Saat Yamaha R15 dan Honda CBR 150 Lokal Diadu Kegantengannya

Assalamualaikum.
Salam sejahtera untuk kita semua sobat.

Dunia roda dua sempat heboh dengan kehadiran sosok baru dari kubu Honda. Yaps, tidak lain dan tidak bukan adalah dia sang CBR 150 lokal. Motor sport DOHC full fairing ini dihadirkan oleh Honda dengan tujuan untuk menjegal kejayaan dan ketenaran sang R15-nya Yamaha yang uda nongol duluan di segmen motor sport 150cc full fairing lokal.

CBR 150 membawa angin segar bagi para pecinta speed freak yang juga doyan tampil keren nan berkelas. Berbekal mesin DOHC overbore dan desain turunan kakak dan mbahnya (CBR 250 dan sang Fireblade, CBR 1000), tentu membuat iman para lelaki sempat tergoncahkan.

Nah pada artikel kali ini, NP mau aduin kegantengan dua motor sport dengan harga skitaran 30 jeti itu. Baik dari segi tampang depan, buritan, sampai detailnya. Biar para kosumen nggak galau kalau mau milih diantara keduanya. Monggo disimak sobat …😀

Dari segi headlamp, keduanya sama-sama mengaplikasikan dual headlamp. Tapi karakteristik model keduanya berbeda. CBR 150 cenderung terkesan kokoh dan sangar, sedangkan R15 terkesan meruncing dan elegan.

Dari segi dashboard dan kemudi, desain CBR 150 lebi futuristic dan rapi, lain dengan R15 yang agak terkesan kuarng tertata. Namun dari segi kelengkapan panel kemudi, R15 lebih unggul. Karena CBR 150 lokal tidak dilengkapi engine cut off dan tombol  lampu khusus dim.

Dan dari segi buritan, CBR 150 jelas kalah telak … !!! R15 jelas jauh lebih sporty dengna buritan yang sangat meruncing khas motor balap tulen, lampu belakang LED yang sangat ciamik, dan spatbor belakang yang minimalis namun sangat manis. Kalau CBR 150 ? Terkesan sangat biasa saja. Namun, CBR punya sisi kelebihan, yaitu terdapatnya behel. Lha di R15 ? Ora onok alias gak ada bro. Ya jelas bikin repot kalau mau ngeser-nggeser nih motor.

Dari segi detal lain, CBR 150 unggul karena footstep belakang bisa dilepas sehingga mudah dimodifikasi, sedngkan R15 sudah dilas mati pada rangka belakang. Namun dilihat dari swing arm, lagi-lagi Yamaha Semakin di depan .. !!! Swing arm alumunium banana style milik R15 jelas jauh lebih ciamik dibandingkan dengan  swing arm CBR 150 yang hanya kotak biasa.

Yaps, sekilas opini NP tentang perbandingan kegantengan dua motor sport full fairing dari dua pabrikan berbeda kali ini. Yang jelas, bagus tidaknya sebuah desain itu relative. Setiap orang  bisa berbeda pendapat.

Ini pendapatku, mana pendapatmu … ?

Wassalamualaikum.

*

*

*

*

*

********************

#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Modifikasi motor yang tidak safety dan melanggar aturan tidak dianjurkan untuk motor harian/touring.
#Modifikasi jangan terlalu berlebih-lebihan.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :

Facebook   : Nofgi Motor Sport
E-Mail     : Nofgimotor@gmail.com
PIN BBM :  7DB8FF2F

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di CBR 150, Honda, Motor Sport, Yamaha, Yamaha R15 dan tag , , , , . Tandai permalink.

91 Balasan ke Saat Yamaha R15 dan Honda CBR 150 Lokal Diadu Kegantengannya

  1. gc133hijrah berkata:

    R15 dari depan kaya ikan lele. Piss
    cbr150 dari depan kesan mogenya dapat.
    Orang awam kalo liat yg ganteng-cantik, pasti dr muka duluan… Bukan dari kaki ato dari punggung…..
    Begitu juga dengan motor-mobil…. Pasti dr depan duluan.

  2. Rossifumi berkata:

    Vote for R15. Futuristik.

  3. donimagie berkata:

    keren R15…’engga biasa’

  4. dani berkata:

    desain R15

  5. Wiwin berkata:

    Orang yg suka liat mbak2 yg agak gemuk, jalannya tegap, wajahnya sdikit berminyak & kakinya besar…. pasti akan memilih CBR 150 lokal…
    Buahahaha

  6. ponco berkata:

    ralat om, footstep belakang R15 tidak dilas ke rangka, tapi dibaut ke rangka belakang, cuma posisinya tersembunyi di dalam body belakang, jadi dari luar tidak kelihatan

  7. dhanyfirdaus berkata:

    kenapa CBR armnya masi kotak ?? soalnya bentuk knalpotnya seperti itu…,

    setahu saya Sebenarnya awal mula lengan ayun di buat melengkung karena pada saat itu motor – motor 2 langkah (tak) kesulitan dalam penempatan tabung (perut) knalpot. Oleh sebab itu swing arm di buat melengkung agar jarak perut knalpot 2 tak tidak terlalu dekat dengan tanah.

    jadi desain mengikuti fungsi … , jadi kalau posisi knalpot tidak terhalang oleh bentuk arm standar …, ya pakai arm bentuk standar seperti R25.

    seperti Arm rc213v di motogp, Desainnya bukan banana arm…, karena posisi knalpotnya tidak terganggu pergerakan arm …

  8. gilaroda2 berkata:

    apik kabeh!

  9. aak berkata:

    vote for R15..soal desain motor sport tetep bagusan Yamaha..sport is sporty!!

  10. ade berkata:

    kalaw anak muda pilih r15
    Klw udh pya istri pilih cbr.r15 g usah keluar model kya gtu.toh mtr vixon aja d modip bsa kya r15.jadi kalaw pilih r15 buang buang duit.pke vixson aja.klw cbr kan lebih mantap

  11. beib berkata:

    Lebih sexy R 15 lah, tpi dari sisi mekaniknya josss cbr150.

  12. ariz berkata:

    Edan dong cbr malah naikin harga. Hadeuhhhh tambah melendoy tu ntar pada ga jd beli

  13. Awaludin berkata:

    Alhamdulillah sudah dapat CBR Lokal Warna Merah
    inden 5 hari langsung dapet
    harga 29.2 jt untuk Wilayah Kota Malang bulan Oktober Akhir.

    Performa untuk kelas 150 CC cukup dibilang Lumayan.

    ada yang bilang, kalo CBR Lokal Mesin sama persis dengan CB150 SF. hanya ganti Baju Doank..bahkan Rangka dan yg lain di bilang sama.
    ternyata itu hanya Asumsi Pendapat Pribadi saja, terutama yg sudah memiliki CBR 150 CBU.
    kalo rangka memang sama, ukuran dan bentuk mesin juga sama. tapi untuk daleman Mesin pasti jelas Berbeda. Honda adalah salah satu Pabrikan Motor terbesar, tidak mungkin menciptakan Tipe berbeda dengan Model berbeda tetapi Performa sama.
    setahu saya, Tipe CB adalah Hasil Downgrade dari Model CBR, walaupun hanya kecil.
    tapi dalam Hal Tekonologi, sekecil apapun yg di rubah, maka performa juga akan berubah.

    hampir setiap minggu, saya selalu perjalanan dari SIdoarjo – Malang PP.
    kebut kebutan ama CB150SF milik temen jam 4 pagi ( jalan Sepi ).
    ternyata CBR Lokal Cukup Responsif..JUJUR, CB150SF gk bisa ngejar, malah tambah jauh jarak.
    TOP SPEED baru merasakan 137 km/j. maklum jalanan Kota..jadi belum tau Persis Top Speed sebenernya berapa.
    atau mungkin memang 137 sdh jadi batasan TOp Speed saya juga gak tau..hehehe

    • iSayuSay berkata:

      Bukan downgrade, tapi memang mesin CB150SF dan CBR150R memang sama persis. Displacement sama, teknologi sama, material jeroan juga sama. Yang bedain cuma mapping saja. Mesin CB itu di desain untuk motor naked harian/jalanan/touring, jadi gedein torsi, konsekuensinya power sedikit tersunat (top speed kurang tapi aksel bagus). Sedangkan CBR didesain untuk sporty, torsi rada letoy tapi power unggul dikit (aksel kurang tapi top speed lebih nendang) .. Power torsi itu sudah jatah maksimal mesin mas bro, keduanya saling berlawanan, satu dinaekin yang satunya pasti turun.

      Kalo mau naekin semuanya, ya naekin kapasitas mesin atau rombak material daleman engine. Sudah begitu hukum mekaniknya maas.

      • awaludin berkata:

        Terima Kasih atas masukannya.

        Saya hanya menulis apa yang pernah saya Baca.
        Karena Pabrikan sendiri ( honda Jepang ) juga mengklaim, bahwa Mesin CB dan CBR memang sama.
        tapi CB mengalami Downgrade dalam Hal Performa.. untuk menghindari Penurunan Kesan dan Nilai Tipe Sport.
        Mesin CB di Downgrad, entah itu Sedikit atau banyak, Kecil atau besar.
        yang pasti Performa Motor masih dibawah tipe CBR

        seperti Era GL.
        Mesin TIGER, MEGAPRO, dan CB jadul.
        Semua mesin sama…tp ada Downgrade dan Upgrade komponen di masing2 Tipe.

        Begitu yang pernah saya baca
        Sumber : Majalah otomotif, lupa nama Majalahnya, sudah lama soalnya..hehehe

    • Anonim berkata:

      Klo masalah rangka impor n lokal beda om…hihihi…welding honda

  14. Selamet Purnomo berkata:

    Cbr simple elegan..r15 atraktif garang.

  15. fauzy berkata:

    Mikuuum….soal step blakang r15 yg ente bilang las2n langsung itu salah…..dia juga bisa dilepas n dimodif….buka dlu bodi samping bagian blakang…..baru keliat….baut ntukbuka step’nya……

  16. Hamzah berkata:

    Hasil Keseluruhan R15 lebih unggul drpd CBR Lokal, tinggal dapur pacunya belom dibahas (“_) !!😀

    R15 yang black kalo malem2 persis kaya Ninja 250 Wow keren bingit😀

    setelah liat artikel ini ane makin yakin sama R15
    meskipun dapur pacunya masih dipertanyakan coz masih blm jelas mana yg unggul:-/

    yah kalo pun “Seandainya” CBR Lokal faster than R15, tetep aja gak jauh2 bgt lah, tapi R15 tetep memang di Style Sport Racing😀

  17. Anonim berkata:

    yamaha R15 bagus
    lebih bagus lagi
    honda cbr 150 ….
    orang ga ngerti motor aja tau bagusan cbr 150 dri pada R15 adehhhh ojjaannnnn ooooojaannn

    • deleted berkata:

      Tapi orang yang lebih ngerti motor apa lagi tentang motor, pasti lebih bagus R15 lah. CBR kok cuman ganti Headlamp, belakangnya kayak CB150R lagi. Norak abis

  18. Anonim berkata:

    Yg banyak coment r15 blm tentu punya paling vixion d modif jd r15.:-)

  19. supandi berkata:

    kalo orang nora ya milih r15 tapi kalo orang ngerti teknologi milih cbr150 masa motor sport masih sohc

  20. patrik berkata:

    R15 jelek gtu kok d seneg,in motor kayak orang cacingan…….motor sport nanggung……beda bget sama kakak kakaknya…….klo r25 baru top mak nyos….kelas 150 ane pilih CBR lebih keren…..tarikan lumayan speed 140km……

    • Anonim berkata:

      broo… klau lu pikir R15 nggak bisa dapat top speed 140 km/jam… lu salah… gua punya R15 hitam tahun 2014 agustus standar, di persenelan 6 hampir dapat maks limiter gua udah dapat 139 km/jam… tapi karena tracknya tdk memungkinkan alias pendek jadi cuman dapat segitu…

    • deleted berkata:

      Mas Bro, CBR gak kreatif lho. Ganti kok cuma headlamp. Bitch Please

  21. Edwar berkata:

    R 15 yg pling mnyaf

  22. Anonim berkata:

    r 15 lebih keren, cbr gk ada kreatif sama sekali yg berbah cman lamp depannya saja dari 1 menjadi 2.

  23. DAYAX berkata:

    orang yang lebih mengarti seni style pasti lebih memilih R15

    • Awaludin berkata:

      semua tergantung Selera Bro.
      karena Selera masing2 gak bisa di Debatkan.
      dari Desain R15 Memang lebih Kreatif,
      YAMAHA dari jaman nenek moyang sampe sekarang terkenal masalah Desain dan Tarikan Awal Gas
      disamping Desain yang Kreatif, tp masih banyak komplain ( Namanya juga Ciptaan Manusia )
      Dari Samping terlihat keren, karena menunduk, Fairing terlihat Bertumpuk.
      tetapi dari Depan dan Belakang, banyak yang bilang seperti Model MODIFIKASI, seperti BUKAN MODEL ASLI YAMAHA.
      Mungkin dari Segi Style semua akan Voting R15
      tetapi setelah memiliki Motor itu, Keluhan lebih banyak pengguna dari R15
      karena Ergonomi R15 jauh dari kata Nyaman.
      Sebut saja, POSISI RIDING, POSISI BONCENGAN, SHOK BELAKANG YANG KERAS BANGET.
      jika hanya mengandalkan Style saja, mungkin Semua orang akan Bosan.
      Karena hanya Style yang di unggulkan, tetapi mengabaikan ERGONOMI Sehari-hari

      CBR 150 unggul di Ergonomi, tetapi Desain sangat mengecewakan.
      Untuk masalah Perfroma Mesin, keduanya Gak bisa di katain LEBIH UNGGUL R15 atau CBR150
      Bagi saya itu sama dan tidak jauh berbeda.
      di atas kertas, di dalam Sirkuit, dan didalam Kota, motor secara Otomatis akan berubah Perfoma karena Medan.

  24. newbie berkata:

    terima kasih untuk masukannya, memang semua kembali ke selera masing2 dan itu ga bisa dipaksain. Tapi tetep aja harus nabung buat beli motornya hahahaha… tks info2nya gan

  25. galih berkata:

    rl5 buat generasi muda sangat cocok cbr buat generasi kadaluarsa baru cocok haha..

  26. de berkata:

    R15 enk untuk tempat macet jika boncengan bisa sebagai penunjuk jln
    Tinggi bgt jd bisa liat sikon jln diskitarnya
    Ban gede slebor cuwilik spda culun😀

  27. deo berkata:

    saya test cbr sya tembus 135 enteng bnr rpm bru di angka 11000
    siippp lah cbr lokal

  28. Anonim berkata:

    r15 mantap

  29. Sandi Suryadi berkata:

    Kalo dari segi design saya rasa semua mayoritas bilang R15 deh, cuma kalau sudah merasakan nyamannya CBR dan raungan mesin RPM tinggi yang stabil, langsung milih CBR dibanding R15 yang agak berisik. Alhamdulilah saya pilih CBR yang tadinya mau memilih R15, dari motor sebelumnya Vixion Lightning. Karena sudah merasakan lama Vixion jdi saya sudah merasakan kelemahan-kelemahan dri mesin SOHC 4 Klep Vixion. Tetep dengan Design skrng CBR lebih baik jika dibanding overall.

  30. cb lovers berkata:

    gaya doang nungging,mau lari berapa om?awas pinggang kena encok, sohc bikin encok doang…..piss bro.

  31. rizal berkata:

    Gak bisa bikin perbandingan dr segi design..soalnya selera orang itu berbeda…ada yg suka racy spt r15 ada juga yg suka design nyamannya cbr.itu semua tergantung selera dan kebutuhan..klo msh ABG banyan yg suka R15 krna nungging n sporty..klo dah berkeluarga suka cbr krna nyaman buat berboncengan.
    Bandingin itu jangan segi design..tp mesin dan performa..performa mana yg lbh bagus..dan top speed mana yg lbh kenceng dinantara motor yg ngakunya motor sport 150cc.. sohc kah yabg pantas di bilang motor sport atau dohc kah yang lbh pantas??
    Klo gw pribadi sich dr mesin lebih condong ke cbr krna dah pake dohc full injek..yg pst teknologi mesin dibandingkan R15.coz kmrn gw test speed R15 kalah di banding cbr..di ulang berkali2 dan ganti joki pun ttp hasilnya sama..salam satu aspal..

    • asolole berkata:

      Kalo ke dalem emang condong ke cbr
      Krn r15 itu motor yg keluar di India thn 2011,dan masuk diindonesia cuma ditambahin pretelan2 kecil yang sebenernya engga pengaruh ke motornya.
      Harga kalo bisa dilihat sendiri bro.
      Sama aja tergantung selera masing masing orangya kok, bagusan yang mana dan mau beli yg mana🙂

  32. Afif berkata:

    Yang jelas teknologi DOHC itu selangkah lebih ungguL dibanding SOHC, baik itu ketahanan mesin & keramahan thd lingkungan. salam satuHati.

  33. mamad berkata:

    menurut saya pribadi sih lebih cenderung ke R15 ny ya soalnya saya juga tehnisi di beberapa mobil dan motor. Terakhir saya di nissan motor dan akan berpindah ke isuzu.
    kenapa saya pilih R15?.
    karena guweh ndak hoby balapan,
    trus gua orangnya suka style
    dan gua lebih suka jalan sendirian hehehee
    kalo pas ada cewe aja gua pake deh tunggangan khusus dari kawasaki🙂

    selera itu relatif ndak bisa di debat in memang bener,yg keren itu loh,video ne motor india yang tes banjir .

    indonesia kapan bikin motor kek gitu?

  34. motor sekarng canggih2.
    yg kita perlukan cuma kocek tebal buat ngebelinya.
    salam sukses ya

  35. alex berkata:

    Pendapat saya R15 keren. Kalau mau yg nyaman buat apa beli CBR beli vario aja. Kwkwkw

  36. GAMERINDO berkata:

    Hadeh tambah bingung ane, dilihat dari segi accelerasi dan kenyamanan menang mana ya gan?

    Gamerindo Situs Gamer Indonesia

  37. syahdan berkata:

    ini cuman masalah selera, harga gak jauh beda dan performa mesin juga sama sama garang untuk kelas 150 cc.
    Yang saling hina atau saling ledek, cuman nambah dosa gak ada untungnya

    Gitu aja kok repot

  38. ciu berkata:

    Gw pilih cbr… Joz.. R 15 boncenger kaya kopet….

  39. RYNDL berkata:

    itu footstep belakang r15 bsa dilepas broo ,nih buktinya ( http://aripitstop.com/2014/05/28/foot-step-belakang-r15-ternyata-terpisah-dari-rangka-tidak-seperti-vixion-model-baut ) ,diapa2in tetep menang r15 broo #pisss😀, apa lagi ditambahin paket speed kit yamaha r15 , jossss (y)
    #r15 rider😀

  40. Anonim berkata:

    ttg body emang gua lebih pilih r15 tapi dari segi mesin gua lebih pilih cbr. mz bro yang tau balas ya… lebih bagus teknologi DOHC atau SHOC….?

  41. Anonim berkata:

    maaf men saya pengguna cbr 150 lokal
    kenapa cbr sya mesinya kasar sekali ya.. apa mungkin DOHC itu memang kasar..

  42. by, iwan berkata:

    DOHC lah

  43. Anonim berkata:

    yamaha semakin di depan

  44. yazaak berkata:

    Ni yg pada komen…pada punya motor ke 2 nya gak ato slh stunya..ato jgn2 gak punya sama sekali ato hanya sepeda ontel doang x…yg jelas msg2 punya perfom yg bisa diandalkan..hehehehehe

  45. Arif siregar berkata:

    Jangan sukak kali ngerendahi, gue jamin looo yg ngerendahi all new cbr atau r15 gak bisa buat produk semacam ini, gak usah lah masalah buat, punya aja klen belum tentu motor sport ini.
    Jadi semua kembali ke selera masing2 dua2 nya sma2 produk unggul dari kelas nya masing2.

  46. Anonim berkata:

    R15 nurunin modelnya R6

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s