Assalamu’alaikum …
Jumpa lagi nih sob …
Mari yuk bahas dua motor sport yang lagi panas-panasnya dibincangkan, siapa lagi kalau bukan si “Yamaha New Vixion Lightning dan Honda CB150R Streetfire” … !!! Dua motor yang bikin para FBH dan FBY saling beradu hehehe …
Kali ini NP mau bahas peforma kedua motor sport ini. Bukan melalui tes ride atau adu di lintasan, melainkan hanya melalui tabel spesifikasinya aja. Maklum blogger ecek-ecek kayak gini mana mungkin diundang tes ridenya hehehe …
Pertama, mari kita amati tabel spesifikasi si New Vixion Lightning …
Heeemmm … Tampilan website Yamaha lumayan bagus ya … ? Gak polosan (gak kayak pabrikan sebelah).
Setelah NP amati, di situ tertera bahwa New Vixion Lightning mempunyai daya maksimum : 16,59 PS/8.500 RPM dan Torsi maksimum : 14,5nm/7.500 RPM.
Heeemmm … Power dan torsinya cukup lumayan yah jika dibandingkan dengan Vixion lawas … ? Terjadi peningkatan peforma tu … Buat pemilik Vixion lawas, waspadalah … Waspadalah ….. Hehehe …..
Sekarang giliran kita amati data spesifikasi dari si Honda CB150R Streetfire, yuk mariii …

Sumber : http://www.astra-honda.com/index.php/product/popup/62Sorry gan, gambar kekecilan ya … ? ^ ^
Wah payah nih, tabel spesifikasi di website Honda kurang menarik nih, gak kayak di website Yamaha … Polosan nih … (IMHO lho ya …).
Terlihat di tabel spesifikasi, Daya maksimum : 17,0 PS/10.00 RPM dan Torsi maksimum : 13,1 NM/8.000 RPM. Wah luamayan mantab juga nih, maklum kan uda didukung oleh mesin DOHC overbore yang katanya turunan dari si CBR150.
Kesimpulan :
So, dari kedua data di atas, dapat NP simpulkan bahwa New Vixion Lightning ungul dalam segi Torsi dan meskipun dalam segi Daya Maksimum New Vixion kalah tipis, tapi tampaknya power lebih mudah dikail pada RPM bawah. Jadi kayaknya New Vixion mantab buat jalanan stop and go nih … IMHO lo ya …
Dan CB150R Streetfire, ungul tipis dalam segi Daya Maksimum, namun untuk mencapai power segitu, perlu RPM atas untuk mendapatkannya. Dan dari segi Torsi, meskipun nilai torsi maksimum CB150R kalah unggul, namun tetap luamayanlah … Jadi kayaknya CB150R Streetfire lebih mantab jika digunakan di trek yang lurus dan panjang … IMHO lho ya …
Tapi tentu masih ada faktor lain yang mempengaruhi peforma motor saat diajak berakselerasi di jalan, misalnya bobot motor, bobot rider, skill rider, aerodinamika, dan lain-lain.
So, bagi yang suka motor sport dengan torsi besar dan cocok buat jalanan stop and go, New Vixion bisa menjadi pilihan nih. Dan bagi yang suka motor sport berkarakter power besar di putaran atas, CB150R bisa jadi salah satu pilihan anda.
So, pilihan ada di sampean. Mau pilih torsi besar … ? Ataukah power mantab … ?
Pilih yang enak buat stop and go … ? Atau yang mantab buat lintasan lurus panjang … ?
Mau ngebut di mana … ? Hehehe …
Monggo dikomentari …
Assalamu’alaikum …
*Maaf jika ada kesalahan. Ambil sisi positifnya saja dan buang sisi negatifnya …
Ditambahi lg bro, bagi yg suka bersolek (modifikasi) trutama body NV lebih mudah n murah (tingggal ganti muka sma + engine cowl), klo CB150R emg lebih ke performa (penyuka speed freak). yg pnya byson mo upgrade ya ke v-ixion, yg punya FU mo upgrade ya ke CB150R. IMHO
Jangan lupa, modif letak nopol New Vixion juga.
Biar gak kayak koyok nempel di jidat hahaha …
Ganti head lamp dan plat nomer di rubah tempat nya… Plus kasih cover engine 🙂 http://vixy182.wordpress.com/2012/12/18/design-modifikasi-new-vixion-partii/
Siiippp masbro … ^ ^
naaahh…itu dia..,koyo nya lepas dulu… 😉
New vixion moge look gampang modif 😀
http://abdulapip.wordpress.com/2012/12/17/honda-cb150r-200m-tembus-10307-detik/
Siiippp ….. ^ ^
Like 😀
http://ridermatic.wordpress.com/2012/12/18/test-ride-vixion-lightning-di-pantai-papuma/
Siiippp ….. ^ ^
meskipun torsi new pigyson lebih gede buat CB final gear sudah di rubah jadi kalo CB150R bisa dapat rpm rendah maupun rpm tinggi tetep maknyus!!!
Monggo dibeli motornya, xixixi … ^ ^
Pertama………x nya kesalip.Hehehehehe.
Wkwkwk …
Masih kurang cepet masbro …
Chibi juga gampang disolek klo belinya cash, tinggal cat rangka sesuai keinginan tanpa perlu ganti cat body.
http://kphmph.wordpress.com/2012/12/18/opini-bensin-yang-cocok-untuk-cbr150r-adalah/
Siiippp …’
Biar teralisnya makin kentara.
Nanti kalo ada test ride di madiun nyobain satu2 ah hehe 😀
btw nu vixion keren ya dilihat dari samping. proporsional + futuristik
sayang hedlem nya 🙄
https://pangben.wordpress.com/2012/12/18/cb150r-tembus-17hp-cbr-gimana-dong/
Sayangnya kalau dilihat dari depan masih kurang sreg (IMHO).
piksen lampune sejajar sma tengki klo SF klihtannya masih sedikit diatas tengki; jdi ridingnya piksen jdi agk nunduk cmiiw
Iya kayaknya mas.
New Vixion uda ada di dealer tmpat kerja sampean ta ?
hmmm tetep nunggu P200NS ah
https://7leopold7.wordpress.com/2012/12/14/menutupi-aurat-ninja-250-fi/
Sayang lom di jual di Indonesia.
aku wis cukup pake vixy’07 wae, lagi nabung neng celengan semar buat bli yzr 250 th 2014…tapi kalo ada yang kasih gratis nvl ato cb150 yo tak trima..hehe ( cb150 n nvl sama2 cakep )
Wah, kalau gratis ane juga mau lah hehehe …
Yg sya kawatirkan ntar di jalanan ada fbh dan fby ngalay di jalan adu aksel dan kencang,wuihh sereemm..
Sereeemmm …
Jangan sampai terjadi deh …
Bro fairing vixi hitam ente beli di surabaya daerah mana ?? Ane mau beli new vixi n mau dikasih fairing. Mungkin ente ada saran ?
Beli di Mandiri Motor di Jl. Barata Jaya.
Modif konsep Streetfighter aja sob …
Punya ente itu nempel di deltabox nya atau tangki atau malah renggang ? Coz ft nya agak g jls bro ? 800rb kok murah bro ? Di tempat itu banyak pilihannya g bro ? Sory nie banyak nanya wkwkwkwkwk….. Ane pengennya modelnya agak sporty bro.
Banyak pilihan kok bro, punyaku ada ruang renggang dikit antara deltabox dan fairing, biar deltabox gak baret2 kena fairingnya.
Nempel di deltabox.
ok, thanks sob….
Siiippp … Sama2 …
vote for Vixion… CB150R nya nunggu yang versi kedua aja spaya lebih yakin.
Lho, knapa tunggu yg versi 2 sob ?
masih ada si Ijo soalnya di hum ha HA…. sama nunggu review owner biar ainulyakinn.. 😛
Wah si ijo nih apaan hayo … ?
Ninja series kah ?
Yang berasap om he he he..
Oallah …
Cukup itu aja uda kenceng sob …
CB 150 keren juga yaa, mesinnya terlihat lebih berisi ^_^
Iya, soalnya komtruksinya uda DOHC.
Iya, soalnya kontruksinya uda DOHC.
Om mau tnya untuk mesin DOHC dan SOHC dan melihat kompresi mesinya dari kedua motor tersebut untuk biaya perawatan,lebih gampang n murah mana ya…maklum anak petani nyarinya yg murah dan mudah…xixixixi
Untuk perawatan saya rasa sama aja kok masbro. Cuman part-part pada motor DOHC lebih rumit ketimbang di SOHC (CMIIW).
nvl sama cb150r kelihatan sporti mana mas bro………
Soal selera itu relatif masbro …
Cb150r ta trtandingi
ah sy mah untuk urusan teknologi motor dan kenyamanan serta durability honda aja dah untuk urusan motor…… untuk urusan mobil toyota aja dah…… tahun 80-90 aja honda dah nelurin CBR 250 4cylinder…biasa aja tuh… tenaganya hampir 2x lipat NInja 250 r sekarang… jadi menurut sy teknologi terkadang juga disesuaikan pada zaman dan segi kebutuhannya.. dulu aja yang katanya raja 2tak belum ada yang mampu nandingin power honda NSR150 SP 2tak… terkadang teknologi tidak dapat dibohongi…dan kita sebagai user teknologi harus bisa mencermati disesuaikan dengan kebutuhan kita.. pilihlah sesuai selera dan kebutuhan anda……………….. salam bikers…
Siiippp …
Sesuaikan power motor dengan kebutuhan juga isi dompet anda wkwkwk … ^ ^”
gimene mene tetep kerenen ninje bro…. lebih memikat lawan jenis….hhe
Bru pny ninja ajh belagu,,, urusin tuh asep kemana mana, polusi !!! Lebih muantep cbr600rr gw lha !!!
Wah punya motor belagu bget lu
vixion keren tp plat no nya kaya’ koyo sakit kepala…wkwkwkwk
tapi kan bisa dipindah di bawah bro
Ane gk mau ke 2 nya mas brow,
Soalnya blom kua beli.
yamaha nem vixion perfoma mesin lebih mantabb dari cb150r .. just for yamaha
kayax salah tu,masa vixion 14,1 nm,jgn fanatik yamaha dong,yg benar torsinya 13,1nm di 7500,kalau vixion lama 12,9 nm di 7500,and ada satu lagi gmna lingkar roda ban jg mempengaruhi performa jg lo.
Klo q y pilih cb150r.
Q kn jiwa pembalap .
Wong cbsf vs fu aja menang cbsf.
Padahal fu lebih ramping, bannya cungkring,udah boros,gc ada bagasinya, mesin udh sma dohc tpi sbsf kok tetep menang. Cbsf gila abis deh
terlalu melebihkan vixion buat torsi dan power,data tidak benar,bukannya torsi vixion 13,1nm/7500rpm,power 14,9dk/8500rpm,kalau saya lebih baik honda cb 150r torsi 13,1nm/8000rpm,power 17dk/10000rpm.secera cb udah dohc bro,engine turunan dohc gitu.
yang saya tau, perbandingan langkah x diameter piston CB dan NV beda, ini yg bikin karakternya beda. CB overbore, piston besar tapi langkah pendek, biasanya mesin begini bagus di putaran menengah atas n high speed. NV langkahnya lebih panjang, biasanya mesin gini bagus di jarak pendek n tanjakan. IMHO
inilah alasan (new pingsan luntung) pasang plat nopol di jidat.
:pusing karena udah kalah saing ma cbsf
:pusing mikir karena udah mesin lemot masih aja di gandolin ban gede.
:pusing karena bodynya malah dibikin cunkrink
wkkkkkkk………… bner gc?
Ada yang brani lawan saya dengan pake motor cb 150 r ayo … Jangan ngomong doang sama jangan teori yg di ungkap buktikan
Lu jual gua beli …
sabar cak…ojo kyok arek cilik..
biasa ae lah.
Saya brani 700 meter
Lu pke nvl
Taruhan motor ya njing ?
Cibi dahshat powerx….NVL cuma keren doank,,,NYESEL ane bli NVL ga bisa diajak perang…terpaksa ane jual kmaren ..ane baru sadar kalo honda itu RAJA 4 tak.
mampus tuh nvl , d sekolah ane cuman banci yang pake nvl
yang jelas aq pilih yamaha new VIXION dong,,,
orang goblok beli nvl,saya mending tuku cb150r murah,irit,gagah. “ tinggal ngonce cewek deh“
Yamaha semakin di depan, tapi cb150r selalu didepan tuh
Yg ngrasa punya NVl ayo tak tantang balap lawan cbsf. Standart’n aja, trek brapapun jaraknya tak layani
siapa yg kalah MOTOR DI BAKAR
gimana??
#ch rembang