Lebih Suka Motor Sport Bermesin DOHC Atau Bermesin SOHC ?

Assalamu’alaikum …

Jumpa lagi nih sob … Melihat artikel beberapa Blogger yang membahas tentang adu drag antara si Yamaha R15 dan Honda CBR 150, NP jadi terinspirasi buat nulis artikel ini nih. Soalnya pada artikel kali ini, NP pengen membahas selera kalian tentang mesin DOHC atau SOHC …

Seperti kita tahu, di Indonesia ini motor sport ada yang dibekali mesin dengan sistem DOHC dan SOHC. Motor sport bermesin DOHC antara lain CBR 250, CBR 150, Ninja 250, Satria F, dan lain-lain. Sedangkan motor sport bermesin SOHC anatar lain Vixion, New Megapro, Byson, dan lain-lain.

Terkadang masih ada saja yang berselisih tentang kedua tipe mesin itu. Padahal keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi mari kita bahas tentang dua tipe mesin tersebut yuuukkk …

Agar lebih paham dalam memilih diantara dua sistem pada noken as mesin ini, biar NP beri sedikit keterangan tentang mesin DOHC dan SOHC versi NP.

Mesin SOHC …

Mesin SOHC adalah mesin yang mengandalkan satu buah noken as untuk mengatur buka tutup klep (CMIIW).

Kelebihan mesin SOHC versi NP:

  1. Tenaga lebih mantab pada putaran bawah (RPM bawah)
  2. Torsi biasanya lebih besar
  3. Relatif lebih irit BBM dari pada mesin DOHC (Tapi ini cuman relatif, ada juga SOHC yang boros BBM)
  4. Relatif cocok bagi rider yang suka touring karena torsi besarnya mantab buat jalan stop and go (IMHO).
  5. Relatif lebih murah

Kekurangan mesin SOHC versi NP :

  1. Agak loyo pada putaran RPM tinggi
  2. Nafas gas motor bisa saja lebih pendek dari pada mesin DOHC yang masih sebanding (IMHO,CMIIW)
  3. Top speed bisa saja kalah dengan motor DOHC

Mesin DOHC …

Kali ini bahas mesin DOHC. Mesin ini mengandalkan dua buah noken as untuk mengatur buka tutup klep (CMIIW).

Kelebihan mesin DOHC versi NP :

  1. Mesin galak diputaran atas (RPM atas)
  2. Nafas gas relatif lebih panjang dari pada SOHC
  3. Top speed bisa saja di atas mesin SOHC
  4. Relatif cocok untuk trek yang panjang dan lurus

Kekurangan mesin DOHC versi NP :

  1. Power di RPM bawah kurang mantab/agak loyo
  2. Torsi biasanya lebih kecil dari pada mesin SOHC
  3. Butuh lintasan panjang dan RPM tinggi untuk mendapat power maksimal
  4. Relatif lebih boros
  5. Relatif lebih mahal

Yap inilah sedikit keterangan dari NP. Uda tahu kan kelebihan dan kekurangan kedua tipe mesin motor tersebut ? Lebih suka yang mana ? Yang torsi dan power putaran bawah lebih besar atau yang top speed tinggi dan power putaran atas lebih galak … ?

Sekarang monggo dikomentari, pilih motor sport bermesin DOHC atau SOHC … ?

Assalamu’alaikum …

Maaf jika ada kesalahan. Ambil sisi positifnya saja dan buang sisi negatifnya …

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di Membahas Mesin Atau Modif Mesin Motor, Motor Sport dan tag , . Tandai permalink.

49 Balasan ke Lebih Suka Motor Sport Bermesin DOHC Atau Bermesin SOHC ?

  1. Yoshi berkata:

    Nice share ganπŸ™‚

  2. syt87blog berkata:

    DOHC kayane siipp mas broe,,

  3. yudha depp berkata:

    saya enggak peduli mesin motor saya jenis apa,
    yang penting bisa jalan, bisa di ajak pelan,
    di bawa kenceeeeeng pun ayooooo
    http://yudhadepp.blogspot.com/2012/11/apakah-gue-fan-boy-yamaha.html?m=1

  4. bapakeVALKYLA berkata:

    saya gak mikir DOHC/SOHC…
    sesuaikan kebutuhan aja.. tinggal di perkotaan padat + jarang turing ya pilih SOHC. tp kalo tinggal jauh, sekali jalan bisa 50km PP, jalur tidak begitu padat ya pilih DOHC..

  5. asys fandi berkata:

    Dua-duanya bagus asal di tunjang design body dan rangka yg aduhai……….bermimpi dpt mesin DOHC 150cc rangka Deltabox body slim aduhai… sayang motor itu g dijual di mari…Pilihan paling dekat SOHC gpp lah…. yg penting enak dipandang…!!!

  6. sparing partner berkata:

    Maaf y bro, semua penjelasan diatas sepertinya sebagian besar adalah penjelasan untuk overbore dan overstroke…..

    tujuan utama dr dikembangkannya dohc adalah tuk meningkatkan power dan torsi tanpa menambah kapasitas mesin (cc) pada mesin yg spek nya overbore, walaupun ini bukan satu2 nya cara untuk hal itu……

    namun cara ini mendatangkan banyak keuntungan…..

    karna letak busi bisa diposisikan tepat di ubun2, mendorong objek dr posisi tengah lebih efektif dr pada di posisi pinggir (letak busi sohc di pinggir)…..

    pengaturan timing klep yg jumlahnya banyak bisa lebih
    advance dan presisi….

    overbore = distribusi tenaga puncak putaran atas = top speed

    overstroke = distribusi tenaga puncak putaran bawah = torsi/ akserlerasi

    square = power dan torsi merata…..

    dohc = peningkatan torsi dan power

    kira2 begitu bro, sy jg bisa aja salah, mohon koreksi….

    • Nofgi berkata:

      Bukannya setahu ane mesin SOHC torsinya lebih besar dari pada DOHC ? Ingat, pada motor Suzuki Inazuma 250 dan Honda Goldwing masih mengandalkan mesin SOHC. Itu dikarenakan kedua motor itu berbasisi motor touring dan mengandalkan torsi yg besar (CMIIW).

  7. axo92 berkata:

    sama2 enak..πŸ™„πŸ˜Ž

  8. sparing partner berkata:

    Maaf bro, klo ambil perbandingan antara motor ini dgn motor yg itu agak susah bro, karna banyak hal yg membedakan…..

    gw250 sohc 2 silinder torsi 24 nm overstroke
    cbr250 dohc 1 silinder torsi 23 nm overbore

    menarik nih antara gw250 dgn cbr250….

    Btw…. namun yg jelas perbandingan antara torsi dan power ditentukan dari bore x stroke nya,
    bore = power
    stroke = torsi

    nah kenapa rata2 dohc menghasilkan torsi yg lbh kecil dr sohc, karna dohc paling efektif diterapkan di mesin overbore dan secara otomatis konsentrasinya lebih ke power ketmbang torsi karna overbore nya….

    sebagai pembainding harley xr 1200 2 silinder torsi 100 nm @3700 rpm

    dan goldwing gl 1200 4 silinder torsi 105 nm @5500 rpm

    klo dilihat dr silindernya seharusnya torsi goldwing 1200 jauh diatas xr1200 namun ternyata cm beda 5 nm (maaf sy bilang CUMA, karna tuk cc 1000 keatas beda 5 nm ga signifikan seperti beda cc antara 1000cc dan 1010cc)

    knp ? karna goldwing overbore dan harley xr1200 overstroke…

    nah seandainya goldwing jg overstroke, sy yakin torsinya akan tembus di angka -+ 120 nm….

    kesimpulan sy, penentu torsi bawah atau power atas adalah bore x stroke, Dohc adalah cara meningkatkan power dan torsi namun lebih ke power…..

    • Nofgi berkata:

      Yaps overbore atau pun overstroke memang juga berpengaruh.
      Kalau menurut saya sih DOHC relatif lebih kecil karena rantai keteng harus menarik dua noken as sekaligus, jadi power baru kerasa di putaran atas. Sedangkan pada SOHC rantai keteng hanya menarik satu noken as, jadi putaran bawah lebih mantab (IMHO,CMIIW).

      • sparing partner berkata:

        Boleh nyambung lg kan bro….? hehehe…

        Walau terbebani oleh noken as yg bertambah 1 jumlahnya, namun lumayan terkompensasi oleh letak busi yg ada di tengah…..

        secara teori, mesin R15 yg sekarang bisa mengapikasikan dohc dgn perhitungan yg matang tanpa mengubah bore x stroke nya, maka torsi dan power akan meningkat, namun sayangnya besar peningkatan tidak sebanding dengan besar biaya yg dibutuhkan tuk mengaplikasikan dohc tersebut….
        ditambah ada pergeseran peak torsi dan power di rpm, yg tadinya puncak torsi bisa digapai pd rpm rendah jd geser ke rpm yg lebih tinggi, sedangkan tujuan desain overstroke adalah meraih torsi puncak pada rpm serendah mungkin…..

        lagi pula masih ada cara lain yg bisa diterapkan jika hanya tuk meningkatkan torsi dan power tanpa membutuhkan biaya yg besar,……

        last… cbr150 dr faktor bore x stroke didesain tuk hi speed….. Dohc memaksimalkan tujuan tersebut…..

        R15 dr faktor bore x stroke didesain tuk akselerari….
        Sohc “4 valvenya” memaksimalkan power yg kurang menonjol akibat dr stroke nya…..

        yg menarik buat sy, dgn dohc yg tetap namun seandainya bore x stroke dan rasio gear serta final gear nya di desain sama dgn R15, apakah kekuatan akselerasi R15 bisa tetap mengungguli cbr150…..?
        atau seandainya dibalik jika R15 tetap sohc 4 valve, namun bore x stroke, dan rasio serta final gear di buat sma dgn cbr150, apakah tetap R15 bisa unggul akserasinya ?

      • Nofgi berkata:

        Wah pertanyaan yg sulit nih, kalau bukan mekanik handal bisa sulit njawab secara tepat …

  9. kankkunk berkata:

    kayaknya SOHC joss..tapi bukan yang biasa..SOHC unicam mantep..πŸ˜€

  10. bimo96 berkata:

    ane selama ini punua SOHC dan pengen punya DOHCπŸ˜€

  11. kensanders99 berkata:

    Kalo ane dukung yg di rumah aja “SOHC 2 BUSI” Joooooossssss!!!!!!

  12. Anonim berkata:

    Mas, vixi pake SOHC 4 valve.. Jd putaran atas jg lebih garang drpd SOHC 2 valve

  13. zul fauzi berkata:

    motorku 2 yang satu DOHC yang satu SOHC

    yang DOHC lebih galak
    yang SOHC lebih empuk
    πŸ˜€

    http://zulfauzi.blogspot.com/2012/12/bikin-kencang-thundie-125-part-2-final.html

  14. Anonim berkata:

    suzi thunder 125 over bore,cs1 over bore keduanya sohc .powernya dapet di putaran atas sekitar 9000 rpm ke atas.akselerasinya lembut,rpmnya bisa tinggi.top speed bisa120-140kpj tapi butuh jalan yang datar,dapet top speednya cukup lama.munkin cocok untuk jalan yang g stop n go

  15. Anonim berkata:

    Dohc power +

  16. Anonim berkata:

    yang sering keluar malam pasti DOHC dong,jalanan sepi..tp inget safety riding yahπŸ™‚

  17. Anonim berkata:

    thank’s infonye brow!!!

  18. Rio apriyadi berkata:

    Pastinya mantap MX

  19. wahid aviation berkata:

    kalau Q lbh ska mesin doch dg design square,& mmpu menghasikn tenaga sesuai dgn rpmx,mkn tinggi rpm mkn bsar tnagx&power full diperoleh pd putaran max, EFI/PGM-FI,MULTI valves(5valves/cylnder),liquid coolled(radiator+electric fan),efisiensi volumetric ditingkt kn mencpai 32%+sama dgn mesin audi quattro coupe yg mmpu menghsilkan tenaga 216 watt/cc x,&mmpu mencapai 640hp max powerx hx dng kapasitas 220
    cc 5cyl,rpm max diatas 14000 rpm

  20. tiasa berkata:

    Maaf kl sok tau, bukannya yg dibahas ini lebih tepatnya beda mesin overstroke dan overbore, krn spt mesin cs1 walaupun sohc tp krn overbore karakter mesinnya beda dgn vixion.

  21. ryon berkata:

    dohc lebih boros dr sohc..? blm baca artikel nya tmcblog nih…
    semua kekurangan dohc sudah hilang di cbr150r lokal om..

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s