Memang Benar Power CB150R Streetfire Kalah Dibandingkan Dengan Power New Vixion … !!!

Assalamu’alaikum …

Inilah sebuah realita, motor Overbore DOHC belum tentu bisa mengungguli motor Overstroke SOHC. Seperti pada mesin dua motor sport kelas 150cc yang lagi hot ini. Tak lain dan tak bukan realitanya Honda CB150R Streetfire kalah power dengan Yamaha New Vixion pada tes di dynamometer atau yang biasa disebut mesin dyno … !!!

Ckckck … Memang dulu blog : Rudy Triatmono Personal Blog pernah membuat artikel yang membahas bahwa power CB150R memang kalah dari New Vixion di tes dyno, dan ternyata itu benar … !!!

Jika sampean tidak percaya, coba cek kata-kata pada tulisan yang NP kutip dari : otomotifnet.com :

Tak cukup akselerasi dan top speed, kami juga penasaran dengan potensi mesin on wheel, makanya dites pakai dynamometer. Mengejutkan! Baik tenaga maupun torsi V-Ixion ternyata lebih besar dari CB150R!

Anda terkejut? Sama dong! Bahkan kami sampai mengukur di dua tempat berbeda. Pertama di-dyno milik Aerospeed, Jl. Haji Nawi 74, Jaksel. Kedua, di Sportisi Motorsport, Jl. Tenggiri 4A Rawamangun, Jaktim. Ternyata hasilnya identik, tetap lebih besar V-Ixion.

Tepatnya di dynamometer Dynojet 250i milik Sportisi tenaga V-Ixion 14,17 dk pada 8.850 rpm dan torsi 12,76 Nm pada 7.050 rpm. Sementara CB150R 13,45 dk pada 10.300 rpm torsi 10,83 Nm pada 7.800 rpm. Kedua motor kondisi standar pabrik dengan bahan bakar yang sama.

Tuh kan … Power dan Torsi si CB150R Streetfire jelas benar-benar di bawah New Vixion … !!!
Heeemmm … Hasil yang mengejutkan ya … ? Bahkan pihak otomotifnet.com sampai mengetesnya di dua tempat berbeda lho. Dan hasilnya ya tetap lebih besar New Vixion.

Tapi, saat dites racelogic, ternyata New Vixion masih kalah dengan Honda CB150R Streetfire. Seperti pada potongan artikel : otomotifnet.com

Hasil tes akselerasi, StreetFire unggul dari Lightning. Dites pakai Racelogic oleh 1 tester berpostur 173 cm 65 kg di bawah 0-60 km/jam StreetFire hanya butuh 3,8 detik. Sementara Lightning perlu 4,1 detik. Jarak 201 meter CB150R unggul dengan 11 detik, berbanding V-Ixion 11,3 detik. Sementara jarak 402 meter ditempuh oleh CB150R hanya 18,2 detik sedang V-Ixion 18,4 detik.

Top speed keduanya beda tipis, andalan Honda 135 km/jam sedang Yamaha 132 km/jam, dites dengan trek 1 km. Data lain ada di bawah.. Silahkan dilihat dan dibandingkan.

Tuh, New Vixion malah keok waktu dites racelogic …

Heeemmm … Ternyata saat diadu racelogic, malah New Vixion yang kalah. Maklum, mungkin ini karena New Vixion sudah memakai velg lebar dan ban gambot yang memang mempengaruhi akselerasi.

So, maaf, bukannya NP berpihak pada Yamaha atau menjadi FBY, tapi inilah realitanya. NP hanya mau berbagi tentang realita pengujian pada dua motor sport tersebut.

Inilah kenyataannya sobat. Motor DOHC belum tentu selalu lebih unggul dari motor SOHC. Masih ada faktor lainnya sob.

Jangan keburu terpancing emosi sobat. Ini hanya pengujian lewat mesin dyno. Kalau diadu balapan langsung di sirkuit khusus balap, tentu si CB150R bisa saja menang lawan New Vixion. Masih ada faktor lainnya sob … Misal bobot kendaraan, keahlian joki, kondisi mesin, suhu lingkungan, dan lain-lainnya.

Monggo berkomentar secara sopan dan positif :)
Komentar anda, tanggung jawab anda.

Wassalamu’alaikum …

********************

#Maaf jika ada kesalahan. Ambil sisi positifnya saja.

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Tulisan ini dipublikasikan di CB150R Streetfire, Honda, Membahas Mesin Atau Modif Mesin Motor, Motor Sport, Vixion, Yamaha dan tag , , , , , . Tandai permalink.

391 Balasan ke Memang Benar Power CB150R Streetfire Kalah Dibandingkan Dengan Power New Vixion … !!!

  1. nauval berkata:

    Jd ingat bln Mei kmrin.. saat ada cb150 gaya2 nelikung nyalip vixionku di dekat terminal maospati tp aku biarkan aj smbil trus membuntuti. pas lampu merah Sukomoro Magetan sama2 berhenti aku turun tak jotosi tu anak.. trnyata baru 2x udah jatuh dia.. trnyata cemen cuma segitu aj. ternyata merk motor bukan ukuran keperkasaan laki2 bro. :-D :-D

    • Anonymous berkata:

      Sama gan, kemaren jg ada new vixion yg nyalip sambil geber” ane
      Ane buntutin terus dr belakang sepanjang jalan daan mogot, tp ga ane potong
      Terakhir nya pas ane geber”in dia angkat tangan minta maaf
      Ternyata rider ga segagah motor nya
      Hehe

  2. sudibyo prayitno berkata:

    untung saya naek honda beat jadi jalannye slow” aje yg penting sampe hehehe

  3. konsumen honda dari tahun1984 berkata:

    yamaha semakin di depan …….????
    tp HONDA juara 1 dalam jualan
    hahahhah
    klq untuk ktahana mesin jelas honda paling unggul,coba agan* cari,mana ada yamaha tahun 70’an lewat d jalanan ….?????
    klq honda ane yakin pasti agan* dah pernah liat bahkan punya :D
    so HONDA namber 1

  4. kunkun berkata:

    cb vixi atopun fu tetep aj masih kalah kenceng sama mercon

  5. ucok berkata:

    Knp ga ilang2 kegoblokan indonesia ini ya
    Beda merek pabrikan motor ja bisa brantam
    Astaga, ntah apa untungnya
    Untung ga laku yg bgituan di Medan

  6. ogi berkata:

    ya iya lah yg punya cbsf banggain cbsf nya yg punya Nvl banggain Nvl nya
    masing2 motor punya kelebihan dan kekurangan masing2 , tes pake dyno itu cma mngungkap spesifikasi motor aja , ya Nvl emang unggul , tp klo d tes ride itu ya banyak faktor knpa motor yg di tes dyno lbih unggul itu kalah , slah satu fktor adalah beban masing2 motor, joki, bahan bakar . ayo dong lbih dwasa dikit bahas nya jangan asal xeplos kyk anak sd aja

  7. Anonymous berkata:

    kalo performa lebih bagus v-tion mengapa yang terjual banyak cb150r ya

  8. Anonymous berkata:

    Untung di sumbawa masih banyak yang pake kuda

  9. dian p berkata:

    hmm. aku punya kedua nya ayah punya cb150 thn 2013 dan aku punya vixion 2014 . klo buat harian sih enak vixion . tarik dikit lagsung nyus tapi saat di buat kencang cb jago nya karna torsi nya di atas rpm tinggi . jadi klo buat ngebut sih mantap cb klo buat santai enak vixion . .karakter dohc sin mantap rpm juga mengerikan dimana torsi motor ngisi terus dampai rpm 10000. klo vixion rpm 8000 dah lembek kehabidan tenaga

  10. Anonymous berkata:

    ane tetep pilih nevil

  11. Anonymous berkata:

    vixion payah.kalah ma ninja rr ku cemen vixion

  12. ardian berkata:

    Saya punya cb emag torsi terasa enak pada wixion pada rpm rendah . Karna karakter vixion yang over steoke . Kalau cb mah enak baget buat betot betot an rpm cepat sekali naik nya beda ma vixion

  13. anwar berkata:

    Aku pakek revo 110 cc vixi am cbr kalah tu waktu ngisi minyak

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s