Memasang Sendiri Lampu Hazard di Sepeda Motor

IMG_20141122_201332

Assalamualaikum.
Salam sejahtera untuk kita semua sobat โ€ฆ

Kalian semua pada tahu yang namanya lampu hazard kan ? Lampu hazard itu adalah menyalanya keempat lampu sein secara bersamaan. Fungsi lampu ini ada bermacam-macam, diantaranya saat ada kondisi daurat seperti saat ada bahaya, lagi mogok, dan lain-lain (silahkan cari sendiri di Google sob hehehe :mrgreen: ). Lampu ini wajib ada di mobil, namun tidak di sepeda motor. Oleh karena itu, banyak bikers yang kerap kali memodifikasi motornya agar dapat menyalakan lampu hazard, ya termasuk NP ini hehehe :mrgreen: .

Yaps, kali ini masih tetep si BH (Bayangan Hitam) yang jadi korban. Biaya untuk bikin ginian nggak mahal kok sob. Insya Allah nggak sampai 30ribu. Untuk alat-alatnya, cukup siapkan flasher mobil yang tiga kaki, kabel secukupnya(2-3 meter juga boleh), saklar tiga kaki (di toko komponen lektronika banyak), selotip hitam, gunting, cutter, dan tentunya piranti-piranti lain buat ngebongkar body motor. Dan masuk ke cara merangkainya. Kali ini NP praktekkan ke motor berjenis Old Vixion. Untuk motor lain nggak jauh beda kok caranya. Cekidot gan ๐Ÿ˜€ :

1. Cari lokasi flasher. Caranya mudah. Nyalakan lampu sein tanpa menghidupkan mesin motor. Cari sumber bunyi tik-tok-tik-tok, di situlah letak flasher. Kalau di old Vixion sih di body belakangnya. Ganti flashernya pakai flasher mobi yang tiga kaki. Nih penampakannya : IMG_20141122_164441ย Sambungkan kaki yang bertanda B dan L ke kabel seperti flasher pada normalnya sedangkan kaki yang bertanda E sebagai ground dihubungkan ke baut body motor lewat kabel tambahan.ย  IMG_20141122_165254 Kupas kabel dengan cutter dan gunting. Rapikan semuanya begitu selesai terpasang.

2. Cari kabel positif kedua lampu sein depan. Posisi biasanya di sekitaran lampu depan. Kalau motor Yamaha, warnanya hijau tua dan coklat tua. Hubungkan secara paralel kedua kabelnya dengan menyisipkan saklar tiga kaki ditengahnya. Kabel dihubungkan di kaki bagian ujung dan tengah saklar. IMG_20141122_170748 IMG_20141122_170800

3. Rapikan semuanya dengan solasi hitam. Letakkan saklar pada tempat yang menurut sampean strategis. IMG_20141123_112251ย Kalau di motor NP, ane taruh saklarnya di bagian bawah holder kiri. Biar gampang diraih oleh jari.

4. Dan taraaaaa … Lampu hazard sukses terpadang deh. Jika saklar dalam kondisi “off”, maka sein akan menyala seperti normal. Namun jika saklar di “on” kan, silahkan nyalakan sein. Maka keempat sein akan menyala secara bersamaan.

Yaps … Demikianlah prosedur sederhana cara bikin lampu hazard pada sepeda motor versi NP. Ingat, gunakan lampu hazard sperlunya dan sesuai aturan. Jangan sampai malah akan menggangu pengguna jalan yang lain sobat ๐Ÿ™‚ .

Jika masih kurang faham atau bingung, silahkan tinggalkan pertanyaan di komentar.

Selamat mencoba sobat … Salam otomotif ๐Ÿ˜€ .

Tambahan : Ini NP sudah mengupdate cara pembuatan lampu hazard versi terbaru yang lebih canggih, silahkan klik artikel berikut ini : Membuat Lampu Hazard Sepeda Motor Versi 2

Wassalamualaikum.

*

*

*

*

*

********************

#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Modifikasi motor yang tidak safety dan melanggar aturan tidak dianjurkan untuk motor harian/touring.
#Modifikasi jangan terlalu berlebih-lebihan.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :

Facebookย ย             :ย Nofgi Motor Sport
Fans Page on Facebook : Nofgi Piston Blog
E-Mailย ย ย ย ย            :ย Nofgimotor@gmail.com
PIN BBM               : 7DB8FF2F
Iklan

Tentang Nofgi

Menerima Order Project Elektronika & Robotika. WA/SMS : 088217082017 Youtube : Nofgi Piston IG : nofgi_piston
Pos ini dipublikasikan di Modifikasi Motor, Tips Otomotif dan tag , . Tandai permalink.

138 Balasan ke Memasang Sendiri Lampu Hazard di Sepeda Motor

  1. Muh Khoi berkata:

    gelap bro gak ketok :p

  2. kenthoet berkata:

    saklar model ngunu iku gk awet koyok e broo

  3. iimvixby berkata:

    Pengen. Tapi takut mengerjakan sendiri mas

  4. Nofgi berkata:

    Gampang kok bro
    gak perlu khawatir ๐Ÿ˜€

  5. ipanase berkata:

    hazard bukan untuk motor/ mobil yang berjalan

  6. Nofgi berkata:

    Bekne ndadak mesin.e mati ndek tengah dalan lek.

  7. yoyokefendi berkata:

    joss kang kalo dulu pernah da cema kabel sein kiri kanan digabung dengan saklar tambahan

  8. nangnang berkata:

    emang beneran nih hanya saat mtor mogok aja diaktifin??? karna fitur mdifikasi gak penting itu biasanya ada karna kita hanya mengikuti arus/tren. mau mobil at motor yg namanya lampu hazard itu mengalihkan perhatian pengemudi lain, itu bahaya. emang klo motor mogok karna aki tekor bisa nyala gitu hazardnya?? yah klau memang merasa jadi pemerhati/penggiat keselamatan berkendara ya mbo ojo ngajari wong dadi alay neh. mengko nek cah2 alay seng mboco trus ngikutin sampean trus digawe sembarangan opo sampean ora merasa ngajari?? masih mending pasangin lampu kucing dpan blakang yg buanyakkkkkkk skalian biar kelihatan klo mtor lg mogok, toh gak pake listrik kan

    • Nofgi berkata:

      Kalau sampean berfikir dewasa, pasti ngerti.
      Ilmu itu tergantung pada penerapannya.Kalau penerapannya benar, tntu akan jadi ilmu yg positif, kalau salah, tentu sebaliknya.
      Di sini NP hanya menganjurkan agar ilmu yg NP sampaikan diterapkan dengan benar dan positif, bukan sebaliknya.

  9. nangnang berkata:

    [#Modifikasi motor yang tidak safety
    dan melanggar aturan tidak
    dianjurkan untuk motor harian/
    touring.]

    Emang lampu hazard itu termasuk septi yah??? maaf kalau sy salah.

  10. Nofgi berkata:

    Tergantung kepada orang yang menerapknnya.

  11. RPMspeed berkata:

    saya udah pasang tapi diserahin dibengkel ,kayanya tinggal sambung kabel sama saklar tapi aslinya nggak tahu ๐Ÿ˜€

    http://rpmsuper.com/

  12. Anonim berkata:

    kalo sudah di pasang waktu di jalanin, kalo mw belok apa masih nyala lampu sein yg biasa buat belok

  13. nandha berkata:

    Maap gan,mau nanya terus yang satu kaki nya lag yang di saklar kosong yah,tanpa ada konekan kabel??kira2 aki nya tekor ga yah??
    Makasih atas info nya

  14. Anonim berkata:

    Yg blakang apa ikut berkedip om

  15. Anonim berkata:

    mas bro,itu kabelnya yang buat nyambung ukurannya kecil apa besar..?

  16. Rizky berkata:

    itu pakee kabelnya kabel apa om ? positif/negatif yg merah tdi ? maklum masih pemula

  17. Anonim berkata:

    harga saklar brp?

  18. Bima Prayoga berkata:

    Mass.. Kan Di Suruh Cari kabel positif kedua lampu sein depan, Nahh Ane bingun Di motor Ane, Motor Ane honda beat Tahun 2010, Nahh Pas Saya Bongkar, kabel Sein itu Ada 2, Warnanya… Yang Kiri Putih Sama Hijau, Yang Kanan Merah Sama hijau, Nahh Yang positif itu yang Mana??. kalo Saya Cermati Bacaan Di Atas, berarti kita memsi mempunyai 3 kabel Yahh?? 1 Buat Flasher Ke baut, 2 Buat Kabel Positif Ke Saklar Dong?? Nahh Kabel yang Merah Itu Di Selipin Gitu Ke Sambungan ?? Terus Di Sambung Ke Saklar?

  19. anju sinaga berkata:

    Brooo,, lw pkai 2 flasher bsa gak,, tp flasher.a beda” ada yg bawaan & ada flasher mobil ?

  20. Ping balik: Iseng Pasang Lampu Hazard di NVL …!!! | Kenthoet Boreup Blog

  21. daffa berkata:

    Klo nyalain sebelah aja normal gak kedip nya

  22. ORA KEDUMAN berkata:

    Manatap om…
    otodewa.blogspot.com

  23. masegadwitara berkata:

    Kalo kabel positif nya sein depan honda cb150r warna apa ya mas?

  24. Ahmad Rizky berkata:

    Kalau Pemasangan Di Motor Sejenis Matik Injeksi Seperti Soul GT Itu Gimana Om ๐Ÿ˜€ ?

  25. Anonim berkata:

    dh Aq cobo gays,tp gx nyala we.kenapa ya gays

  26. Anonim berkata:

    om ane mau tanya .
    nie kan flaser ane beda .
    jd di flaser itu tlisanya P X L .
    jd yg di pke buat ke gron yg mana ye .?

    makasi ..

    balas.

  27. Praditta berkata:

    makasih tutornya bang, hbs tak praktekkin langsung bisa,wlpun konslet n sekring e putus, ….

  28. Anonim berkata:

    kyak mana lampu blkang nya bisa hidup jga om

  29. anduka berkata:

    Om klu masang nyambung kabel xa gmn…

    Kabel yg k saklar itu..
    Pararel ya apa..

  30. anduka berkata:

    Gmn

  31. Anonim berkata:

    Buat motor revo
    fit THN 2012. Tu bongkar bodi apa gak ?

  32. Alvin berkata:

    Sisa 1 kaki diujung saklar dibiarin kosng tah bro?

  33. aan berkata:

    sob bagaimana cara memasang saklar nya law di honda vega kabel apa saja yg kita sambung kan sob

  34. banten berkata:

    bro kabel ijo dan coklat gabungin jd satu gk

  35. gan pada motor cb 150 r kabel (+) kiri dan (+) kanan warna’y apa yh?
    lalu kedua kbel tersebut digabungkan?

  36. ricko van dragneel berkata:

    SUSAH AMAT GAN mendingan pakek flasher touring aja lebih mudah

  37. Anonim berkata:

    kalo lampu hazard dalam ke adaan on, trus nyalain lampu seint, maka lampu seint akan nyala normal, ap lampu hazard yang tetep nyala sob???
    thanks

  38. arthur berkata:

    thanks bro ilmu nya.alhamdulillah sekali nyoba langsung joss .

  39. harry berkata:

    Gan,ane pke motr GT 125,baiknya pke cara yg prtma ap yg ke 2…??

  40. asep saepudin berkata:

    Maaf gan, klo misalkan flasher tdk diganti hanya menyambungkan kedua lampu Sein kiri & kanan dgn tambahan sakelar utk on off nya bisa? apakah bisa menimbulkan kerusakkan/tdk?

    Terimakasih.

  41. Anonim berkata:

    Mz brow…kal nambah asesoris lmp dpn yg udah ada balaz-a pa msh butuhin rellay…untuk vixion 2014

  42. Cesc Broo berkata:

    Cak dodol HID gak?
    Aku arek unair ๐Ÿ˜€

  43. rachmat berkata:

    Thanks dah membantu kami gan

  44. Anonim berkata:

    new v-ixion punya ku aku coba flasernya putus standartnya

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s