda dahulu, berasal dari pabrikan Suzuki. So… kalau dia pakai mesin DOHC, trus… performanya paling menonjol diantara kompetitor yang lain. Sudah pasti dan yakin, motor itu akan di blacklist di beberapa negara termasuk indonesia seperti FXR-150, Raider-150 dan Thunder GSX-250 terdahulu. Kalian yang sudah punya motor ini, silahkan coba performa Inazuma-250 setelah ditambah Cincin Magnet Kabel Busi Merk : 9POWER (Banyak dijual di : tokobagus.com). Dan, bayangkan sekencang apa ini motor kalau pakai Technology DOHC…???

    Sekian yang saya tahu, mohon maaf jika ada kesalahan. Terima Kasih…. 😀

  20. Anonim berkata:

    Gw bru beli inazuma, tiap subuh di cobain di jalur pantura, tarikan mantab, kalo diam emang berat maklum postur gw pribumi bgt (tinggi 163cm, bobot 53 kg) tapi kalo dah jalan ringan bgt, kalo nikung ga butuh tenaga tinggal di rebahin ja dijamin bakal ketagihan..he..he

    • Anonim berkata:

      SETUJUU

    • Chanan berkata:

      Neh gara2 tmn bli inazuma gw cobain tiap sore slama sminggu. Lalu test dr sunter ke sumarecon mall bekasi bolak balik cm 30rb+kna macet .Boncengan sm pacar seneng shock empuk dan punggung ga pegel tenaga gede tp mesin ga panas. Utk harga 47an termasuk murah mnurut gw. Bsk nya pnasaran lgsg test ride yamaha lg pameran di mkg. Trs tes ride kekawasaki terakhir ke suzuki. Lgsg gw jual 250r trs dp inazuma. Senin motor dianter ke studio. Buat nemenin megelli re digarasi hehe. Dream come true alhamdulillah

  21. Anonim berkata:

    To PT.SIS
    Ini Motor yahud , konsumsi bbmnya bisa Premium ini baru raja nya motor di Kelas 250cc , yang lain aja belum tentu bisa masuk premium.
    Pokoknya The best Of the best buat Inazuma .

    Tp sayang cuma 2 warna , paling tidak kasih 4 pilihan warna.

    ada fasilitas kredit ga , Bisa TT sm Y.Vixion Ga ?
    Heheheh

  22. Anonim berkata:

    Kalo Bisa untuk Lokasi Penjualan dibuat dealer khusus untuk melayani 3S Suzuki izuma ini .

  23. Anonim berkata:

    Kenapa Harganya Ga Main dikisaran 35 – 40 Jt , mungkin bisa lebih laku. tanpa ada spek yang dikurangi. kalo bisa di Indonesia Aja Rakitnya. kan bisa mempekerjakan banayak orang .

  24. Anonim berkata:

    Yang paling penting..sblum brkendara? Harus baca do’a dulu bro

  25. Anonim berkata:

    Mau Ke mana sich… yang penting tuh bisa di nikmati… Inazuma memang enak buanget di pake…

  26. godseeker99 berkata:

    Banyak yg ngebandingin inazuma 250 dg ninja 250…padahal mereka beda ! Kl ninja 250 itu seperti mobil formula 1 sedangkan inazuma itu seperti BMW…kl mau speed ambil ninja kl mau nyaman dan aman ambil inazuma…ninja menang di jalan lurus dan pendek tp untuk jalanan mendaki dan jauh inazuma jauh meninggalkan motor2 lainnya…kl mau nanya inazuma tanya sm yg sdh punya…peace.

    Mengapa inazuma ? http://dealermotorsuzuki.com/mengapa-inazuma-dealer-motor-suzuki/dealer-motor-suzuki-jakarta

  27. arya kamandanu berkata:

    Pabrikan lbih ngerti utk produknya. Mlahan w lbih demen msin sohc ndan, lbih irit soalnya. Apa lg w nggk demen kebut”an. Gkgkgkgk

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s