Mengapa Mesin Kasar Saat Pakai Bensin Pertamax … ???

Assalamualaikum.

Sorry sob, lama nggak nulis artikel di blog ecek-ecekan ini. Maklum da kelas 12 SMA, tugas numpuk masbro hehehe.

Kalau dulu NP sempat pakai BBM jenis Premiaum buat si BH, Alhamdulillah, sekarang uda pakai BBM Pertamax lagi sob … Alhamdulillah keuanggan uda agak stabil, jadi bisa mampir ke SPBU dan isi Pertamax.

Sebenarnya sih da lama NP rasain kejanggalan di mesin saat pakai Pertamax, tapi baru sempat ngeshare sekarang.

Bagi sampean pembesut Yamaha OVI (Old Vixion) atau NVL (New Vixion), pernahkah sampean merasa mesin menjadi lebih cepat kasar dibanding saat pakai Premium ?

snapshot20130902165837 - Copy

Kejanggalan ini uda NP rasakan dari dulu sob, soalnya si BH uda lama pakai Pertamax. Entah kenapa mesin jadi lebih cepat kasar sob. Apalagi kalau suhu lingkungan lagi panas banget. Kasar amat deh tu mesin.

Hipotesis NP sih gini. Pakai Pertamax kan bisa bikin Sushu suhu mesin jadi cepet panas, nah inilah yang bikin mesin jadi cepet kasar. Maklum sob, semakin tinggi suhu motor lansiran Yamaha tersebut, maka peformanya malah bisa turun dan makin kasar. Ya karena suhu panas itulah yang bikin mesin jadi kasar. Apalagi si BH uda pakai jilbab alias fairing, makanya suhu jadi makin panas.

Hipotesis lain sih karena faktor olinya. Mungkin Yamalube Sport kurang mumpuni untuk meredam suhu mesin. Jadi kasar deh.

Itu sekedar Hipotesis NP. Barangkali para pembaca ada yang bisa bantu NP, monggo dishare saja pendapatnya.

Wassalamualaikum.

********************

#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :

Facebook   : Nofgi Motor Sport
E-Mail         : Nofgimotor@gmail.com

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di Motor Sport, Vixion, Yamaha dan tag , , , . Tandai permalink.

74 Balasan ke Mengapa Mesin Kasar Saat Pakai Bensin Pertamax … ???

  1. rusman berkata:

    kalau persa saya pake oli yang API SL, mesin kasar jadi berkurang

  2. gasspoll83 berkata:

    saya sih normalnya malah lebih halus hentakan lebih oke dibanding premium kalo lebih panas sih mungkin ya oh ia saya juga sudah pake fairing ninja dan oli yamalube

  3. baumregnen berkata:

    sama2 penunggang old vixion mas bro.
    pengalaman ane dulu pas pake oli yg bro pake sekarang ini mesin emg cepet bgt panas.
    sering nyala tu kipas radiator pas macet2an di sby.
    dengan catatan ovi ane diminumi pertamax plus (alhamdulillah rejeki ada).
    tapi begitu ane nyari tau oli2 yg bagus di internet, barulah ane tau ternyata oli y*malube trmasuk kurang bagus (imho, opini bnyk orang jg).
    ane coba ganti, kebetulan hrga nda beda jauh jg (ekonomis bwt ane), pake end*ro r*cing 10W40 mayan berkurang bgt tu mesin panas. (alhamdulillah pikir ane)
    emg lebih mahal, tpi mayan lah hasilnya, mungkin sama jg klo pake sh*ll adv*nce, dll gt deh.
    sory panjang, bukan promosi tapi berbagi.🙂
    salam kenal bro, ane jg di sidoarjo.

    • Nofgi berkata:

      Wah mantab mas penjelasannya
      Sebenarnya ane juga berpaling dari Yamalube n coba oli lain.
      Tapi masih galau soal pilihannya. Pilih Shell, Enduro, atau Motul ya ? Kalau Motul harganya tinggi benget tapi hehehe.

      • baumregnen berkata:

        Sip2.
        Ya ada harga ada rupa bro.
        Hehe
        Imho y,ane jg prnah baca2 di forum2 motor,shell sma enduro hmpir sma feelnya.
        Secara hrga jg nda bda trlalu jauh,cmiiw.
        Tpi klo motul,dri hrga uda bda jauh bgt,emg enk bgt kta org2.
        Hoho
        Klo ane milih enduro aja,hrganya lbi murah dri shell di daerah ane.
        Lgian mtor ksayangan jg bwt harian aja,jrg bwt kenceng2.🙂
        Bukan promosi lho y.

    • Nofgi berkata:

      Mantab wes bro.
      Ngumpulin duit dulu hehehe …

  4. rizki berkata:

    bro, ane pake NVL.
    awal2 pake premium. kipas radiator kadang suka nyala pas dipake jalan2.
    nah, setelah lam pake pertamax, baru2 sadar belakangan sih. kok ga pernah tau kipas muter lagi ya?
    padahal kadang suhu panas mesin udah kerasa dikitar betis sampe paha dikit.

    apa kipasnya mati ya?ada solusi ga?

    *maaf newbie :S

    • Nofgi berkata:

      Lho, setahu ane pakai Pertamax malah cepet panas mesinnya.
      Coba sampean ajak jalan jauh, kalau kipasnya nggak muter juga, berarti ada masalah.

    • Anonim berkata:

      pasti nyala tapi kemungkinan situ ga nyadar sob, karna kalo ga nyala hampir pasti overheat sob, lampu indikator yg merahnya nyala nyala

    • imanul berkata:

      coba cek thermosensor (bukan thermostat), itu letaknya di dekat busi, terbuat dari kuningan. Part ini yg mengatur otomatisnya kipas radiator. Biasanya sudah lemah (hambatannya bertambah sehingga perlu panas lebih tinggi agar terconnect dan kipas menyala). Pengalaman pribadi😉

  5. v4hn berkata:

    bro yang ga cocok itu olinya, olinya ga bisa ngeredam panas dari mesin akibat penggunaan pertamax. tau sendiri khan, pertamax ningkatin performa mesin yang akhirnya juga ningkatin panas mesin…
    saran pertama ganti oli yang lebih berkualitas…
    NVL ane sebelumnya pake yamalube gold, pas nyampe 6500rpm mulai brasa getar
    ganti ke shell ax7 sampe rpm 7500+ baru brasa getarannya, itupun alus banget..

  6. abalabal berkata:

    yg psti ganti oli aja broooo, yamalube kurang oke, klo gjla mesin ksar ane sndri jg nglamin cos ane rutin pengkonsumsi pretmax pless,, tp stelah gnti pkek enduro racing njmx ane lum prnh nmuin suhu mesin makin pnas, trikan mkin lemott,etc lah… shu mesin msh sngat normal, last.. klo mslah oli itu sndri cocok-cocokan bro,😀

    • ki Salim berkata:

      sama bro, kalo di MX ane(yang mesinnya sama dengan vixion (old/new) cuma beda CC dan pengkabutanya nya ja),pakai pertamax sih cuma pada km awal sejak pengisian saja agak kasar(kalo habis dari premium ganti pertamax), tapi setelah beberapa puluh km jadi enak lagi.. kalo masalah panas yang efeknya radiator nyala mulu coba deh ganti oli yang lain. kalo ane pake enduro racing.. walau encer tapi tahan panas. oli pabrikan cuma pakai 4 kali.

    • Nofgi berkata:

      Wah memang bnyak yg berpendapat katanya Yamalube kurang joss.
      Menurut ane sendiri emank encer banget tu oli kalau panas.

  7. bruceliii berkata:

    baru kali ini saya baca oli spek pabrikan dibilang tdk bagus,asal oli ganti tepat waktu di km1500 mesin dijamin sehat.saya pernah setahun penuh pake pertamax buat ov kalo skrng ane kasi premium aja,memang dikendarai dlm keadaan mesin dingin tenaga ov agak lelet pake pertamax ketimbang premium,perfoma puncak ov bisa di dpt ketika kipas radiator menyala pertama kali tapi saya rasa perfoma sama aja ketika pake pertamax ato premium.ketika mesin dlm keadaan panas sekali artinya kipas radiator berulang2 hidup,tenaga drop tdk signifikan sih beda dgn pake bbm premium perfoma msh stabil.jadi artinya vixion cocoknya pake bbm premium,karna derajat pengapian diseting mimik premium selain itu terkadang pemakaian pertamax terus menerus diatas tutup tangki bisa ada GUM ato semacam lendir gak tau apa sebabnya.sekian pengalaman saya semoga bisa membantu

  8. calvin berkata:

    jd oli yg bgus apa gan ?

  9. kadalaspal berkata:

    pertamax plus harusnya bro…
    coba pake fastron diesel bro tu oli tahan panas. aneh sih emang oli mobil solar buat motor.
    gak kenal maka tak sayang. cobain deh. extrim dikit tapi sedep
    motor gigi ku sudah dilego sekarang matic pake fastron techno. pengennya yg gold tp susah carinya

  10. bimo berkata:

    Coba pake oli deltalube masbro, emg agak mahal dikit tapi SAE/ kekentalan lbih baik dri yamalube,..

  11. sadutz revil berkata:

    ane jg pnunggang old vixi gaN
    olinya enakan pke sheel adv#n gaN, pke yamal#b emng cpet panas ap lg klo pke prtamax trus kondisi lingkungan jg panas. trasa ksarnya

  12. Papa Afnhy berkata:

    olinya barangkali….
    2 bulan ini saya pake oli murah…mesran super 4t punya pertamina,dan ternyata lebih mantap dari oli rekomendasi pabrikan… suhu mesin lebih dingin dan suara knalpot lebih ngebas gitu

  13. Duinnn berkata:

    Coba stel kerenggangan klepnya, kadang sudah terlalu renggang bisa berisik. Ketika mesin hidup coba tarik tuas koplingnnya, jika suara kasarnya berkurang dan jika tuas kopling kembali dilepas mesin kasar lagi, kemungkinan karet rumah kopling sudah harus diganti. Kalau bbm tidak terlalu berpengaruh, oli bisa jadi, kalau mau ganti oli yang lain usahakan dikuras semua olinya.

  14. motor gw malah over heat pake pertamax om…
    😛

  15. Kobayogas berkata:

    Coba bantu jawab sejauh yang ay tau. Kalau dari baca penjelasan om NP di atas, cukup lama pake premium sebelum kembali beralih ke pertamax.
    Asumsi saya sih, itu sudah banyak kerak/ carbon di ruang bakar, akibat lama pakai premium, setelah kemudian kembali pakai pertamax – karena sifatnya itu pertamax yang tahan kompresi tinggi alias tidak mudah terbakar di ruang bakar- yang membara malah si keraknya saat si piston naik/compress, jadi ruang bakar malah tambah panas, otomatis mesin juga jadi lebih lama melepas panasnya. Memang gak sampai bikin overheat, tapi tetap aja kinerja mesin jadi lebih berat.
    Kedua, akibat panas diluar normal, si oli (yamal**e) yang seharusnya speknya sudah cukup jadi gak cukup, sehingga terdengar kasar karena kemungkinan besar kinerjanya sudah diluar kemampuannya, singkatnya si oli dah gak mampu ngimbangi lagi.

    Saran ay:
    1. lepas deh fairingnya😀
    2. Ganti oli yang lebih mumpuni, perawatn 4T sebenernya cukup mudah, olinya aja dimanjain (pakai spek bagus).
    3. Servis menyeluruh dulu deh vixinya terutama buat ngilangin kerak akibat sisa pemakaian premium, baru setelah itu pake pertamax lagi, pasti akan terasa (sangat) beda.

    Semoga membantu ya, sori kalau sotoy, ini hanya berdasarkan pengalaman dan sharing dengan mekanik langganan…

    http://kobayogas.wordpress.com/2013/09/22/rahasia-dibalik-garasi-honda-finally-revealed/
    http://kobayogas.wordpress.com/2013/09/20/sudah-pernah-lihat-yang-ini/

  16. Kobayogas berkata:

    wah postingan ay smlm kok ga masuk ya? perasaan terkirim😦

  17. Share pengalaman aja ya. Motor ane kalo pake premium pasti nggelitik banget di mesin, terus kalo di geber, kadang sampek panas tuh mesin. Apalagi kalo kondisi jalan macet, pasti indikator overheat langsung nyala deh. Terus nyoba pake pertamax merah, mesin udah nggak seberapa nggelitik, tapi kalo di geber terkadang nggelitik lagi. Nah akhir nya sekarang pake shell v-power, mesin gak pernah nggelitik, gak pernah overheat terus di geber udah kayak kuda aja mencak-mencak hahaha😀

  18. Hejura zetsu berkata:

    Permisi agan2 semua,,,,tadi pg saya pasang fairing ke nvl,,tapi sewaktu selesai emang tidak terjadi masalah dan tiba2 saja waktu diajak jln si nvl nya mati hidup mati hidup,,ada yang tau gak itu masalahnya kenapa?

    Maklum ane niwbe

  19. Sandi berkata:

    Coba pake Shell Advance Ultra…. lalu sekalian pake Shell V Power…. dijamin mak’ nyuuuss…
    Pengalaman pribadi….

  20. vidiz berkata:

    bro sekalian saya mw tanyak nih,,
    kalo NVL, pas gas di tarik kok suara kipasnya kaya yang rada kasar gtu ya?? itu knapa??
    mohon solusinya ya bro” sekalian.. soalnya ga enak jugag di dengerin pas mw agak kencengan dikit jalannya..
    oli.q enduro 4t racing bro…
    trims,, tlong di bantu yg bisa,,

    • vidiz berkata:

      maaf da yg ktinggalan, sbelumnya vixie.q ga gtu bro… truz abis gnti oli enduro itu, dpet 1,5bulan.. km.nya masih 1.243.. pass ane liat, trims..

      • putra berkata:

        Jangan asal pakek bahan bakal.
        Liat kompresi nya vixion lama kompresinya 10.4:1 itu pkek pertamax plus, bukan pertamax. Wajar mesin jdi kasar. Perlu bahan bakar yg oktan nya tinggi.

        Kalo bunyi kipas, dan motor mati hidup coba dibesihin dulu radiator nya. Kalo gak saringan oli dan saringan udara karburator.
        Oli gak ngaruh pada bunyi” kek gitu.

  21. harno berkata:

    Mosok mas brow…

  22. hadi berkata:

    NVL saya baru 2 minggu 600 km blum service pertama klo siang di daerah saya pekanbaru sangat panas suara mesin kasar,tapi kalau malam halus enak di pakai.trus klo RPM 5500 keatas jd kuat getarannya.kenapa ya ? apa memang NVL gitu ato ada yg ga beres?

  23. hadi berkata:

    berarti memang karakternya ya?

  24. hadi berkata:

    lapor kang,setelah service pertama gak kasar lg.tarikan makin ringan rasanya….

  25. bimo berkata:

    Coba pake deltalube gan..sae 40.

  26. bimo berkata:

    Para nofgifriends yg ganteng.. Kalo mau pake knalpot yg bagus suaranya dn jg sehat untuk mesin new vixion kira” merk apa ya kawan”, trus harganya berapa, efek sampingnya apa aja?? Trimksh bnyk sblumnya.

  27. Anonim berkata:

    coba pake knalpot NOBI neo ss dualsound, soalnya pake db killer + db booster bisa setting suara senyap atau garang… Di jamin power nambah, harga cuma gope…

  28. Anonim berkata:

    Saya joki NVL,sekarang saya pake NVL thn 2015 dan sudah pake gerbok 6seed R15.tapi jika motor mati dan saya dorong,ada suara klutuk-klutuk,apa setelan rante terlalu kencang?atau ada masala di gierboknya.

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

