Asssalamualaikum.
Mau share aja nih sob. Uda tahu si BH kan ? Yaps, tu motor old Vixion kesayangan ane hehehe … Dulnya sih si BH ini rutin diisi “Pertamax”, menyesuaikan kompresi mesin gitu. Tapi berhbung akhir-akhir ini NP lagi dilanda krisis ekonomi, ya terpaksa si BH dicekokin “Premium” aja deh hehehe …
Nah, ternyata pakai Premium di motor yang punya kompresi cukup tinggi itu punya dampak negatif lho. Kalau menurut NP sih, dampak negatif yang bisa cepat terasa adalah menurunnya peforma motor. Nah hal ini lah yang uda NP rasakan.
Semenjak pakai Premium, ane merasa si BH tarikannya lebih lemot sob. Seperti nggak segarang tarikannya dulu pas pakai Pertamax. Bahkan saat NP pakai boncengan, tarikannya tersa bagai naik motor bebek. Welleh-welleh, padahal tau sendiri kan kalau akselerasi old Vixion itu cukup garang untuk motor 150cc 4 tak di Indonesia.
Nah, kalau dampak negatif jangka panjang sih bisa lebih buruk lagi sob. Thortle body mungkin bisa aja kotor dan mesin juga bisa ngelitik. Kan mesin 10.40:1 kurang cocok kalau pakai Premium.
Ya itulah sekelumit pendapat NP. Doakan NP biar ditambah rezekinya ya sob … Biar bisa beli Pertamax lagi hehehe …
Punya pengalaman mirip NP … ? Monggo dishare …..
Wassalamualaikum.
********************
#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :
Facebook : Nofgi Motor Sport
E-Mail : Nofgimotor@gmail.com
saya pake campuran pertamax dan premium. perbandingannya menyesuaikan kondisi kantong
PertaMix hehehe.
Pertamax oplosan.
Wakakak…ane pake motor Honda win pake pertamax 25rb bisa 1 minggu…pertamax emang maknyuss…
Wah hebat, meski pakek Honda Win tapi bensinnya Pertamax hehe …
Motor ane pake P+ bisa sebulan lebih loh….
performance mesin emang sangat beda antara premium dan pertamax. bukti kalo premium itu sangat buruk kualitasnya.
Ada harga, ada rupa …
vote pertamax or super
Kalau Shell di sini langka A’.
Pakek yg lokal aja, cinta Indonesia hehehe.
betull… ada harga ada rupa 😀
Hehe, iya bro.
amiinn
Makasih om Taufik.
begitulah, tp klo divixi ane kok aneh y, giliran full pertamax jd serasa lemod ><
Wallah, kok malah gitu ?
Sama gan di vixi ane juga gtu. Klau pke prtamax lemot. Tp kalau pke premium ngabret.
100% pertamax jg g bagus sih buat vixi, mengingat vixi g tahan panas ..
Masa sih bro? NVL ane pake 100% pertamax bwt riding 3 jam non stop enak aja tuh..ga da gejala overheat
Kalau standart sih ya tahan panas, kan da pakai radoiator.
Entah kalau modifan kayak punya ane.
motor NVL ane ngelitik gara2 pake premium T_T
Nah, itu juga dampak negatifnya.
Saya premium..
Motornya ?
sejak pakai filter ferox beberapa bulan yg lalu, vixi ane rajin minum pertamax plus sekalian (kalau secara kompresi mungkin ga masuk, plus terlalu hi spec), kalau di pom ga ada ya dikasih pertamax. maksud hati biar performa naik, tapi perasaan biasa aja. ngga ada pengaruh kenaikan performa yg signifikan, dibanding dulu yg cuma minum premium, hehe
oya, katanya campur2 bensin beda oktan ngga boleh ya Bro?
Coba setting CO.nya.
Menurut ane boleh aja dicampur, asal masih satu merk yaitu Sama-sama produksi Pertamina.
Kalau bensin Pertamina campur Shell itu yg gak boleh. (CMIIW).
ane pake campuran pertamax plus sama premium pake perbandingan biar oktannya sama kayak pertamax. lumayan buat 10liter campuran selisih 10rb sama harga pertamax.hehe
Wah ane pernah dengar cara itu, cuman sayang Pertamax Plus langka di sini.
kalau pom bensin ga jualan pertamax gimana?
Pakek Octan Booster.
Masih mending NVL mau minum pertamax, motor 150cc ane kompresi hampir 11 harus setara pertamax plus atau shell vpower kalau enggak panas mesin berasa banget dan gak ada tarikannya….
Ane tebak otor ente C*150R atau C**150 ya sob ? Hehe.
Old vixion, throtle body kotor bgt. Top speed cuma 100km/jam on spido.
Skrg dah tak tuker ma NVL kang
http://wongndeso1994.wordpress.com/2013/09/03/buntut-wereng-nvl/
Kalau kotor, bersihin ke beres aja.
emng rada ga tega pake premium, makanya dr kluar dealer ni NVL langsung dicekokin shell super…
cuma ya gitu, kompresi 10.4 aja minum premium bisa jebol, gimana yang kompresi diatas 11 dengan label “premium ready”?
Sebenarnya motor-motor di Indonesia kebanyakan sudah disetting agar bisa pakek Premium, tapi ya tetep aja kurang baik n kurang cocok.
Lebih baiknya sesuaikan dengan kompresi mesin, kalau terpaksa atau nggak ada duit kayak ane sih ya terpaksa dicekokin Premium hehehe.
Ya semoga ke depannya bisa pakai Pertamax kayak dulu lagi.
daripada murni premium mending campur sama pertamax bro…
pernah baca di kaskus klo kompresi vixion masih bisa pake bensin pretamax(premium+pertamax)
cuma lupa perbandingannya brapa2..
ya bro..campur saja permium+pertamax….mungkin awalnya mau irit pake premium tapi ongkos perawatan ke depannya lebih mahal.
Oplosan … Oplosan … Hahaha …
saya masih setia shell super…
klo pake pertamax-masih ada gejala sedikit overheat….
pake shell super atau pertamax juga ada pengaruh, lebih irit…
yang enak pake shell super campur shell vpower….
Pengen coba Shell ane, tapi lokasi yg jual jauuuh …
Bro biasa isi shell brp duit dan kuat brapa hari? Kalo cmn pemakaian sehari” tks
motor ane gak cocok pake pertamax. kalo pake pertamax mesin gampang panas…
Klo new scorpio pake pertamax emg beda bgtz gan..pertamax jauh lbih josgandos..hehehe, tp trgntung pulus jg gan.
Hehehe, tergantung isi dompet anda.
motor ane pake pertamax sama premium habisnya sama wae. cuma beda diperforma ajah.hehehehe… mungkin karena bebek kali yah..
Hehehe, jangan lupa isi dompet juga bisa beda haha …
Kalo ane pake shell power gan…
Lebih trjangkau tarikan itu.
Tapi anehnya, kalo pkek shell v-power, tarikannya lebih berat..
Itu knapa ya??
ya bro memang klo pake v-power tarikan seperti agak tertahan, makanya kadang saya campur bro super sama v-power.
kelebihan v-power apa bro makany perlu dcampur dgn super..?
postingan kuno…..!
skrg jaman ny carbon cleaner……
klo yg duit pas2an mndg premium + crbon cleaner..
klo ente pny duit lbih y slhkan pk prtamax.. dn gx prlu lg crbon cleaner…
mau tanya…kalo NVL ganti filter misal pake filter merk Ferr*x harus setting CO lagi????
Lebih baiknya setting CO.
tp tidak juga pertamax itu lebih baik dari premium bro. tergantung kompresi mesinnya, jika kompresi rendah, mesin akan overheat trutama panasnya knalpot bener2 lain,, pluss motor saat putaran tinggi gak mau lari. gantian dikasih bensin malah bisa bagus topspeednya. mungkin akan terjadi sebaliknya jika kompresi tinggi…
Ada baiknya sesuaikan sama kompresi mesin.
Vario 125 kompresinya 11,0:1 lo…
Tp ane selang seling aja, sehari isi premium, sehari isi pertamax….
N per 15000km cuci trotel body.
Ok wes, coba bersihin sendiri pakai carburator cleaner.
.Vario 125 kompresinya 11,0:1 lo…
Tp ane selang seling aja, sehari isi premium, sehari isi pertamax….
N per 15000km cuci trotel body.
Biarpun cuma mtor buntut ..ane sering rutin isi pertamax..dampaknya bener2 joss..mtor di geber awan bengi,mesin alus,awet ora mrotoli..(halah)
Hehehe … Siiiiippp wes kang.
di stnk kan premium, yaudah aja premium
bener gan mtr ane jga sama biasa pake pertamax mtr ane pake premium jdi gak enak banget.
pake norival . sob
Kalo sekarang ane pake pertamax terus,isi premium nanggung 6500,sekalian aja pertamax.
Tenaga lebih jos,lebih irit dari premium malah menurut ane.
ane NVL gan tapi pake premium dampak kedepanya gimana ? klo di campur gpp gan ?
motor ane masih baru 1 bulan baru servis gratis seminggu lalu hehe :v
Premium g ada masalah, coba kasih DEXON1 cukup 3 tetes bikin premium setara PERTAMAX belum lagi bikin irit sob sampai 30% buktikan sendiri, ribuan orang sdh buktikan. info http://www.dexonesia.com/?reg=djanuarisidji or invite pin ane 74da9ca9
Itu make stang merek apa bro?