Cara Sederhana Memaksimalkan Kelistrikan Aki Sepeda Motor

IMG_20150104_150000

Assalamualaikum.
Salam sejahtera untuk kita semua sobat …

Selamat datang di warung reot mau rubuh alias blog ndeso Nofgi Piston hehehe … :mrgreen:
Alhamdulillah masih bisa update artikel sob, walapun hati sedang dilanda galau karena kepikiran UAS besok. Doakan agar NP selalu diberi kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan soal UAS NP ya sob hehehe … (serius lho sob 😀 ).

Nah kali ini NP mau berbagi tips sederhana buat memaksimalkan kinerja Aki pada kelistrikan sepeda motor, yaitu lewat pemberian grounding tambahan. Caranya mudah banget kok sob, yang perlu sampean siapkan cuman :

  1. Kabel secukupnya
  2. Skun ring
  3. Rumah sekring
  4. Sekring (10 A atau sesuai kebutuhan)

Nah, setelah semua bahan sudah tersedia, silahkan dirangkai seperti foto penampakan di bawah ini 😀 :

IMG_20150104_144817

Yaps, lanjut lagi sob … Sekarang bautkan salah satu ujung kabel (skun ring) pada negative (-) aki, dan ujung yang lain silahkan dibaut pada body motor sampean (massa).

IMG_20150104_150000

Nah, Insya Allah fungsinya begini : Grounding tambahan ini tujuannya untuk menyalurkan muatan-muatan yang tak berguna/noise dari kelistrikan ke body motor, jadi kelistrikan Insya Allah makin bagus.

Sebenarnya nggak pakai sekring(fuse) pun nggak masalah, namun itu buat jaga-jaga aja, barangkali ada konsleting dari luar dan menyambar body motor kita, maka saat itulah sekring berperan memutus arus listrik agar tidak menyambar aki.

Yaps, sekian tips ala ndeso dari NP, barangkali ada salah dan lupa, NP minta maaf dan silahkan dikritik secara positif sob … 🙂

Terima kasih atas kunjungannya sobat 🙂

Salam Otomotif …

#Nofgi Piston Blog
#Engginer Kreatif
#Mechatronics Excelsior

Wassalamualaikum.

*

*

*

*

*

********************

#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Modifikasi motor yang tidak safety dan melanggar aturan tidak dianjurkan untuk motor harian/touring.
#Modifikasi jangan terlalu berlebih-lebihan.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :

Facebook              : Nofgi Motor Sport
Fans Page on Facebook : Nofgi Piston Blog
E-Mail                : Nofgimotor@gmail.com
PIN BBM               : 7DB8FF2F
ID Line               : nofgipiston
Iklan

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di Membahas Mesin Atau Modif Mesin Motor, Tips Otomotif dan tag , , . Tandai permalink.

20 Balasan ke Cara Sederhana Memaksimalkan Kelistrikan Aki Sepeda Motor

  1. dimas arif antonio berkata:

    om blogger kalau arus negatif kayaknya gak pake sekring juga aman. gatau juga sih saya bukan anak elektro om :mrgreen:

  2. alex berkata:

    bukannya sudah ada yg bawaan pabrik?

    cek deh,

  3. danisubject berkata:

    aki ku meh drop 😥

  4. oakleyjakarta berkata:

    Biasanya udah ada di paralel ke mesin om coba cek aja dari negatifnya aki ada 2 kabel satu ke arah lampu satu langsung nyangkut ke mesin.CMIIW

  5. k5538gl berkata:

    Lah kan memang sudah dari sononya kalo negatif aki disambung ke body, jadi untuk apa dikasih tambahan lagi?

  6. yoyokefendi.wordpres.com berkata:

    sip

  7. nice info… Sedang mencari knalpot untuk motor sport ,silahkan kunjungi http://www.bosknalpot.com pusat knalpot motor berkualitas,bahan stainless anti karat dan tahan lama,harga murah.Merk yang kami jual Yoshimura,Werkes USA,LeoVince,Scorpion,Akrapovic,Remus Hexacone,Termignoni dll..Silahkan di liat2 dulu gan.

  8. Serdaduekos berkata:

    Hehe aslinya smw mtr yg pkai aki negatif udh di groundin ke body tp g kliatan ky gt. Klo mw ngecek gampang om. Misal punya lampu yg 12 v dc. Si lampu + nya di aki. Trus si – negatif lampunya ke body bkn ke aki. Klo nyala brarti udh ad groundinganya. Klo blm perlu di ksih ga jg gpp om. Ini contoh klo g punya avometer. Salam pcinta modif mtr om 😄

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s