Membuat Lampu Hazard di Sepeda Motor (Bagian 2)

IMG_20141122_201332

Assalamualaikum.
Salam sejahtera untuk kita semua sobat …

Hallo sobat … Gimana kabar.e rek … ? Apik-apik wae kan ? Hehehe … Nah kali ini blognya bocah mekatronika ini mau mengupdate cara pembuatan lampu hazard pada sepeda motor. Lho bukannya dulu uda pernah dibahas om ? Kali ini beda sob … ! Pada hazard kali ini, pengaktifannya lebih mudah dan simple dibanding yang dulu. Apa sih bedanya ? Kalau dulu kan perlu tekan saklar pemicu dulu baru mengaktifkan sakalra sein agar hazard bisa hidup. Nah, kalau sekarang, cukup langsung satu kali tekan saklar, maka lampu hazard langsung bisa aktif deh. Penasaran bagaimana cara bikinnya ? Monggo disimak tutorialnya berikut ini, cekicrot eh cekidot gan😀 .

Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah :

  1. Flasher mobil yang tiga kaki (kakinya : B, L, E)
  2. Saklar 6 kaki (beli aja di toko komponen elektronik)
  3. Kabel secukupnya
  4. Sepeda motor yang mau dimodip (ya jelas kalai ini hehehe😀 )

Nah, setelah semua bahan sudah terkumpul, kita mulai ritualnya:mrgreen: . Monggo dirangkai seperti skema di bawah ini :

skema hazard part 2

Sorry kalau jelek. Maklum gambarnya lewat Paint hehehe😀

Berikut penjelasan yang lebih rinci :

  1. Pertama sambung secara paralel kabel positif sein kanan-kiri (biar mudah ambil di kabel sein depan) dan hubungkan pada salah satu ujung dari saklar 6 kaki
  2. Sambungkan kabel setrum positif kunci kontak “on” pada kaki flasher yang ada tulisannya B
  3. Sambungkan kaki L pada flasher dengan kabel dan ujung yang lain hubungkan ke kedua kaki bagian tengah pada saklar 6 kaki
  4. Sambungakn kaki E flasher pada ground/massa/body sepeda motor sampean
  5. Rapikan semua kabel dan pastikan kabel-kabel terbungkus dengan aman untuk menghindari “short” (hubungan arus pendek)
  6. Taruh saklar pada tempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh tangan
  7. Taruh flasher di tempat yang terhindar dari air agar tak mudah rusak/konslet (bisa disembunyikan di balik headlamp)

IMG_20141122_164441 IMG_20141122_170748

Dan taraaaaa ….. Lampu hazard pun telah jadi … Kini tak perlu lagi ribet menekan dua saklar, cukup satu saklar saja dan hazard langsung bisa aktif. Dan lampu sein buat belok ke kiri/kanan pun tetap aktif seperti normal.

Prinsipnya, cuman memberi flasher tambahan untuk mengubah setrum dari aki menjadi strum yang dapat mengkedipkan keempat lampu sein secara bersamaan saat saklar 6 kakinya dalam keadaan on. Dan saat saklar 6 kaki dalam keadaan off, lampu sein tetap bisa dinyalakan dengan normal.

Ingat sob, gunakan lampu hazard sesuai kodratnya alias sesuai aturan … Jangan dibuat ngealay ya gan hehehe😀 .

Jangan lupa doakan NP agar NP selalu diberikan kemudahan, kelancaran, dan kesuksesan dalam menghadapi dan mengerjakan UAS kuliah yaaa …. Aamiin …🙂

Terima kasih atas kunjungannya sobat 🙂

Salam Otomotif …

#Nofgi Piston Blog
#Engginer Kreatif
#Mechatronics Excelsior

Wassalamualaikum.

*

*

*

*

*

********************

#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Modifikasi motor yang tidak safety dan melanggar aturan tidak dianjurkan untuk motor harian/touring.
#Modifikasi jangan terlalu berlebih-lebihan.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :

Facebook              : Nofgi Motor Sport
Fans Page on Facebook : Nofgi Piston Blog
E-Mail                : Nofgimotor@gmail.com
PIN BBM               : 7DB8FF2F
ID Line               : nofgipiston

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di Elektronik, Modifikasi Motor, Tips Otomotif dan tag , , . Tandai permalink.

66 Balasan ke Membuat Lampu Hazard di Sepeda Motor (Bagian 2)

  1. Apipblog.com berkata:

    Eh mantaf nih di sedot dulu ilmunya ..
    Suzuki paling mempertahankan bebek super

  2. warungasep berkata:

    oh flasher mobil y ternyata hehre… mantap suhu… kreatip bgt…

    http://warungasep.net/2015/01/06/lapak-jemuran-digusur/

  3. GandemLover berkata:

    wahhh ilmu ajib ki, belajar di mana kau…😀

  4. peno berkata:

    wah plat W, arek ndi sampean mas? sidoarjo, gresik?

  5. RPMspeed berkata:

    minyak aja😀

    ———————————————-
    Nominasi Motor Modifikasi Nungging
    http://rpmsuper.com/2015/01/06/nominasi-motor-nungging/

  6. uje berkata:

    untuk safety dari short kenapa gak dikasih fuse bro ?

  7. Anonim berkata:

    Cm nanya mas bro, klo di liat dri rangkaian barati wktu di pakai atau gk di pakai relay tetep jalan trs ya

  8. Ping balik: Memasang Sendiri Lampu Hazard di Sepeda Motor | Nofgi Piston

  9. taqi berkata:

    mas itu flasher mobilnya nya belinya brp banyak ya

  10. masegadwitara berkata:

    mas kalo motore honda warna kabel e apa ae ki?? bingung aku..
    tapi aku udah pkek holder kiri old vixi mas

  11. Anonim berkata:

    Gan itu berarti flaser yg dibelakang dipindah ke depan yak?

  12. biasa berkata:

    bos flasher mobil apa tu yg cocok

  13. Anonim berkata:

    kalo cara ini 1 motor 2 flasher ya pak?

  14. fauki berkata:

    mas brrti plaser bawaann
    ya ga keganggu y?

  15. arifin berkata:

    mas ..gmana caranya pasang hazard di
    motor verza.. saya udah punya flasher mobil yg 3kaki saklar
    tapi masih bingung nyari kabel positif kedua sein…mohon bantuannya

  16. arifin berkata:

    gmana yaw cara memasangnya..atow ada yg kurang dengan alat2nya

  17. Anonim berkata:

    Piston, vixion tanjung sari??

  18. Anonim berkata:

    Terima kasih atas ilmunya mas, kebetulan saya juga ingin membuat megpro saya bisa mantap untuk touring.

  19. udin berkata:

    Om maksudnya dengan pasang 2 flaser berarti Ğåķ ganggu kabel flaser bawaan ya? Apa gimana mohon panutannya.

  20. rizane galang berkata:

    gan maaf tanya,saat lampu hazard masih posisi on bersamaan dengan sein(ontohnya sein kanan aja)kok masih hidup dua duanya ya,?solusinya gan..makasih bermanfaat

  21. Fikri Arif berkata:

    Ini yang saya cari, cuma sekali pencet tombol udah nyala😀 makasih banyak gan hehe

  22. Anonim berkata:

    Kalau lampu sand L atau R sementara nyala,,,trus lampu hazard langsung di hidupkan gak apa kha boss???

  23. Amby berkata:

    Kalau lampu sand L atau R sementara nyala,,,trus lampu hazard langsung di hidupkan gak apa kha boss???

  24. Amby berkata:

    Kalau lampu sand L atau R sementara nyala,,,trus lampu hazard langsung di hidupkan gak apa-apa kha boss???

  25. Dwi ART berkata:

    gan, ane mau tanya
    ane udah ngikutin cara ente diatas, semua udah bener
    pas dicoba kok harus nyalain sen dulu baru bisa idup lampu hazardnya, kalo sen gg dinyalain hazard gg mau nyala walaupun saklar udah diposisi ON
    tolong pencerahannya gan, apakah faktor listrik dari aki berpengaruh ?

  26. Dwi ART berkata:

    gan, ane mau tanya
    ane udah ngikutin cara ente diatas, semua udah bener
    pas dicoba kok harus nyalain sen dulu baru bisa idup lampu hazardnya, kalo sen gg dinyalain hazard gg mau nyala walaupun saklar udah diposisi ON
    tolong pencerahannya gan, apakah faktor listrik dari aki yang lemah berpengaruh ?

  27. brother berkata:

    kalau buat send nyala lbh cepat kayak bus malam gmn caranya ?

  28. bang ipuk berkata:

    Harga flasher itu brapa bro

  29. yusup CBS berkata:

    Gan mo tanya,
    Selama kunci kontak on berarti plasher on terus/hidup terus, cm ga terbebani dengan lampu.?

  30. Chandda berkata:

    Berarti ada dua flasher.?

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s