Cara Sederhana Maksimalkan Tenaga Yamaha Vixion

 

Assalamu’alaikum …

Jumpa lagi nih para pembaca. Uda kangen sama NP kan ? Xixixi …

Kali ini NP mau berbagi tips sederhana untuk memaksimalkan tenaga pada Yamaha Vixion (Versi lama). Tips ini sekedar untuk memaksimalkan tarikan si motor sport Deltabox ini, cukup sederhana dan cukup mudah untuk dilakukan kok.

1. Memakai Busi Iridium

 

Benda kecil ini ternyata berpotensi untuk nambah tenaga motor lhooo … Yaps si busi kecil ini tugasnya adalah untuk memercikkan api sumber ledakan pada ruang bakar motor. Dengan menggunakan busi iridium, diklaim api busi lebih besar dan fokus dari pada busi biasa. Selain itu busi ini juga tahan pada suhu tinggi, karena konon katanya busi iridium termasuk kategori busi dinginUntuk motor injeksi, pakailah busi yang menggunakan kode “R”, karena itu pertanda bahwa busi tersebut memiliki resisten. Untuk Yamaha Vixion, coba pakai busi iridium NGK CR8EIX. Dengan busi iridium, akselerasitarikan Vixion makin mantap … !!! (IMHO). Untuk harga, dulu ane tebus 100.000 rupiah.

2. Gunakan 9Power

Benda kecil ini diklaim sanggup menyempurnakan pengapian pada busi. Untuk motor 4 tak seperti yamaha Vixion, pakailah alat ini dua buah, dipasang di dekat busi dan kabel koil menuju busi (CMIIW). Diklaim oleh pabrikan dapat memaksimalkan akselerasi, power dan speed. Untuk harga, dulu ane beli dengan harga 40.000 rupiah.

3. Ganti Per dan Kampas Kopling, Pakai Yang Racing

Biar tarikan makin maknyos dan penyaluran tenaga makin maksimal, coba ganti kampas dan per kopling Vixion sampean pakai yang bertipe racing. Biasanya bahan kampas kopling lebig padat dan per kopling lebih kaku (CMIIW). Atau, juga bisa mengaplikasikan per kopling milik Tiger Revo dan kampas kopling dari Yamaha Scorpio Z. Beberapa rider Vixion sudah menggunakan part tersebut untuk Vixionnya. Ane sendiri sih pakai Kampas kopling Scorpio Z merk Daytona dan per kopling Vixion merk TDR. Memang tarikan cukup bagus, tapi diperlukan penyetelan jarak main kopling yang pas juga.

4. Stel CO Vixion

Kebutuhan CO antara satu Vixion dengan Vixion lain bisa berbeda. Oleh karena itu, stel CO Vixion kalian sesuai kebutuhan. Untuk Vixion yang sudah dioprek mesinnya, lebih baik naikkan stelan CO nya (misal +10). Juga berlaku buat Vixion yang sudah pakai busi iridium atau knalpot racing. Ini dilakukan agar kebutuhan bensin pada ruang bakar bisa lebih maksimal. Untuk menyetel CO, bawalah Vixion sampean ke bengkel resmi Yamaha. Karena butuh alat khusus untuk menyetelnya.

5. Pakai Bensin Beroktan Tinggi, Seperti Pertamax

Percuma kalau mesin Vixionnya uda dioprek, eh bensinnya masih pakai Premium. Peforma kurang maksimal deh (IMHO). Mesin Vixion memang memiliki kompresi yang cukup tinggi. Oleh karena itu, dianjurkan pakai bensin beroktan tinggi seperti Pertamax. Dengan begitu, peforma mesin bisa lebih maksimal. Apalagi yang sudah pakai busi iridium pada Vixionnya. Usahakan pakai bensin beroktan tinggi agar dan terjadi ggejala ngelitik pada mesin, karena ledakan pada busi iridium biasanya lebih besar (IMHO, CMIIW).

 

Cukup sekian dulu para pembaca, tips ini sudah ane terapkan pada motor Vixion ana sendiri. Dan hasilnya peforma cukup mantab, walaupun Vixion ane sudah pakai fairing. Sebenarnya masih banyak tips buat dongkrak peforma Vixion (seperti porting polish, papas head, bore up, ganti ECU, dll) , tapi pegel juga ane kalau harus ketik semuanya hehehe, jadi cukup sekian aja ya …

Monggo dikomentari, mungkin para pembaca punya tips lain …

Assalamu’alaikum …

 

Maaf jika ada kesalahan. Ambil sisi positifnya dan buang sisi negatifnya …

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Tulisan ini dipublikasikan di Membahas Mesin Atau Modif Mesin Motor, Modifikasi Motor, Motor Sport, Vixion, Yamaha dan tag , , , , . Tandai permalink.

286 Balasan ke Cara Sederhana Maksimalkan Tenaga Yamaha Vixion

  1. ATHAR berkata:

    ada evek,a ga tuh mas bro..?
    evek ga baik,a..?

  2. Anonymous berkata:

    g power bentuke kya apa mas dan di doloh neng endi

  3. Anonymous berkata:

    Pake kampas scrpio kaga masuk kegedean sb

  4. Anonymous berkata:

    kalo udh ganti busi. kampas dan per kopling gt bisa sampe brp top speed’nya gt mas bro…

  5. arif berkata:

    pake vixi 2007, sekarang jalan 100km/jam aj jantung udah kencang, tangan udah gemetar (efek umur kali) oprekan pun mubadzir… yg penting selamat smpai dirumah ktemu anak istri!! hahaha

  6. aji ridwan berkata:

    Maaf nya kalau boleh tanya kalau yamaha vixson kalau di geber posisi gigi nya di tepat yg kasar suka ngelimit,kira kira apa nya yg harus di robah?

  7. adi berkata:

    gan 9 powernya ndk tko asesoris ada gak.

  8. m,as brou…,,,ada epek nya kaga ,,,lo kampas sekorpio z terlalu besar gimna cra ,nya biar masuk

  9. riki berkata:

    Vixen ane setela make yg abang sarankan di atas uda lari sampe 140km/j hehe

  10. winton berkata:

    Brapaan hbis uang buat itu broooo

  11. winton berkata:

    Vixon new dah keluar per kampas sama kampas kopiling racing dah keluar y gan

    Ehhhbgan klau itu dah di ganti speed y bisa dapat berapa

    Atau msih ada limid y

    Imformasi y bro

  12. abdi berkata:

    apakah sudah ad seher NPP/NPR BUAT VIXION

  13. Anonymous berkata:

    Kalau kampas sama per kopling pakai tdr semua gimana gan.??

    Makasih

  14. damen berkata:

    peda.ku tak kek.ii ngunu lho pancet kalah ambek Gl blok camri percuma d ganti ngunu gg banterr
    tak dudu.ii carane banter
    1 dol.en
    2 duik.ee tukok.no ninja
    3 garap.no
    4 lek gg dwe duwek umah mu dol.en
    5 ngunu ae banter wes.an
    ng embong mbek mengkerek.tok

    • sugeng56 berkata:

      yo yo bro
      sipp seneng aku karo solusine damen…

      tips irit bensin vixsion
      1 tukokno bensin 50rb
      2 ojok di gawe metu

      wes 2 tok iku ae bro tips teko aku
      sumpah irit 100%

  15. Anonymous berkata:

    do kakean cangkem

  16. ahmadajibf berkata:

    itu positif kenceng motornya

  17. najampaten berkata:

    vixion ane makin tambah KO tenaganya mas bro… saran ente ini ada yang salah kali ya…
    mendingan di kembalikan ke setingan awal lagi.. puyeng modif banyak, kantong kempes tapi tenaga vixion loyo…

  18. Yusry berkata:

    Gan law mtor vixion kbur d saat memacu gas pda topspit, it gimana ngatasinnya .tlong d jwab

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s