Assalamu’alaikum …
Mungkin diantara kita masih ada yang berselisih tentang mesin DOHC dan SOHC pada motor. Ada yang bilang bahwa motor DOHC powernya lebih tinggi, ada juga yang mengatakan bahwa mesin SOHC punya karakter hebat di putaran bawah sampai menengah.
Tapi kali ini, kita gak bahas soal komparasi mesin DOHC dan SOHC pada motor, melainkan kita bahas soal penggunaan mesin SOHC pada engine motor sport turing Suzuki yaitu Inazuma 250.
Memang agak nyeleneh, Ninja 250 dan CBR 250 yang sama-sama pakai cc 250 aja pakai sistem DOHC, tapi Inazuma kok enggak ?
Jawabannya pada perbedaan karakter masbro … Suzuki Inazuma cenderung lebih diperuntukkan untuk harian atau turing, sedangkan CBR 250 dan Ninja 250 adalah motor sport harian dan balap. Motor turing tentunya lebih membutuhkan akselerasi dan power bawah sampai menengah yang bagus untuk menghadapi segala medan yang dihadapi. Di sini, karakter mesin SOHC tentu lebih pas untuk disematkan pada motor 250 ala turing tersebut.
Untuk lebih jelasnya, simak artikel yang NP ambil dari : otomotifnet.com
Meski mengusung mesin 2 silinder, Suzuki tidak serta merta menggunakan teknologi Double Overhead Camshaft pada Inazuma 250. Konstruksi kepala silindernya masih Single Overhead Camshaft (SOHC), satu camshaft atau noken as melayani buka tutup 2 klep di tiap silindernya.
Teknologi ini terdengar ketinggalan bila dibandingkan dengan Honda CBR 250R yang meski cuma satu silinder tapi sudah DOHC 4 klep. Atau Kawasaki Ninja 250 yang sama-sama dua silinder tapi sudah DOHC dan menggunakan 4 klep di masing-masing silindernya atau artinya punya 8 klep, 4 klep hisap dan 4 klep buang.
Ditanya tentang hal ini, pihak Suzuki langsung menjelaskan alasannya. “SOHC diterapkan karena target model ini adalah untuk turing. Tenaga putaran bawah dan menengah lebih penting,” buka Yozo Kamia, Model Project Leader Motorcycle Engine Dept Suzuki Motor Corporation, Jepang.
Menurutnya mesin DOHC memiliki banyak mekanikal lost di putaran mesin rendah dan menengah. “Dan kalau mtor ini dibuat DOHC, ukuran dan bobotnya akan lebih besar,” jelas pria berkaca mata ini. Wah, saat ini saja bobot 182 kg Suzuki Inazuma sudah jadi yang paling berat di kelas 250cc, jangan tambah berat lagi dong hehee..
“Intinya, tujuan dari dipilihnya teknologi ini adalah untuk kenyaman dan kemudahan berkendara jarak jauh maupun dekat,” ungkap Yozo Kamia sambil menjelaskan kalau dipilihnya SOHC tidak ada hubungannya dengan usaha mereduksi biaya produksi.
Mesin yang kini digunakan Suzuki Inazuma memiliki dua silinder berkapasitas ruang bakar 248 cc SOHC dengan fuel injection. Karakternya over stroke dengan langkah 55,2 mm dan diameter piston 53,3 mm.
Mesin ini diklaim sanggup memuntahkan tenaga hingga 24 PS di 8.500 rpm. Torsinya mencapai 22 Nm di 6.500 rpm. Transmisinya 6 speed dan sudah memiliki pendingin ruang bakar dengan radiator. (motorplus-online.com)

Sumber : http://motorplus.otomotifnet.com/read/2012/10/15/335358/26/8/Nih-Arti-Nama-Suzuki-Inazuma-250
Kini kalian uda tahu kan mengapa Inzuma pakai basik mesin yang lain dibandingkan para kompetitornya …
Antara mesin DOHC dan SOHC jelas memiliki kelebihan dan kekurangan satu sama lain, jadi gak usah dijadikan pertengkaran deh …
Monggo di sampaikan komentarnya …
Assalamu’alaikum …
Maaf jika ada kesalahan. Ambil sisi positifnya dan buang sisi negatifnya …
By Nofgi Piston Blog
Sumber inspirasi artikel : http://motorplus.otomotifnet.com/read/2012/10/15/335383/26/8/Alasan-Suzuki-Tetap-Gunakan-SOHC-2-Klep-di-Inazuma-250
pertamax kah
Selamat kang …
pabrikan bikin produk emang sudah pasti ada alasannya..
gak melulu ngikutin pasar. apalagi pasar indonesia yg seringnya minta kualitas yahud harga hemat
😀
Betul juga mas, lagian itu mesinnya juga disesuaikan sama karakter dan kegunaan motornya …
jek apik hayabusa
Wah iku mah motor super hehehe …
sebenernya walau mau mesinnya fokus d torsi dan power low-mid end, lbih bagus pake 4 klep kecil dari 2 klep besar per cylinder, ukuran porting yg kecil dari klep kecil bagus loh untuk menaikkan kecepatan flow gas bakar ke mesin. contoh mesin vixion yg 150cc 4klep lebih bertenaga dari pesaing 200cc 2klep. Maap oot 😀
Mungkin ada alasan lain dari pihak Suzuki, atau mungkin untuk menekan harga jual ?
kalo torsi yang dikejar di low-midle rpm jelas unggul sohc pak soalnya dilihat dari efisiensi mekanis lebih enteng nggerakin 1 camshaft lawan 2 per klep daripada gerakin 2camshaft lawan 4per klep pak….
pengecualian untuk dohc dg valve desmodromic loh soalnya desmodromic g pake per klep jadi tenaganya lebih merata dari low-mid-high rpm…
Nice info bro
—
http://www.dk8000.co.nr
Woookeee …
sohc 2 silinderrr ajjiiibbbb
http://kharis27.wordpress.com/2012/10/15/audi-a1-rasa-ducati-panigale/
Vixion kalah hehehe …
double cylinder SOHC… klo bedanya ama Unicam gimana mas?
Kalau gk salah unicam sama SOHC sama aja, karena pakai satu noken as CMIIW.
mesin DOHC dan SOHC, wah saya enggak peduli banget.
yang penting tampangnya keren. titik
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/10/knalpot-scorpion-untuk-ktm-duke200.html?m=1
Jangan lupa pefroma juga lho …
182 Kg, ada standar tengah…berat ga ya?
Kayaknya ckup berat bro … CMIIW
jelas…..
nitip nyales kang….
http://sugimasihada.wordpress.com/2012/10/16/memahami-desain-fisik-suzuki-inazuma-gw250/
😀
Monggo monggo …
sama cb 200 twin bgus mana ya?ad g y cb 250 twin?lok ad dkomparasi
Di Indonesia gak dijual oleh pabrikan Jepang
di indonesia dijual kok mas, bahkan lumayan lama , medio th 74an sampe 80an… bahkan ada 3 varian, cb200,cb175, dan cb 125 twin , semua sohac 2klep per-silinder…. yg jual juga astra dan masuknya barang ekslusip, hanya orang berpunya yg menaiki… gengsinya tinggi sekali dijaman ali topan raja jalanan
Oallah, baru tahu nih …
biikin pengennnn nih motor….
kalau cari dmn ya ??
(cari tapi blum bisa beli) 😀 😀
http://djoshe.wordpress.com/2012/10/15/berburu-cb-twin-1/#comment-19
Cari aja tapi gk beli hehehe …
heheee…
benuL sekali 😀
http://blackeagle98.blogspot.com/2012/10/design-motor-motor-bebek-paling-bagus.html
Design Motor-Motor Bebek paling bagus!
Selain itu sohc lbh irit kali komsumsi bbm nya ….. Cocok buat touring jauh jarang mampir pom bensin : D
Kalau masalah iritnya, tergantung settingan mesinnya. JUpiter MX dan CS 1 yg sama2 SOHC aja itu katanya cukup boros
Emang SOHC itu jadoel ya?
http://dwidhaswara.wordpress.com/2012/10/16/testride-suzuki-inazuma-250-riding-quality-nya-mangstab/#comments
Gak juga, motor2 di Indonesia rata2 kan SOHC
Mahal
bro kalau boleh tukar link di sini http://gombongmotorcommunity.com/
lam kenal
montor apik iki, cuma pricing nya di banding dengan N250 atau naked nya kawasaki 250 kelak jelas akan terlalu mahal bagi inazuma
Kayaknya emank kemahalan ya … Kita lihat saja respon para konsumen
Have a good day yah …
Oke
Inazuma-250 emang motor yang mantap… keker bodynya!!
Penghemat BBM dan Perawatan mesin jangka panjang
http://www.t-syst.com
Gahar tenan
sohc aja 46 juta.. biar ga makin over price
Wkwkwk …
vixion dan MX…..aja..pake sohc (cc kecil)
Pilih ninja 250injeksi atau inazuma?
Tergantung selera dan kebutuhan.
klo di SUZUKI saya gk ragu di engine nya… tp sayang body nya knp SUZUKI kurang di banding kompetitor laen,…..
Aku dah pny CBR250abs,temenku pnya Ninja250,aku gak beli krn trlhat udah pasaran,krg BEDA aja klo dipake dijalanan bro,…Skrg aku beli lagi Inazuma…sama2 ke 3 nya di coba,temenku geleng2,,,ckckck…katanya diantara 3 motor,Inazuma yg lbh enak tarikannya,krn bobot dia 90 kg,jg mantap di suspensinya. Klo sy pribadi gak suka ama ninja krn trauma ama KLX150 yg bikin tulang ekor(diatas anus) njarem kabeh…wkwkwk,,,aplg dijalanan di salib mentah2 ama CB 100 lawas,,,jd hny pakai 1 tahun 2 bulan aku jual,performa CBR250 mantap klo pakai knalpot racing termignoni…klo standart krg greget. Jelas plg enak dan nyaman si Inazuma nya! Tp maaf…aku gak bs bilang mcm2 klo anda2 blm pernah coba jg!!! Tq bro…
betul sekali ane setuju dulu pake ninja 250 dan aku jual ganti pake inazuma . walaupun motor lebih berat dari ninja tapi tetap lebih nyaman dari ninja masalah tarikan juga gak kalah kok inazuma
Nggilani inazuma cah
Kalo Liat Dari Sejarah, DOHC pertama familiar dari motor legenda Suzuki, yaitu : Suzuki FXR-150. Menurut saya Suzuki’lah pabrikan motor paling modern, walaupun beberapa penjualan motornya banyak yang stop atau dilarang di Indonesia, karena alasan keamanan (Mesin Suzuki Terlalu Liar di jalan raya). Sudah tidak perlu di sebutkan, ada beberapa motor favorit anak muda dahulu, berasal dari pabrikan Suzuki. So… kalau dia pakai mesin DOHC, trus… performanya paling menonjol diantara kompetitor yang lain. Sudah pasti dan yakin, motor itu akan di blacklist di beberapa negara termasuk indonesia seperti FXR-150, Raider-150 dan Thunder GSX-250 terdahulu. Kalian yang sudah punya motor ini, silahkan coba performa Inazuma-250 setelah ditambah Cincin Magnet Kabel Busi Merk : 9POWER (Banyak dijual di : tokobagus.com). Dan, bayangkan sekencang apa ini motor kalau pakai Technology DOHC…???
Sekian yang saya tahu, mohon maaf jika ada kesalahan. Terima Kasih…. 😀
Gw bru beli inazuma, tiap subuh di cobain di jalur pantura, tarikan mantab, kalo diam emang berat maklum postur gw pribumi bgt (tinggi 163cm, bobot 53 kg) tapi kalo dah jalan ringan bgt, kalo nikung ga butuh tenaga tinggal di rebahin ja dijamin bakal ketagihan..he..he
SETUJUU
Neh gara2 tmn bli inazuma gw cobain tiap sore slama sminggu. Lalu test dr sunter ke sumarecon mall bekasi bolak balik cm 30rb+kna macet .Boncengan sm pacar seneng shock empuk dan punggung ga pegel tenaga gede tp mesin ga panas. Utk harga 47an termasuk murah mnurut gw. Bsk nya pnasaran lgsg test ride yamaha lg pameran di mkg. Trs tes ride kekawasaki terakhir ke suzuki. Lgsg gw jual 250r trs dp inazuma. Senin motor dianter ke studio. Buat nemenin megelli re digarasi hehe. Dream come true alhamdulillah
Alhamdulillah 🙂
To PT.SIS
Ini Motor yahud , konsumsi bbmnya bisa Premium ini baru raja nya motor di Kelas 250cc , yang lain aja belum tentu bisa masuk premium.
Pokoknya The best Of the best buat Inazuma .
Tp sayang cuma 2 warna , paling tidak kasih 4 pilihan warna.
ada fasilitas kredit ga , Bisa TT sm Y.Vixion Ga ?
Heheheh
Kalo Bisa untuk Lokasi Penjualan dibuat dealer khusus untuk melayani 3S Suzuki izuma ini .
Kenapa Harganya Ga Main dikisaran 35 – 40 Jt , mungkin bisa lebih laku. tanpa ada spek yang dikurangi. kalo bisa di Indonesia Aja Rakitnya. kan bisa mempekerjakan banayak orang .
Yang paling penting..sblum brkendara? Harus baca do’a dulu bro
Mau Ke mana sich… yang penting tuh bisa di nikmati… Inazuma memang enak buanget di pake…
Banyak yg ngebandingin inazuma 250 dg ninja 250…padahal mereka beda ! Kl ninja 250 itu seperti mobil formula 1 sedangkan inazuma itu seperti BMW…kl mau speed ambil ninja kl mau nyaman dan aman ambil inazuma…ninja menang di jalan lurus dan pendek tp untuk jalanan mendaki dan jauh inazuma jauh meninggalkan motor2 lainnya…kl mau nanya inazuma tanya sm yg sdh punya…peace.
Mengapa inazuma ? http://dealermotorsuzuki.com/mengapa-inazuma-dealer-motor-suzuki/dealer-motor-suzuki-jakarta
Siiippp … Tergantung selera konsumen dan medan tempat riding.
Pabrikan lbih ngerti utk produknya. Mlahan w lbih demen msin sohc ndan, lbih irit soalnya. Apa lg w nggk demen kebut”an. Gkgkgkgk