Tips Membersihkan Sendiri Komponen Injeksi di Sepeda Motor

IMG_20141124_095729

Assalamualaikum.
Salam sejahtera untuk kita semua sobat …

Masbro dan mbaksist para pembaca blog ecek-ecek bin gak terkenal ini :mrgreen: pasti sepeda motornya uda banyak yang injeksi kan … ? Yaps, pasti kebanayakn beranggapan kalau motor injeksi itu jarang perawatannya kan ? Meskipun minim perawatan, yang namanya kendaraan ya musti wajib dipelihara dan dirawat sob. Tak terkecuali dengan sepeda motor injeksi.

Nah, kali ini NP bakal ngeshare sedikit tips untuk membersihkan komponen di motor injeksi. Lebih tepatnya di throttle body. Dan cara yang NP share kali ini bakalan simple. Nggak sampai bogkar-bongkar mesin. Yaps, cekidot monggo disimak sob :

  1. Lepas body yang menutupi bagian throttle body. Karena motor yang jadi bahan praktikum kali ini adalah old Vxion, maka body sampinglah yang NP lepas.

    IMG_20141124_102910
  2. Cari baut buat setelan angin-angin(setelan langsam). Lepas baut beserta pernya. Hati-hati sob, jangan sampai hilang. Lalu semprot kedua komponen tersebut dengan “Carburator/injector Cleaner” .Cairan ini bisa dibeli di bengkel-bengkel motor/mobil. Harganya nggak mahal-mahal amat kok sob. Ane beli yang merk STP cman kena 30ribu. Kalau menurut NP, merk yang selama ini recommended adalah Prestone dan STP. Guna cairan ini adalah untuk merontokkan/melumerkan kotoran-kotoran pada komponen karburator/injeksi. Setelah disemprot, lalu lap pakai kain yang halus. Setelah bersih, pasang kembali ke throttle body. Putar searah jarum sampai mentok, lalu putar berlawanan arah jarum jam sebanyak kira-kira 3-4 putaran, sesuaikan dengan kebutuhan langsam motor sampean.IMG_20141124_095740 IMG_20141124_103338 IMG_20141124_103107 IMG_20141124_103156 IMG_20141124_103002
  3. Nah kali ini masuk ke tahap membersihkan bagian badan throttle body. Ada dua cara bro. Cara pertama, lepaskan sambungan Antara filter udara dan throttle body. Setelah terlepas, semprotkan carburetor/injector cleaner pada lubang throttle body. Lakukan penyemproton sambil menghidupkan mesin motor dan mainkan gas motor (dibleyer-bleyer). Pokoknya jangan sampai mesin motor mati saat melakukan proses ini.
    Cara kedua yaitu dengan melepas filter udara dan menyemprotkan cairan tersebut lewat lubang di rumah/kotak filter udara sambil mesin dihidupkan dan gas dimainkan (dibleyer-bleyer). Sama dengan cara pertama, usahakan mesin motor jangan sampai mati saat melakukan proses ini. Tujuannya adalah agar kotoran-kotoran di throttle body bakal larut/rontok dan ikut terbuang bersama proses sisa pembakaran mesin motor lewat knalpot. Maka jangan heran jika knalpot bakal mengeluarkan asap putih saat proses berlangsung. Itu tandanya kotoran-kotorannya ikut terbuang bersama gas buang.IMG_20141124_095740 IMG_20141124_095729 IMG_20141124_103538 IMG_20141124_103841

Nah, demikianlah tips sederhana dari NP. Sebetulnya lebih baik membersihkan throttle body dengan cara langsung melepasnya. Namun karena soket-soket sensor motor injeksi itu sensitive, dan keterbatasannya alat-alat d kos-kosan, maka ya terpaksa pakai cara sederhana kayak di atas ajalah hehehe … :mrgreen:

Salam otomotif … Salam injeksi …:)

Wassalamualaikum.

*

*

*

*

*

********************

#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Modifikasi motor yang tidak safety dan melanggar aturan tidak dianjurkan untuk motor harian/touring.
#Modifikasi jangan terlalu berlebih-lebihan.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :

Facebook              : Nofgi Motor Sport
Fans Page on Facebook : Nofgi Piston Blog
E-Mail                : Nofgimotor@gmail.com
PIN BBM               : 7DB8FF2F
Iklan

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di Tips Otomotif dan tag , . Tandai permalink.

21 Balasan ke Tips Membersihkan Sendiri Komponen Injeksi di Sepeda Motor

  1. Anonim berkata:

    mantep bos ilmunya…

  2. iimvixby berkata:

    Bookmark aaaah. Siapa tau suatu saat berani bersihin sendiri. Wkwkwkwk.

  3. Anonim berkata:

    makasi infonya gan

  4. Sarden raja benkel berkata:

    Coooocok?

  5. yugo berkata:

    Ijin request bos. Kalo di motor cb 150r bagaimana caranya yak. 😀 kan aga ribet tempatnya. Nuhun

  6. fakhrul arifin berkata:

    kalo baut dan pernya ga dilepas bisa ga bro ?

  7. kudel berkata:

    merusak sensor di tb gak om?

  8. Anonim berkata:

    Klo sensor rusak bsa diprbaiki gak?? Klo gak bsa trs gnti baru harganya brpa??

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s