Cara Sederhana Maksimalkan Tenaga Yamaha Vixion

 

Assalamu’alaikum …

Jumpa lagi nih para pembaca. Uda kangen sama NP kan ? Xixixi …

Kali ini NP mau berbagi tips sederhana untuk memaksimalkan tenaga pada Yamaha Vixion (Versi lama). Tips ini sekedar untuk memaksimalkan tarikan si motor sport Deltabox ini, cukup sederhana dan cukup mudah untuk dilakukan kok.

1. Memakai Busi Iridium

 

Benda kecil ini ternyata berpotensi untuk nambah tenaga motor lhooo … Yaps si busi kecil ini tugasnya adalah untuk memercikkan api sumber ledakan pada ruang bakar motor. Dengan menggunakan busi iridium, diklaim api busi lebih besar dan fokus dari pada busi biasa. Selain itu busi ini juga tahan pada suhu tinggi, karena konon katanya busi iridium termasuk kategori busi dinginUntuk motor injeksi, pakailah busi yang menggunakan kode “R”, karena itu pertanda bahwa busi tersebut memiliki resisten. Untuk Yamaha Vixion, coba pakai busi iridium NGK CR8EIX. Dengan busi iridium, akselerasitarikan Vixion makin mantap … !!! (IMHO). Untuk harga, dulu ane tebus 100.000 rupiah.

2. Gunakan 9Power

Benda kecil ini diklaim sanggup menyempurnakan pengapian pada busi. Untuk motor 4 tak seperti yamaha Vixion, pakailah alat ini dua buah, dipasang di dekat busi dan kabel koil menuju busi (CMIIW). Diklaim oleh pabrikan dapat memaksimalkan akselerasi, power dan speed. Untuk harga, dulu ane beli dengan harga 40.000 rupiah.

3. Ganti Per dan Kampas Kopling, Pakai Yang Racing

Biar tarikan makin maknyos dan penyaluran tenaga makin maksimal, coba ganti kampas dan per kopling Vixion sampean pakai yang bertipe racing. Biasanya bahan kampas kopling lebig padat dan per kopling lebih kaku (CMIIW). Atau, juga bisa mengaplikasikan per kopling milik Tiger Revo dan kampas kopling dari Yamaha Scorpio Z. Beberapa rider Vixion sudah menggunakan part tersebut untuk Vixionnya. Ane sendiri sih pakai Kampas kopling Scorpio Z merk Daytona dan per kopling Vixion merk TDR. Memang tarikan cukup bagus, tapi diperlukan penyetelan jarak main kopling yang pas juga.

4. Stel CO Vixion

Kebutuhan CO antara satu Vixion dengan Vixion lain bisa berbeda. Oleh karena itu, stel CO Vixion kalian sesuai kebutuhan. Untuk Vixion yang sudah dioprek mesinnya, lebih baik naikkan stelan CO nya (misal +10). Juga berlaku buat Vixion yang sudah pakai busi iridium atau knalpot racing. Ini dilakukan agar kebutuhan bensin pada ruang bakar bisa lebih maksimal. Untuk menyetel CO, bawalah Vixion sampean ke bengkel resmi Yamaha. Karena butuh alat khusus untuk menyetelnya.

5. Pakai Bensin Beroktan Tinggi, Seperti Pertamax

Percuma kalau mesin Vixionnya uda dioprek, eh bensinnya masih pakai Premium. Peforma kurang maksimal deh (IMHO). Mesin Vixion memang memiliki kompresi yang cukup tinggi. Oleh karena itu, dianjurkan pakai bensin beroktan tinggi seperti Pertamax. Dengan begitu, peforma mesin bisa lebih maksimal. Apalagi yang sudah pakai busi iridium pada Vixionnya. Usahakan pakai bensin beroktan tinggi agar dan terjadi ggejala ngelitik pada mesin, karena ledakan pada busi iridium biasanya lebih besar (IMHO, CMIIW).

 

Cukup sekian dulu para pembaca, tips ini sudah ane terapkan pada motor Vixion ana sendiri. Dan hasilnya peforma cukup mantab, walaupun Vixion ane sudah pakai fairing. Sebenarnya masih banyak tips buat dongkrak peforma Vixion (seperti porting polish, papas head, bore up, ganti ECU, dll) , tapi pegel juga ane kalau harus ketik semuanya hehehe, jadi cukup sekian aja ya …

Monggo dikomentari, mungkin para pembaca punya tips lain …

Assalamu’alaikum …

 

Maaf jika ada kesalahan. Ambil sisi positifnya dan buang sisi negatifnya …

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di Membahas Mesin Atau Modif Mesin Motor, Modifikasi Motor, Motor Sport, Vixion, Yamaha dan tag , , , , . Tandai permalink.

329 Balasan ke Cara Sederhana Maksimalkan Tenaga Yamaha Vixion

  1. ATHAR berkata:

    ada evek,a ga tuh mas bro..?
    evek ga baik,a..?

  2. Anonim berkata:

    g power bentuke kya apa mas dan di doloh neng endi

  3. Anonim berkata:

    Pake kampas scrpio kaga masuk kegedean sb

  4. Anonim berkata:

    kalo udh ganti busi. kampas dan per kopling gt bisa sampe brp top speed’nya gt mas bro…

    • Aal berkata:

      Lebih maksimal kalau mau 180 cc atau 220 cc dateng aja ke ultra speed kelapa dua jakarta barat.semua barang korea paketan harga terhantung cc yg mao di taekin.ninja bakal keuber dah bisa2 lewatin ninja 4 tak.yg pastinya motor kenceng bensinnya pun kenceng

  5. arif berkata:

    pake vixi 2007, sekarang jalan 100km/jam aj jantung udah kencang, tangan udah gemetar (efek umur kali) oprekan pun mubadzir… yg penting selamat smpai dirumah ktemu anak istri!! hahaha

  6. aji ridwan berkata:

    Maaf nya kalau boleh tanya kalau yamaha vixson kalau di geber posisi gigi nya di tepat yg kasar suka ngelimit,kira kira apa nya yg harus di robah?

  7. adi berkata:

    gan 9 powernya ndk tko asesoris ada gak.

  8. m,as brou…,,,ada epek nya kaga ,,,lo kampas sekorpio z terlalu besar gimna cra ,nya biar masuk

  9. riki berkata:

    Vixen ane setela make yg abang sarankan di atas uda lari sampe 140km/j hehe

    • Aal berkata:

      Kalau masalah kenceng di ukur bukan hanya sekedar km aja bro.di tes diagnotool dulu.tes itu aja jasanya 250ribuan di radal.banyak yg harus di rubah kalau mau bener2 kenceng.dari blok and seher ganti yg ukuran besar,blom lagi injektor racing and eccu junken atau ecu racing blom lain2 yg elektronik yg mendukung.

  10. winton berkata:

    Brapaan hbis uang buat itu broooo

  11. winton berkata:

    Vixon new dah keluar per kampas sama kampas kopiling racing dah keluar y gan

    Ehhhbgan klau itu dah di ganti speed y bisa dapat berapa

    Atau msih ada limid y

    Imformasi y bro

    • Aal berkata:

      Kalau speed tetep 5 gak bakal nambah kecuali ente ganti rasio 6 speed baru bisa nambah.specialist nambah rasio ada di pamulang reni jaya.suhunya udah paham bgt sama vixi

  12. abdi berkata:

    apakah sudah ad seher NPP/NPR BUAT VIXION

    • Aal berkata:

      Originalnya aja masih murah bro seher 100ribuan paling ringnya 180ribuan punya new tapi efeknya ngebul dikit.kalau pakai punya old harga bisa 320ribuan yaitu lebih bagus kalau di beset.mesennya biasanya inden

  13. Anonim berkata:

    Kalau kampas sama per kopling pakai tdr semua gimana gan.??

    Makasih

  14. damen berkata:

    peda.ku tak kek.ii ngunu lho pancet kalah ambek Gl blok camri percuma d ganti ngunu gg banterr
    tak dudu.ii carane banter
    1 dol.en
    2 duik.ee tukok.no ninja
    3 garap.no
    4 lek gg dwe duwek umah mu dol.en
    5 ngunu ae banter wes.an
    ng embong mbek mengkerek.tok

    • sugeng56 berkata:

      yo yo bro
      sipp seneng aku karo solusine damen…

      tips irit bensin vixsion
      1 tukokno bensin 50rb
      2 ojok di gawe metu

      wes 2 tok iku ae bro tips teko aku
      sumpah irit 100%

  15. Anonim berkata:

    do kakean cangkem

  16. ahmadajibf berkata:

    itu positif kenceng motornya

  17. najampaten berkata:

    vixion ane makin tambah KO tenaganya mas bro… saran ente ini ada yang salah kali ya…
    mendingan di kembalikan ke setingan awal lagi.. puyeng modif banyak, kantong kempes tapi tenaga vixion loyo…

    • Nofgi berkata:

      Inshaa Allah aman bro.
      Punya ane itu gtu, cman gk pakaim busi iridium.

    • Aal berkata:

      Tenaga bisa loyo bisa di cek setingan klep and trotel injeksinya.setingan klep janan samain dengan motor2 laen.kelebihan sedikit bisa bentrok sama seher kalau kurang sama bisa mentok juga.kalau lenggang setingan juga bisa rusak rockelnya.jadi imbasnya di tenaga mesinnya

  18. Yusry berkata:

    Gan law mtor vixion kbur d saat memacu gas pda topspit, it gimana ngatasinnya .tlong d jwab

  19. Anonim berkata:

    punyaku standar tak rubah vilter nya tok ktemu 140 km ,iku ae ndak sampek ngelimit.. Brarti kon kbeh gag iso njoki mtor ,,haha

  20. Anonim berkata:

    Maaf sya mw tyaak ne mas
    Jika lw kita sudah gnti yg mas blg smua
    Apakah ada pengruh pada kereta apabila pada suatu saat ntik kreta kita mw kita buat normal lgi?
    Tlg djwab ya mas

    • Aal berkata:

      Efeknya kalau menurut ane gak ada kalau di standarin lgi mesinnya.wajib sering2 cek oli jangan sampai berkurang sma dengan air radiator.berkurang atau menguap olinya bisa2 banyak yg kemakan.bisa jadi blok head bisa ngikut aus di pennya.secra mata dan di raba susah untuk mengenalinya aus atau tidak karena tanda2 nya gak ada.yg ada bikin pusing mekanik susah stel klep yg bunyi klep gak bisa halus.kalau udah begitu mau ngha mau ganti blok head

  21. Anonim berkata:

    itu semua ada efeknya gk gan

    • Aal berkata:

      Motor kalau di rubah2 pasti ada perbedaannya apalagi menambah perengkat2 seperti menambah acesoris lampu atau elektronik lainnya.kalau untuk mesin harus dateng ke bengkel yg tepat yg menjual part yg bermutu.bukan di lihat dari mereknya aja.

  22. ermanto berkata:

    kalo engak pakek pratamax tapi busi iridium biar engak engerusak mesin gimana………?

    • Aal berkata:

      Sering servis injektor and cari oli yg gak nguap.jangan juga oli yg terlalu kentel pake cell HX-7 bukan yg AX-7 memang susah carinya tapi tarikan maknyus lebih enteng untuk gesekan kopling.

  23. Putra berkata:

    Sebaiknya untuk bensin gunakan pertalite. Ane udah coba tarikan lebih pas daripada pertamax. Mesin mampu mendongkrak tenaga maksimal. Dikarenakan standart motor 2 dengan mobil berbeda. Pertamax memliki standar yang tinggi jadi motor terlalu panas untuk mebgkonsumsinya. Coba anda bayangin mengapa premium dan pertamax bila dicampur menghasilkan tenaga yang luar biasa apabila hanya diisi oleh pertamax. Best time saya 1 jam 30 menit dari jombang menuju malang

    • Anonim berkata:

      Emank c bro…. Tp lm2 mesin yg kna. Ane jg dlu unggulin bgt pertalite, tp pas mesin g adem lg n getaranya mkin keras. Bengkel2 jg byk yg nyaranin jgn pke pertalite.

  24. hafid berkata:

    Aku arep tanya gan….aku punya vixion 2012,knalpot udah r9..lain stndar smua
    Masalahnya kalo gi”2 gas poll malah mundur bukanya maju.mohon info nya

  25. Anonim berkata:

    Ora usah bingung2…pngin banter..mesine coplok en..ganti mesin ninja ..umpsmane mesin karo tulangane ga iso nyatu..goeo neng tukang las.las ke..ta jamin banter

  26. Gian.M berkata:

    Assalamu’alaikum.
    Mas motor saya new vixion 2015, baru” ini knalpotnya saya ganti pakai punya satria fu. Apa motor saya harus setting co lagi? Makasih mas.

  27. Anonim berkata:

    mw ngasin info sob
    pakek piston suzuki tunder 125 itu aja…diameter sama(57 mm)..beda dum
    tinggal tambahin pak 1,5 mm
    dijamin tarikanny joss
    apalagi kalo pakek knalpot fu engkel trus d buat OMR..CO (10 )
    sipp dah

  28. Anonim berkata:

    Kalau misal nya pakai per kopling tiger. Mana maknyos dengan per kopling racingnya

  29. Anonim berkata:

    mau tanya gan. kalo mau nmbh kecepatan vixion d.daerah sidoarjo ada atau ngk..? dan kira” abis dana brp..? punya qw vixion 2010..

  30. adi solo berkata:

    Vixi old 2009 . Tak gnti perkop tiger +kamkop scorpio z lumayan gan tenaga nya nampol drpd sebelum nya .

  31. Rudihartono berkata:

    Setelah saya modifikasi koil.mantap sampai gir 4 tapi di gir 5 nya loyo hanya tembus 9000 rpm.kenapa ya

  32. Anonim berkata:

    Mas saya mau tanya?ternyata robah yamaha vixion itu mudah cma ganti busi,kampas kopling,dll?tetapikan kalau motor bebek d robah kebanyakan ganti piston terus ada yang d ganti pke honda tiger,dll?trus knapa vixion gak pake robahan piston lain seperti tiger, apalah?sekian mas?

  33. Anonim berkata:

    Makasih buaaanyak informasinya.barusan motor gue mogok.Padahal selama ini tak pernah.udah jam 7 malam motor mati.eee isi pulsa cek internet dapat jawaban memuaskan,ikut langkah kerjanya…da berhasil.sekali lagi thanks banyak karena bisa diatasi dengan info penting ini….

  34. Katok berkata:

    Ovi ku th 2015 cuma Ganti kamkop + pertalite aja udah jos tarikanya bro…

    • Anonim berkata:

      Hati2 bro. Pertalite ninggalin kerak di mesin. Lm2 jd jelli ky ager gitu. N bs nyumbat. Dulu ane jg pke pertalite. Emang enak. Tp lm2 mesin g alus lg. Getaranya mkin kerasa.
      #cumasaranyabroo

  35. Anonim berkata:

    Apakah efek bila cuma pake busi iridium doang

  36. winarko berkata:

    Sangat mmbntu sy yg awam soal motor…thanks

  37. irpan berkata:

    bisa gk vixon di rakit jadi karbu

  38. wahyu berkata:

    Alhamdulilah v_old ane d gnti busu iridum .9power 2. Coil tdr racing dn lain2 bisa tmbus 165 /j

  39. safari berkata:

    Q punya motor vixion 2012….tarikan agak kndor…dah gtu…di area stang bunyi grtuk”…kira”,,,apa pnybabnya

  40. bachtiar berkata:

    Gan bagaimna klo semuanya udh pke yg diatas itu tpi knlpotnya msih standar ap bisa

  41. Anonim berkata:

    Bro. New vixion ane udh 2,5 tahun. Kmren ane ganti kampas kopling n tutup kmpas nya. Set. Tp tarikan tambah mash agak berat n tenaga cuma 100cc mentok. Padahal gentakan gigi 1&2 lumayan gentak. Tp 3 ke atas ga gentak lg. Knp tuwh…..
    Thanks.

  42. Anonim berkata:

    Bos kalo di kabel coil di llitin kabel kuningan itu apa bisa menambah kecepatan

  43. afri budiman berkata:

    Klo busi dan co nya ngak di tambah gimana mas.. bertambah ngak cc nya..?
    Soalnya vixion gue ngak pake batre..?
    Ane suka banget naik motor kencang “

  44. Rendi kc berkata:

    motor smalin kencang

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s