Membuat Charger HP di Sepeda Motor

IMG_20141230_065239

Assalamualaikum.
Salam sejahtera untuk kita semua sobat …

Jumpa lagi sob … Wah uda terasa lama banget ya blogger ecek-ecek gak jelas bin gak niat ini nggak update artikel terbaru. Sorry ya sob, disibukkan sama tugas-tugas kuliah + cucian di kos-kosan membuat NP jadi jarang update. Uda gitu musti pinjem laptop dulu kalau mau update artikel hehehe …😀 Maklum laptop milik NP lagi ngadat, jadi susah kalau mau ngeblog😦 . Doain laptop NP cepet sembuh ya hehehe🙂

Yaps, sesuai dengan judul di atas, kali ini yang mau kita bahas adalah cara membuat charger handphone (HP) di motor. Sekarang kan banyak beredar di pasaran charger yang dipasang di motor agar kita bisa ngecharger HP saat sedang berpergian, dan harganya nggak murah sob. Bisa nyampai 100ribuan lhoo … !!! wuuuiiihh … Nah, dari pada beli, mending bikin sendiri to ? Dengan modal Insya Allah nggak sampai 30rb, sampean bisa bikin sendiri charger HP di motor sampean. Hemat banget to ? Yaps … langsung saja simak cara bikinnya di bawah ini :

Komponen yang dibutuhkan :

  1. IC 7805 (1 buah)
  2. Elco (kapasitor) 470 microfarat(uf)/50V (2buah)
  3. Resistor 300 ohm atau 330 ohm terserah, sesuai kebutuhan (1buah)
  4. Jepit buaya
  5. LED atau seven segment (jumlah terserah)
  6. PCB dot matrix (1buah)
  7. Sekring 10 ampere (1buah)
  8. Rumah sekring (1buah)
  9. Potongan kabel USB/charger HP (1buah)
  10. Kabel (secukupnya)

Oh iya, kalau bisa bikinnya pakai barang-barang seken alias barang bekas aja sob. Asal layak pakai, biar murah bin menekan biaya hehehe:mrgreen: .

Lanjut ke merangkai komponennya, silahkan dirangkai sesuai dengan skema di bawah ini :

IMG_20141230_193029

TAMBAHAN : Kabel warna hijau dan putih pada USB tak perlu disambung karena itu hanya kabel data, cuman perlu menyambung kabel merah ke + dan hitam ke – sebagai power.

Sederhana banget kan ? Cara kerjanya Insya Allah begini : Tegangan 12V dari aki menjadi input dan akan dirubah oleh IC 7805 menjadi tegangan output sebesar 5V yang akan disalurkan ke HP sampean. Sedangkan elco berfungsi untuk menyimpan muatan listrik dan LED sebagai tanda bahwa rangkain sampean bisa bekerja. Resistor diperlukan sebagai hambatan agar muatan listrik yang masuk ke LED tidak berlebihan dan dapat merusak LED itu sendiri. Nah kalau sekring sih berfungsi buat jaga-jaga supaya saat terjadi “short” atau hubungan arus pendek, nggak sampai terjadi kebakaran. Bisa juga ditambah saklar agar bisa di on/off kan sesuai kebutuhan.
Pada intinya, jangan sampai kutub negatif (-) bertemu langsung dengan kutub positif (+) karena bisa timbul “short” dan komponen bisa rusak, maka dari itu hati-hati dalam membuat rangkaian.

Nah biar aman dari short saat hujan, dibawah rangkaian bisa sampean amankan pakai lem tembak dan semprot rangkain pakai oli untuk mencegah kontak langsung dengan air. Dan biar aman dan rapi, bisa juga sekalian sampean buatkan kotak pembungkus.

Dan ini dia penampakan charger HP di motor bikinan NP yang asal jadi ini hehehe😀 :

IMG_20141230_064606

Bagian sambungan-sambuang rangkaian NP lapisi pakai lem tembak dan oli semprot biar aman hehehe :D

Bagian sambungan-sambuang rangkaian NP lapisi pakai lem tembak dan oli semprot biar aman hehehe😀

Tampak samping.

Tampak samping.

Pakai baterai kotak 9V pun bisa, the power of kepepet hehehe :D

Pakai baterai kotak 9V pun bisa, the power of kepepet hehehe😀

Langsung tancep ke aki si BH, nyala dan lancar jaya sob heheheee ... :D

Langsung tancep ke aki si BH, nyala dan lancar jaya sob heheheee …😀

Pada rangkaian charger bikinan NP, LEDnya NP ganti pakai seven segment, jadi saat charger diaktifkan, akan muncul tulisan “on” pada display seven segment. Makin keren deh tampilannya hehehe:mrgreen: .

Yaps sekian tips dari NP, bila ada kurang atau kesalahan NP mohon maaf … Silahkan para sesepuh elektro memberi tambahan bila ada yang kurang/salah hehehe😀

Oh iya, NP mohon doa, semoga NP selalu dimudahkan, dilancarkan, dan diberi kesuksesan saat menghadapi berbagai tugas, pos test, maupun UAS di perkuliahan yaaa … Aamiin …🙂

Terima kasih atas kunjungannya sobat🙂

Salam Otomotif …

#Nofgi Piston Blog
#Engginer Kreatif
#Mechatronics Exselsiour

Wassalamualaikum.

*

*

*

*

*

********************

#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Modifikasi motor yang tidak safety dan melanggar aturan tidak dianjurkan untuk motor harian/touring.
#Modifikasi jangan terlalu berlebih-lebihan.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :

Facebook              : Nofgi Motor Sport
Fans Page on Facebook : Nofgi Piston Blog
E-Mail                : Nofgimotor@gmail.com
PIN BBM               : 7DB8FF2F
ID Line               : nofgipiston

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di Modifikasi Motor, Tips Otomotif dan tag , . Tandai permalink.

41 Balasan ke Membuat Charger HP di Sepeda Motor

  1. setia1heri berkata:

    wah kreatip tenan😀

  2. RPMspeed berkata:

    pengen tapi kok nggak ngeh sama gituan😀

    —————————————————
    Trend Modifikasi Headlamp Replika Z250
    http://rpmsuper.com/2014/12/31/trend-modifikasi-headlamp-z250/

  3. Anonim berkata:

    saya pernah buat dengan ic 7805 dengan sumber daya baterai tp kok ic nya jadi panas banget ya bro itu gimana solusinya ??

  4. agam berkata:

    itu harga seven segment.a berapa y?

  5. andrik berkata:

    lampu lednya kalau di ganti seven segment cara penyambunganya gimana seven segment kan kakinya banyak,,selain itu apakah carger ini tdk merusak batu baterai?

  6. jona2434 berkata:

    Itu R buat saving Led ato out put?? Pada rangkaian, R ditempTkan sebelum led. Tapi kenapa output dapetnya setelah R??

  7. imam berkata:

    gan,klo charger yg ktika mesin mtor d hdupin g mna,jdi kan ngecharge x pas mtor hdup g mna
    thanks sebelumnya gan

  8. yanaur berkata:

    mas cara ngaktifin seven segment nya gimana ?
    kalau mau pake fuse pake nya yang berapa ampere
    maaf numpang nanya

  9. yanaur berkata:

    thanks bro cepet amat balesnya hehe
    tapi kalau mau seven segment nya on off otomatis pake ic apa bro
    kalu atmega mah gampang setingnya tapi mahal -_-

  10. Itu R nya memang tempatnya di sana ya gan? R nya buat nurunin tegangan di output apa nurunin tegangan arus ke LED?

  11. sooni berkata:

    Mas mau tanya saya udah ikutin rangkaian skema nya tapi ko batre di hp ga bertanbah yah.mohon pencerahan nya. Terimakasih

  12. Anonim berkata:

    Rangkaian itu ICnya gak ketulungan panasnya… mungkin kalo ngecas baru seperempat/setengah jam udah gosong dah itu ICnya … hhe

  13. fatur berkata:

    100 persen gak akan berhasil dengan sekema diatas yg ga paham jangan ditiru. itu output nya dibikin ngaco.

  14. Anonim berkata:

    Nanti pada aki speda motornya jadi tekor kaga bro

  15. fier berkata:

    Utk rangkain terakhir ke kabel charger warna merah(+) sambung setelah resistor atw sebelum resistor?

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s