Assalamu’alaikum …
Selamat Hari Pahlawan …
Kali ini yuk bahas soal dua motor sport dari dua pabrikan besar asal Jepang, yaitu si Honda CB150R dan Yamaha New Vixion Lightning.
Tapi kali NP pengen bahas tentang desain rangkanya. Dua motor ini sama-sama mengaplikasikan rangka yang unik dan sedikit berbeda dengan kebanyakan motor sport lain. Honda CB150R memakai rangka yang diklaim oleh pabrikan dengan nama “Truss Frame”, sedangkan New Vixion Lightning tetap memakai rangka “Deltabox” seperti generasi Vixion yang terdahulu.
Kalau diperhatikan, dua rangka ini jelas memiliki karakter tampilan yang sangat berbeda. Rangka Truss Frame alias teralis-teralisan memiliki karakter tampilan yang cenderung terkesan sangar dan rumit, karena terdiri atas besi-besi penyangga (IMHO). Tapi kekurangannya yaitu rangka terkesan “cungkring”, apalagi warna rangka kurang mencolok. IMHO lho ya …
Sedangkan pada rangka New Vixion Lightning yang menggunakan Deltabox, terlihat lebih kokoh dan rapi. Terkesan rapi karena seolah pada rangka ini tidak terdapat lubang atau celah sehingga terlihat padat(IMHO). Kekurangannya, karena Vixion menggunakan mesin yang kecil dan masih SOHC, jadi mesin terlihat kecil dan menggantung pada rangka. Jadi kesimpulannya, mesin dan rangka kurang serasi (IMHO).
Ini semua hanya pendapat ane sendiri tentang rangka pada dua varian motor sport tersebut. Dan pendapat satu orang bisa berbeda dengan pendapat orang lain.
So, gimana nih pendapat kalian ? Suka dengan rangka Truss Frame si CB150R atau rangka Deltabox si New Vixion Lightning ?
Gak perlu pakai poling, langsung saja komentari mana rangka yang kalian suka dan apa alasannya ?
Monggo utarakan komentar kalian sob …
Assalamu’alaikum …
Maaf jika ada kesalahan. Ambil sisi positifnya saja dan buang sisi negatifnya …
Truss frame
Teralis-teralisan …
aneh yah dulu AHM ga pernah bicara ini rangka teralis tapi para blogger aja yang membuat namanya teralis.
makanya jadi jgn asal sebut tapi kalo belum keluar barangnya….
jadi kecewa setelah lihat aslinya dan membuat nama rangka dengan sembarangan “teralis-teralisan”
Nama aslinya kayaknya Truss Frame, uda ane tulis tuh …
yamaha sekarang KO…..
Vixion nggambus…
deltabox…
Siiip … Lebih kekar n rapi …
Body nungging kayak kalajengking gitu dibilan kekar… itu mah cungkring… kalo untuk boncengan mlorot terus kesel om…
pagar besi frame
Wkwkwk …
Nggrok…nggrok…nggrok….
Berharap trellis kayak ducati………yg kluar malah Tower SUTET….!!! huffff eman mesine
Ane juga berharap begitu, sayang desainnya malah kayak gitu.
ini orang yg bikin artikel tapi gak obyektif… gak asih nih
Wkwkwkkwk… Best Comment Ever nih…
Waduuuhhh …
Klo desain Yamaha dari dulu sampe sekarang tetep keren…
sama dengan trelis kursiku
Sama2 kecil
harga 20 jt-an pengen kayak ducati..mimpi lu..
Jika membandingkan kedua motor tsb… hmmm kayake mantapan CB150R mas… Harusnya New Vixi tsb design depannya Full Fairing sehingga mesin yang kecil tertutupi contohnya R15.V2… kayak yang punya lapak ini jadinya keren ya to mas….
http://nzahry.wordpress.com/2012/11/10/aprilia-caponord-2013/
Hehehe … Bner juga nih, ane jadi malu hehehe …
Kalau bisa mesin sekalian dibikin DOHC gara sesuai dengan karakter mesin balap.
Siippp mas….
Balap kampung…
frame deltabox engine DOHC 🙂
Ane juga sih pengennya gitu …
gak asik…. gak obyektif…
itu sih cbr150r pake twinspar/deltabox
jadi bingung milihnya
dua-duanya sama keren
biar adil ya saya enggak pilih keduanya
qiqiqiii
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/11/kena-razia-polisi-ini-pasti-gembira.html?m=1
Golput nih mas, wkwkwk …
Mumpung Golput disini enggak dilarang
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/11/new-vixion-kalau-di-india-enggak-laku.html?m=1
beton eisser frame
eisser frame maksudnya ?
rangka teralis beton
http://zulfauzi.blogspot.com/2012/11/simple-fighter.html
Apaan tu ? Rangka pondasi bangunan ? wkwkwk …
harusnya bacot lu tuh di teralis biar ga asal ngomong.
gak pilih dua-duanya
Wah golput nih …
Desain honda CB150 kalau di buat seperti pulsar 220 pasti keren ;D
http://bagas29ps.wordpress.com/2012/11/10/kecelakaan-di-hari-pahlawan/
Desain ala half fairing ta mas Bagas ?
Si traliss kayaknya lebih mantaf, “Truss Frame”nya di kasih warna Putih, trus Bannya diganti yang lebih gede, wuih gak kebayang kaya apa, wakakakaka…
Bingung malahan mas, kemaren mau beli new vixion tapi ketika si honda CB150R nongol, we la dalah… lha kok marai ngiler, haha , nunggu brojolnya santap deh… xxixixi
Tunggu saja berapa harga yg akan di patok buat si CB150R mas, kalau New Vixion katanya skitar 23jt.
sayangnya teralisnya di cat item,, coba klo berani di ekspos lebih dgn cat yg cerah seperti oranye atau merah,, makin sangar pastinya..
Lha itu yang ane sayangkan, coba pakai warna yang mencolok. Tambah jos (IMHO).
klo mo pake cat cerah seharusnya pipa teralisnya sama besarnya jd kliatana elegan nan garang……lah ini ada yg besar dan lbh kecil…..kebayang g tuh gmn ntar ngeliatnya…?? jd mnrt ane honda dah bnr tuh ngecat htam biar samar….coba perhatiin teralisnya deket kisi radiator yg di tutup plastik…apa g aneh ngeliatnya…? shrsnya bagian itu ditutup shroud ato dibiarkan telanjang skalian….maaf bro ini hanya slera ane
Siiippp … selera orang bisa beda2 kok sob …
Makasih masukannya.
Motor kencang mestinya sasis balap?
sasis balap itu apa????
Biasanya motor balap pakai rangka Twin Spar (Deltabox) Kayak di Moto GP (CMIIW).
biasanya kan tapi ga harus deltabox…
contoh : ducati MotoGP 2007-2010 memakai rangka baja tubular
Kawasaki 600r memakai rangka tubular
KTM Moto3 memakai rangka tubular.
kata si MHA berkata:
November 12, 2012 pada 12:54 am
Motor kencang mestinya sasis balap?
Jadi motor yang tidak memakai sasis delta box bukan motor kencang donk???
Bukan gitu mksud ane sob, motor yg pakai Deltabox atau Twin Spar itu biasanya handlingnya lebih baik dari pada rangka lain.
Coba ente liat di Moto GP 2012, apa ada motor pabrikan besar yg pakai rangka selain Twin Spar ?
Ducati aja pakai rangka Twin Spar kok buat motor prototypenya.
Tergantung juga …
Rangka Deltabox terbukti lebih stabil dan kokoh.
Handling nyaman dan minim getaran.
Yap, salah satu keunggulan rangka Deltabox.
justru ane malah sangsi kalo ama deltabock monosock. abis gue pecinta tooring yang biasa beban berat jarak jauh dan tiap minggu. harian pun motor dipake berat walau gak kaya waktu turing. rata2 yang delta box monosock jangka 1-2 tahun dengan perlakuan kaya ane pasti body motor miring. mending cuman monosocknya yang kena, lah ini rangka juga kena?? jadi buat durability deltabox monosock enggak deh
.. kalau handling dan gaya ˚°◦©k˚°◦©k˚°◦©k˚°◦©k~ banget
Kayaknya salah pengertian sampean, mungkin itu yg kena rangka belakangnya aja, masak rangka Deltabox yg setebal itu bisa dengen mudahnya miring ? Kalau bukan rangka belakang ya monoshocknya yg kena mungkin (IMHO).
yang Truss Frame aja dah,,, kalo mau rangka DeltaBox harusnya mesinnya yang lebih besar dan berotot..
http://motorohim.blogspot.com/2012/11/honda-cb150r-streetfire-layak-ditunggu.html
Makasih pilihannya …
memang bukan deltaboxnya tp deltabox identik berpasangan dengan monosock. nah monosocknya yang gampang kena. logikanya kalo ada bagian rangka termasuk monosock yang bergeser ato bengkok berapa mili pun bengkoknya pasti ada bagian lain yang ikut bergeser ketarik walau hanya sepersekian mili. nah mending pemilik langsung ganti itu socknya kalo dibiarin lama kan terus meningkat pergeserannya akhirnya deltabox yang tebal pun kena. ya tp kalo pake harian ato turing beban ringan gak masalah.
Yaps, monoshock memang punya kekurangan terhadap beban yg terlalu berat. Seperti halnya kasus Scorpio Z lawas yg shocknya ambles hehehe …
gak komen.. cumpang ngiklan aja 😀 piss Boss V
eh cupang, numpang maksude.. kaya kuwe… 😛
Hehehe …
Makasih da mampir sob …
mantap rangka deltabox deh… B-)
Siiippp, thanks pilihannya …
kalau buat turing enakan deltabox..mnim getaran..
Siiippp … Buat balap kyaknya enak pakai Deltabox juga.
spidometernya aneh..
Punya yg mana ?
Ya keduanya ada kelebihan dan kekuranganya, dari segi mesin cb150 lebih mantep mesin sudah DOHC dan 6 speed rpm nya aja sampai 13.000 sedangkan vixion 12.000 mesin SOHC 5 speed. Dari segi akselerasidan frame nya deltabox masih yg terbaik,karena hampir dipakai semua oleh motor2 balap,berarti deltabox punya banyak keuntungan tapi bukan berarti tubular tak bagus juga, jenis tubular lebih elastis, jadi dari segi mesin cb jagonya dari segi frame vixion oke.
Maaf ralat mas, Vixion RPMnya gk sampai 12.000, paling pol kalau gk salah 10.500 (CMIIW).
soal rangka oke lah,, gak wah-wah amat. tapi cukup lah membuat mesin jadi keliatan padet, dan untung bagian bawah honda juga diberi penutup jadi gak terlihat kopong. hanya saja saya malah berharapnya body New Vixion buat si CB150 aja.. kenapa?? soalnya itu mirip banget sama honda CB1000R jadi kayaknya lebih pantesnya si CB yang pake.
dan kebiasaan honda aladah sripingnya pasti jelek dan penempatanya yang justru membuat bentuk body jadi terlalu tersamar.
sekedar menurut saya si.. 🙂
Pelindung mesin bawah itu cuman aksesoris masbro, jadi dibelih terpisah (CMIIW).
Ane memang suka sama desain si New Vixion, tapi yg paling ane sayangkan tu headlampnya, kecewa ane rasanya.
Kan biasanya desain motor Yamaha itu bagus2 (IMHO).
emang lebih mahal deltabox di banding trus frame
Menurut ane juga gitu sih …
rangka2 yang dibuat sudah sesuai peruntukannya… rangka tigi, p220, p180, megi, dibuat buat turing beban berat karena box disana sini ditempel. sementara p135, cs1, fu, dan bebek dibuat buat dalam kota, vixi, cb150, pio, new megi, p200ns di buat untuk berkendara dengan handling lumayan dan tidak membawa beban terlalu berat, untuk kelas cbr150, cbr 250, seri ninja dibuat untuk sensasi berkendara exelent, gaya hidup dan turing tanpa beban. dan motor2 tipe duke 200 dibuat semi turing dengan gaya roadrace. untuk rangka yang tipe murni roadrace dibuat seringan mungkin untuk menjelajah jalanan terjal yang pasti tidak cocok membawa beban berat…
Siiippp deh pendapat sobat …
Btw menurut ane, rangka si Duke lebih cocok buat motor harian karena memang benar2 rangka teralis (IMHO).
kalau anda ingin membandingkan utarakan apa adanya dan berimbang..cukup kasih tau kelebihan dan kekurangannya..ga usah belum apa2 udah menjelek2an..coba anda belajar sama iwan banaran atau pak taufik biar bisa bikin blog yang bagus..
Betul. Seharusnya yang bikin blog netral. Biar pembaca yang ngasih comment. Kata2 teralis2an itu terlalu mendeskreditkan. Jangan anda bandingkan dengan duke apalagi ducati. Anda liat dong harganya. Jelas itu bukan tandingannya. Jelas little brother? Be a wise man…..
Siiippp masbro, sorry kalau ane salah nih hehehe …
Maklum masih belajar … ^ ^
setuju dengan 2 koment diatas.. ane tambahin juga sesuai bidang ane seniman teknik,,,desainer honda dan yamaha setau ane punya karakter dan aliran yang berbeda(sains of art) tp tetp maslh kekuatn bahan dan material jd perhitungan utama…
CB150R mngusung tema tralis krn pingin menampilkan mesin CBR150R.. Hasilnya keren banget, gagah.. Dan pastinya ga kalah kuat dibanding deltabox..
Kecantoollll sama Cb 15o r nyaa lahhh
gak bakal selingkuhlah kalo sama yang satu iniii 😀
sblum keluar tuh Cb penasaran bnget gw, sampek2 tiap hari buka om google buat cari2 gambar si Cb, tapi pas nongol jadi kecewa gw, bentuknya kayak motor asal asalan, kerangka trus frame yg d gunakan kurg sporty menurt gw, cobak kalo d gunakn kerangka deltabox milik Cbr150R pasti aura sporty naked bikenya terasa bnget. . .
Mungkin untuk menekan harga jual sobat, apalagi katanya rangka CBR 150 itu lebih berat dari pada rangka CB150R (CMIIW).
kok pd ngomong dah pd beli blum bossssss
betul tu masbro…biar terjangkau ma rakyat indo….
Siiipp biar teralis, tapi keren….seminggu yang lalu aku beli…trus jadi perhatiaan tuh di tipa lampu bangjo,….heheheh jadi malu….
New Vixion nggambus…..
,,,cb lah
dah lah…pokonya new vixion lightning is the best, gak ada yg bisa nandinging…hahahahahaha…”yg lain gak bisa ngkutin…!” hehehehehe…tag line new vixion vixion
di luar bahasan rangka…
coba liat desain cb 150.. nyontek abis sama old vixion..di bedain rangkanya biar di bilang gk nyontek…tapi nyatanya serupa tapi tak sama..
GAK KREATIF
Vixion kok jadi aneh gitu y… new vixion Bukanya tambah bagus malah tambah aneh.. YMI payah…
ku lbih suka rangka dn body vixion krn lebih simpel and rapi kelihtan.
Ane suka yng deltabox gan .yamaha vixion pkok nya yng lain gk bsa ngikutin
gan nofgi kayaknya cenderung pilih piksen ya?
ane pilih cb gan krn udh ane angkut
ane dah coba cb150,larinya kurang.Responya lambat.
New vixion,ane dah coba.
Larinya cepat,responya mantap..
Akhirnya ane beli new vixion.
Thanks
Cb150r yank keren rangka nya kebnyak vioxsen dipasang kyak rangka cb buat toering
Yg punya CBR mantap dah Dan yg punya vixion mantap jg dah… Tpi lebih mantap dan berasa beli aja dua2 ea biar hot sekalin. Aku jamin pasti sangar wkwkwkwk piss man✌✌✌