Mesin Overheat Bikin Performa Motor Jadi Turun … ?

Foto1509 - Copy

Assalamu’alaikum …

Sorry ya bro/sis, baru bikin artikel. Soalnya beberapa hari ane lagi agak galau mikirin seseorang sehingga bikin ane agak males nulis artikel hehehe …

Perjalanan pergi ke Water Park Sidoarjo lalu menginspirasi ane buat nulis artikel ini. Yaps … Dalam perjalanan pulang, si Vixion ane indikator merahnya menyala tanda mesin telah “Overheat” alias suhu mesin terlalu tinggi (Boso kasarane kepanasan hehehe).

Saat mengalami overheat, NP merasa peforma si Hitam agak menurun, nafas jadi lebih pendek dan mesin tambah kasar (IMHO). Mengetahui hal tersebut, NP pun minggir dan mematikan mesi si Hitam sejenak agar suhunya agak turun. Setelah menunggu beberapa menit, NP nyalain lagi kontak ke posisi on. Terlihat indikator merah gak nyala lagi, berarti suhu mesin sudah gak overheat lagi … Alhamdulillah …

Dari peristiwa ini, NP jadi tahu bahwa peforma mesin bisa aja malah turun kalau suhunya kelewatan tinggi alias “Overheat”. Atau malah overheat ini jika dibiarkan terus, malah bisa aja merusak komponen motor. Mungkin saat overheat, kinerja oli mesin menjadi turun sehingga pelumasan kurang maksimal, jadi peforma mesin pun gak segalak saat mesin dalam suhu normal (IMHO, CMIIW).

So … Jika motor sobat mengalami overheat, silahkan minggir dan matikan sebentar mesin motor sobat sampai suhunya menurun. Jika dipaksa jalan terus, malah gak baik lho … Dan khusus bagi pengendara motor Vixion kayak NP, jika indikator suhu mesin yang warna merah nyala, monggo minggir dan matikan mesin selama beberapa menit (Insha Allah 5-10 menit) agar suhu mesin menjadi turun dan gak overheat lagi.

Bonus penampakan foto ane di depan Water Park Sodoarjo hehehe …

Style0007 - Copy

Mantaaabbb bro hehehe … Jika punya pengalaman soal mesin overheat, share di sini ya …

Monggo dikomentari …

Assalamu’alaikum …

 

Maaf jika ada kesalahan. Ambil sisi positifnya saja dan buang sisi negatifnya …

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di Membahas Mesin Atau Modif Mesin Motor, Motor Sport, Vixion, Yamaha dan tag , , , , , . Tandai permalink.

42 Balasan ke Mesin Overheat Bikin Performa Motor Jadi Turun … ?

  1. yudha depp berkata:

    Gimana dengan air radiatornya???
    kapan terakhir gantinya, mana tau saking lamanya
    kualitas menurun jadi kerja kurang optimal
    buat mesin jadi adem
    http://yudhadepp.blogspot.com/2012/12/yamaha-indonesia-koq-gitu-sih.html?m=1

  2. rusmanjay berkata:

    fairingnya menghambat aliran udara

  3. bapakeVALKYLA berkata:

    fairingnya agak dicoak di bagian samping biar udara keluar….
    tp ya jadi wagu sih…😀

  4. 2in4 berkata:

    pake fairing yang ada corong filter.. macam R1.. trus dimodif corongnya mengarah ke sirip radiator… imho

  5. gasfuel berkata:

    bikin kaya jupie mx lama bro, coba liat di bagian samping dekat spakbor depan, ada bagian yg agak menonjol keluar untuk menangkap angin. cara itu juga ane pake di fu ane untuk mengarahkan angin ke oil cooler.

  6. Nobita berkata:

    mesin yamaha klo kepanasan atau overheat pasti performanya akan menurun, bahkan bisa ambrol klo di paksa terus…..

    beda dengan honda…. !!!😆
    Kalau motor honda itu semakin panas semakin kencang….
    overheat pun malah semakin kencang…., sampai melelah pun makin tambah kencang…
    betul opo ora…???

    ****ngakakz….., ingat motor makin panas makin kencang…

  7. wah overheat??? ati ati tuh, suka dijadiin bahan BC sama para FBH, kalo honda kan punya mitos, “mesin makin panas, makin sip tenaganya”😆

  8. mr.you berkata:

    oalah ini tho yg pny warung..setelah riding brp jam tu piksen bisa overheat?modif fairing beresiko,ati2 aja.

    • Nofgi berkata:

      Mungkin ya kurang lebih satu jaman sob (kondisi agak ngebut dan sering pindahin gigi)… Itulah resiko pakai full fairing.

      • penggemar ninja berkata:

        bukannya klo ngebut, lebih bagus, ketimbang macet2an..lebih gampng over heatnya karena ngak ada angin dari buat dinginin radiator..tapi kenapa dibawa ngebut justru over heat..?

        binun….???

      • Nofgi berkata:

        Bukan ngebutnya, kayaknya karena ane itu lagi selap-selip dikeramaian jalan dan musti oper gigi secara ekstream …

  9. Hary berkata:

    Ane kalau riding kira2 1 jam, dan lebih sering kena macet
    selalu istirahat 5 menit mematikan motor untuk mendinginkan mesin.
    Hanya buat jaga2 saja. Kecuali jalan agak lancar, ga pakai istirahat
    Motor ane pakai half fairing.

  10. andhika berkata:

    Fairingnya bro.
    Untuk pemasangannya harus perhatikan aliran udara ke radiator.
    Shock depan yang diturunin juga tidak dianjurkan karena menghambat aliran udara.
    Baru kali ini baca ada pigson overheat.

    • Nofgi berkata:

      Wkwkwk … Shock depan ane pendekin biar tampilan makin kekar dan keren masbro …
      Itulah resiko motor modif … Yg penting masih keren dan kenceng deh …

  11. kankkunk berkata:

    setuju kang kalo overheat nyebabin performa menurun..pengalaman bawa cs1 indikator panas di 5 bar aja tarikan udah nggak enak..kemarin solusiku ya mesin dimatiin, kontak di-on-kan, jadi kipas muter buat nurunin panas..maklum cuma kepikiran itu..:mrgreen:

  12. redbike92 berkata:

    wah rumahku cedek Sun City bro hahaha
    btw, kalau motorku overheat gimana ya gejalanya
    indikator nya kan gak ada😀
    malah kalau mesinnya kedinginan, tarikannya jadi gak enak:mrgreen:
    btw makasih bro infonya hehe

  13. Muhammad Aulia berkata:

    radiatornya bermasalah kali tu bre

  14. Slow_down berkata:

    ane pernah overheat pake motor bebek non radiator.
    gejala yg timbul mesin masih nyala namun tidak bisa berlari.

    diamkan 15 menit jalan lagi, ehhh jalan 30 menit gitu lagi. akhirnya ini siatif service besar.

  15. Anonim berkata:

    untuk pelindung radiator juga cukup berpengaruh terjadinya over heating apa lagi pada kondisi jalanan yang macet, sebaiknya menggunakan pelindung radiator yang gak rapet lubang udaranya sehingga proses pertukaran panasnya lebih maksimal. selain itu juga klo oli yamalube setelah pemakaian hampir mendekati 1000 km performa nya sudah jelek, pelumasan yang tepatpun perlu diperhitungkan.

  16. Bang jjos berkata:

    Air radiator klog abis .cari taunya drimana. Dan d ganti pkek aer biasa bisa gak?

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s