Enam Gigi Percepatan Itu Penting Banget Nggak Sih … ?

Assalamualaikum.
Salam sejahtera untuk kita semua.

Geger R15 di internet rupanya bikin beberapa pemilik Vixion galau-galau gak karuan. Galaunya sih bias beda-beda. Bisa jadi ada yang nyesel gara-gara kreditan Vixionnya aja belom lunas, eh tu R15 uda mberojol dengan harga gak sampai 30juta. Ada juga yang galau gara-gara keracunan part R15 yang bisa dibuat modif New Vixion ataupun Old Vixion.

Bicara soal part R15, ada salah satu part R15 yang bikin NP kepikiran, yaitu 6 gigi percepatannya. Nah, ini dia onderdil yang membedakan antara generasi Vixion dan R15. Vixion cuman pakai 5 percepatan dan R15 uda pakai 6 percepatan, tapi final gear keduanya beda. Nah pertanyaannya, penting banget nggak sih 6 gigi percepatan itu … ?

Di kondisi jalanan Indonesia yang sekarang begitu padatnya dan dipenuhi lobang di sana-sini ini, rasanya gigi ke 6 itu jarang banget dipakai. Lha wong pengalaman real NP sendiri aja jarang pakai gigi ke 5 kok (motor NP old Vixion, giginya 5 doank). Mungkin pakek gigi ke 5 kalau pas jalan di jalanan yang sepi, lurus dan pas lagi pengen cepet aja (jangan ditiru). Selain itu, NP lebih seneng ngeslow alias pelan-pelan aja. Alon-alon asal kelakon wae lah, ra usah gopoh-gopoh hehehe …

Lain lagi kalau motornya buat balapan di sirkuit. Jelas gigi ke 6 itu penting banget buat ngejar top speed. Kalau motor balap cuman pakai 5 gigi percepatan, rasanya nanggung banget deh, toh sirkuit sama jalan raya kan jelas beda banget. Kalau di sirkuit, sampean jelas bias geber-geber motor sampai top speed. Lha kalau di jalan raya ? Mau geber motor buat mengail top speed, eh keburu macet … Eh keburu nabrak becak/bajai di depan hehehe …

So … Kesimpulannya, tergantung kondisi jalanan aja … Kalau kondisi jalan padat atau macet, gigi ke 6 bisa jadi akan jadi mubazir (lha wong gigi 5 aja belom tentu ke pakek, makanya bebek rata-rata cuman pakai 4 gigi). Baru kalau jalanan di daerah sampaen lurus dan lenggang, gigi ke 6 tentu bias dipakai dan dimaksimalkan.

Tergantung pribadi masing-masing juga sih. Ada yang lebih sreg pakai 6 gigi percepatan, ada juga yang dikasih 5 gigi aja uda Alhamdulillah hehehe …

Kalau pendapat sampean gimana sob … ?
Penting nggak 6 gigi percepatan itu ?

Monggo saling berbagi pendapat dan pemikiran …

Wassalamualaikum …

********************

#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :

Facebook   : Nofgi Motor Sport
E-Mail         : Nofgimotor@gmail.com

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di Membahas Mesin Atau Modif Mesin Motor, Motor Sport, Vixion, Yamaha, Yamaha R15 dan tag , , , , . Tandai permalink.

61 Balasan ke Enam Gigi Percepatan Itu Penting Banget Nggak Sih … ?

  1. Yoshi berkata:

    gak penting-penting amat sih🙂

    • Nofgi berkata:

      Kalau ane juga berfikir begitu🙂
      Lain orang bisa lain pendapat juga sih …

      • Entong berkata:

        Penting dong lol :p, gue aja mau beli R15 2, satu buat ane satunya lagi buat anak ane yang masih bayi. Lo mau nggak? Ha nyet. Hahaha…. dasar kere gak bisa beli motor, lo bisa beli motor gara gara kreditkan? gak bisa beli cash kan? Hahaahaa.. Kere lu😀

  2. Bapak'e Salma berkata:

    gigiku malah 30, alhamdulillah belum ompong😀

  3. Achmad Sya'roni F berkata:

    penting, biar rasionya lebih rapet. pakai 4speed gear 4 jarang dipake, 5speed gear 5 yg jarang dipake

  4. mariodevan berkata:

    Penting buat marketing wekekwe

    Harga Yamaha R15 Surabaya 29,5 juta! http://t.co/0lMgnF2XKu

  5. prasetyo676 berkata:

    6 speed, ratio gear lebih rapat, tenaga bisa tersalur lebih sempurna tiap gigi, jadi terasa lebih ngisi powernya gak drop terlalu jauh sewaktu pindah presneling.

    Test Ride dan review Honda CB400 Super Four, Smooth dan Easy Riding.
    https://prasetyo676.wordpress.com/2014/04/19/test-ride-dan-review-honda-cb400-super-four-smooth-dan-easy-riding/

  6. mas huda berkata:

    bukannya udah dibahas sama mbah dukun ya… emang beli helm jutaan buat apa sih? yang 300ribuan dan SNI juga udah cukup ha ha ha😀

    http://sukarodadua.blogspot.com/2014/04/honda-cbr-150r-lokal-memang-layak.html

  7. HFZ berkata:

    ane pake cb150 aja sering banget pake gigi 6, maklum jalan solo-jogja sama kota solo lenggang😀

    • Nofgi berkata:

      Nah kalau jalanan lenggang baru enak bro, bisa kepakek gigi 6 nya.
      Kalau jalanan daerah ane sih jangankan gigi 6, gigi 5 aja jarang kepakek bro.
      Keburu nyungsep gara2 bnyak lobang hehehe😀

  8. Mas Odi berkata:

    buat motor sehari2, motor yang dipakai maksimal 5 speed. jadi belum punya feeling gimana rasanya pakai 6 speed. tapi kalo mubazir belum tentu juga sih. soalnya si cbsf kok enak2 aja kabarnya. gak pernah terdengar ada yang ngeluh. malah kalau ke luar kota memang 6 speed ini enak banget. saya juga pensaran, biar yang punya kasih reviewnya. soalnya kan karakter shoch + overstroke diberi 6 speed memang sesuatu😀

    kita tunggu dari mas iwb. katanya sie inden R15😉

    http://odipermana.wordpress.com/2014/04/19/7-rahasia-menarik-ketika-googling-di-google-yang-tidak-begitu-penting/

  9. motogokil berkata:

    penting buat turing luar kota, paling nggak yang dalem kota sdh disediakan gigi 1-4 dan yang 5-6 buat luar kota, atau balapan di trek panjang
    titip mas http://motogokil.com/2014/04/19/potensi-besar-r15-se-yang-tersembunyi-dahsyat-bro/

  10. ridertasik berkata:

    soal gigi 6 sangat debatable sih om,ada yg kepake ada yg ngga,cuman menurut ane yg penting ada dulu deh gigi 6 nya,soal kpake apa ngga urusan belakangan😛 http://ridertasik.wordpress.com/2014/04/19/pilih-atas-apa-bawah/

  11. Mase berkata:

    6 gigi tapi gak berani balap…sangat di sayangkan..

  12. fachruldeanca berkata:

    Kalau NVL pakai gearbox r15, plus jumlah mata gear milik r15, kira kira pengaruhnya apa ya kang suhu? Hehehe😀

    • Nofgi berkata:

      Pengaruhnya … Jelas isi dompet/rekening ente makin menipis karena buat beli racun-racun itu hehehe …😀
      Kalau mata gear belakang R15 dikurangin dikit+ECU racing+knalpot racing, dijamin langus wuuuuusss … Wuuuuusss … Wuuuuuuusssss …😀

  13. valeyopie berkata:

    Menurut ane persoalan 6th gear bukan hal yg debatable. Ini salah satu fitur yg diberikan pabrikan, terlepas dari apakah terpakai atau tidaknya, itu tergantung pemakaian si owner. Jangan samakan 5 percepatan dan 6 percepatan, sehingga 6 percepatan dianggap ‘gear lebih’ dan berguna cuma untuk balap. Kalaupun untuk pemakaian dalam kota ga terpakai, paling tidak lebih baik daripada jumlah percepatannya kurang #ngakaks

    Coba dicek lagi deh, jamannya old vixion banyak lho yg tertarik pasang rasionya si r15, sedikit banyak membuktikan 6 percepatan punya value lebih dibanding 5 percepatan.

    Kalo anda membahas 6th gear berguna atau tidak, sama halnya dengan membahas penggunaan motor sport fairing dibandingkan dengan motor naked. Coba kita bahas sedikit.

    Seseorang membeli motor tentu punya tujuan masing2. Ada yg hanya sebagai alat transportasi, ada yg buat gaya2an, ada yg buat balap, ada juga sebagai alat penunjang mata pencaharian. Selain itu bisa terlihat juga dari kontur jalan di wilayahnya atau jalur yg akan dilaluinya, seperti apakah jalur tersebut beraspal mulus, apakah naik turun, atau malah jalan tanah dan bebatuan tanpa aspal.

    Dari tujuan2 itu akan terlihat jenis motor seperti apa yg seharusnya ia beli. Kalau sekedar alat transportasi ke kantor/sekolah/belanja kebutuhan sehari-hari di pasar, sebenarnya motor bebek/matic pun cukup. Apabila untuk penunjang mata pencaharian, seperti ojek, bebek/matic/sport seperti vixion old/nvl, cbsf, verza, thunder 125, megapro, tiger dan sejenisnya saya rasa sudah memadai. Mungkin juga untuk belanja stok toko, bisa beli motor pick up roda tiga yg cocok. Untuk balap, tentunya pilihan berdasarkan karakter balap seperti apa yg diikutinya, tapi di indonesia sama aja sih, dari matic, bebek sampe sport bisa dipakai. Kalo untuk gaya, pasti pilih yg terkesan mahal, tampilan semenarik mungkin, dan jenis motor yg dipandang ‘ganteng’.

    Nah dari jalur yg akan dilalui pun termasuk yg bisa jadi pertimbangan memilih tunggangan. Kalo wilayah perkotaan beraspal dengan kontur cenderung datar sih banyak banget pilihannya. Tapi untuk wilayah yg tak beraspal, kontur pegunungan, tentu butuh pertimbangan lain. Bisa pilih keluarga KLX, bisa juga pilih matic bergenre adventure.

    Tapi jujur saja, orang indonesia tuh unik. Kenapa? Karena sebagian besar memilih motor berdasarkan tampilan, gaya dan prestise semata. Pasti udah sering liat donk foto cbr dipasangin gerobak. Udah tau juga kan cerita ninja 250 jadi ojek. Pernah liat juga kan fxr 150 jadi angkutan sayur. Bebek dan matic yg sejatinya untuk ‘ibu-ibu ke pasar’ pun jadi motor balap :p ‘salah kaprah’ Inilah salah satu sebab kenapa pasar motor di Indonesia sangat hijau, ladang pabrikan mengeruk keuntungan.

    Nah kita balik lagi ke pembahasan 6th gear. Beberapa pabrikan sebenarnya pasti punya tujuan kenapa motor dikasih 6 gigi, selain marketing tentunya, hehe.. Dalam hal ini kita fokus ke r15 yaah. Kenapa r15 dikasih 6 gigi? Padahal vixion 5 gigi aja yg sering kepake mentok 4 (berdasarkan pendapat bro nofgi lho ya..). Nah anda bertanya seperti itu sama saja anda bertanya “kenapa r15 mesti dikasih fairing sih? Sedangkan vixion yg naked aja laku tuh, pake bingit pula😀 ”

    Pabrikan tentunya punya pertimbangan tersendiri, utamanya soal penggunaan produknya. Kenapa dulu yg nongol vixion? Bukan r15 atau bahkan r125? Menurut pendapat logis ane, karena market yg disasar yamaha adalah para komuter dan rata2 penjualan motor fairing belum sebesar sekarang. So, yamahmud yg memang terlalu berhati2 dalam berdagang ga berani jualan r15/r125. Namun sekarang arah pasar sudah berbeda. Tingkat penjualan motor fairing bisa dibilang naik drastis akibat aksi out of the box nya kawasaki. Disusul cbr series (walaupun sebelumnya cbr sudah ada, tapi menurut ane ga se-booming ninja 250), membuat yamaha kudu wajib musti ngeluarin versi fairing nya. R125 terlalu berat, akhirnya r15 yg engine nya 11-12 dengan NVL lah yg keluar, yg paling masuk akal. Agan tau ga fungsi fairing itu apa? Fairing bukan cuma buat ganteng dikala nongkrong, keren buat di foto, tapi fungsi utamanya lebih ke fungsi aerodinamis. Nah motor komuter yg suka bermacet2 ria, motor buat ke pasar buat becek2an ataupun nenteng belanjaan segabrug, motor buat naik-naik ke puncak gunung di jalur sawah, tanah dan bebatuan ga perlu alat bantu aerodinamis gan. Fairing akan berguna ketika kita berada pada kecepatan tinggi. Pernah nggak mas nofgi ngebut diatas 130km/jam pake motor naked? Coba bandingkan dengan ngebut pake motor berfairing. #silahkan rasakan bedanya..

    Nah market yg disasar si r15 ini adalah orang yg seleranya memang sporty. Bukan sekedar komuter yg bermacet2 tiap hari, bolak balik kantor maupun pasar. Motor yg memang digunakan khusus untuk ngebut. Segmented market. Jadi secara logis, dalam hal ini 6th gear adalah fitur yg wajib dibenamkan, terlepas dari karakter SOHC yg unggul di putaran bawah-tengah (soal itu sih bisa diatur, pemilik SOHC tak perlu khawatir lah :p )

    Kesimpulannya adalah, be a smart buyer.
    Pembahasan soal 6th gear bermanfaat atau tidak, seharusnya tidak menjadi pembahasan yg ‘seru dan smart’, masih banyak kok bahasan berbobot lainnya..

    IMHO.. Ane terbuka untuk diskusi, share dan brain storming🙂
    Ayo kita jadi pribadi dan blogger yg smart, berwawasan luas, dan membuka wawasan pembaca. Inget lho, lagi musim2nya pabrikan brojolin produk, blogger juga mulai jadi panduan masyarakat. Mari jadi blogger yg turut ‘membantu’ masyarakat menemukan kendaraan yg sesuai manfaat dan kegunaannya.
    🙂

    • Nofgi berkata:

      Setuju banget sama sampean bro …
      Pertama bahas sarung alias fairing dulu ah hehehe
      Pengalaman dulu pas si BH ane pakek sarung, enak banget buat ngebut bro. Anteng banget. Melaju di ats 120 KM/jam rasanya maknyus tenan hehehe … Tapi sekarang, setelah lepas fairing, eh buat ngebut dikit aja rasanya badan kehempas angin terus bro. Lebih stabil pakek fairing menurut ane😀

      Nah, balik ke topik 6 gigi percepatan …
      Yaps, itu semua tergantung keperluan individu masing-masing aja.
      Yang biasanya doyan muter-muter kota/desa/kompleks/pasar, biasanya gak butuh gigi banyak. 4 gigi bisa jadi sudah cukup, kalau dikasih 5 ya Alhamdulillah hehehe. Bisa dikatakan 4 sehat 5 sempurnalah hehehe😀

      Nah, lain lagi buat yang doyan balap, doyan cepat alias speedfreak, doyan touring jauh (antar kota, antar kecamatan, antar kabupaten, antar provinsi, antar pulau, antar negara … Kalau antar planet pasti gak mungkin hehe😀 ), bisa jadi gigi ke 6 sangat dibutuhkan. Kalau touringnya jauh dan medan yang dilewati cukup lenggang, kan masih bisa ngebut hehehe … Nah di sinilah maknyusnya gigi ke 6 bisa dinikmati hehehe …

      Nah disitulah alasan motor batangan yang naked kebanyakan dikasih 5 gigi doankm (Vixion, NMP, Byson, Verza, dll). Karena 5 gigi sudah cukup buat kendaraan komuter.

      Nah, beda lagi kalau tipikal kendaran sport tulen (terutama yang pakek sarung alias fairing😀 ), lebih maksimal pakai 6 gigi percepatan. Kan dengan adanya 6 gigi, maka kecepatan bisa lebih dimaksimalkan. Lagi pula, ada kesan nanggung juga kalau sport berfairing giginya cuman 5 hehehe …

      Yaps, akhir kata … Kembali ke individu konsumen masing-masing. Ada yang butuh 4 gigi aja, 5 gigi Alhamdulillah, 6 gigi baru sempurna hehehe🙂

  14. ask berkata:

    kalo untuk harian ma touring 5 udah cukup… ane jg pake vixi pulang pergi kerja mentok pake gigi 4. apalagi klo touring jalan naik turun kelak kelok… gigi 5 cuman jadi pajangan… hehehehe….
    cmiw

    • Nofgi berkata:

      Nah, kurang lebih sama dengan nasib saya hehehe😀
      Cuman skranag kadang2 gigi ke 5 tak pakaki kalau jalanan lagi sepi …

      • nijurwonk berkata:

        Ane gear 5 kepake aja sih, pelan atau lambat, klo pelan kan enak, gas g ush gede” kecepatan cukup, klo lambat ya sama ajagt juga :v
        Klo ada gear 6 kyaknya lebih enak deh, gas tinggal plintir duwikiiiiit aja kecepatan udh lebih dr cukup :v
        Ngebut benjut pakde, bayar pajak jalan juga iya, tp pengendara yg lain kan juga :v bijaksana yg kadang d pertimbangkan klo udh kena emosi dr mesin😀
        Lanjut kang :*

  15. ABS ½ KOPLINK berkata:

    imho – kalo buat luar Jakarta, Semarang & Solo, gigi 6 masih sering kepake…
    jalanya kn lumayan sepii….

    http://arrayprojects.wordpress.com/2014/04/20/energica-ego-superbike-elektrik-ganteng-bikinan-tukang-pizza/

  16. yudha depp berkata:

    Kalau tinggal di borneo dan sumatra 6 speed transmisi ya penting banget untuk motor sport. Kalau jakarta. Cukup 3 speed aza sisanya dibuang. Enggak guna karena macet mulu

  17. Anonim berkata:

    narik speed dari gear 6 kalo menurut ane sesuatu banget😀, mesing nggak teriak tapi speed nambah terus IMHO

  18. smartfaiz berkata:

    Untuk motor 150 cc kok terasa berlebihan ya…

  19. jonrudal berkata:

    6 speed ok lah. Pnah naik yamaha touch .

  20. Enon berkata:

    Bosss, sampean pikeeeer indonesia cuma jawa YANG MACET ITU aja?

    PFFFFF

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s