Honda Sonic 150 VS Satria FU, Ketika Peforma Bukan Lagi Segalanya … !!!

Assalamualaikum.
Salam sejahtera untuk kita semua…

Spesifikasi ayago terbaru gacoan dari pabrikan Honda rupanya uda keluar sob, mengusung mesin DOHC “square” dengan rasio kompresi cukup tinggi, yakni 11.3 : 1. Tentu nilai itu lebih tinggi dibanding kompresi FU yang hanya 10.2 : 1. Wajib Pertamax nih hehehe😀 .

Penasaran sama spesifikasi lengkap si Sonic 150 ? Monggo disimak tabel perbandingan Sonic 150 dengan Satria FU berikut ini :

Bisa dilihat kalau power Sonic 15.42 HP dan FU mencapai 15.69HP. Yaps, Satria FU unggul tipis bro. Selisih 0.27 HP saja. Di mana Sonic mencapai power maksimal 500 RPM lebih rendah dibanding FU. Sedangkan soal torsi, Sonic unggul dibanding FU, selisih 01.1 Nm. Sonic torsinya 13.5 NM, sedangkan FU bertorsi 12.4 NM. Dan dua besaran torsi tersebut diperoleh pada RPM yang sama, yakni 8500 RPM.

Hal ini bisa jadi dikarenakan karakter engine Sonic 150 cenderung square, alias bore (diameter seher/piston) dan panjang langka/stroke hampir sama, yakni 57.3mm x 57.8mm. Sedangkan mesin FU jelas-jelas overbore alias diameter piston lebih besar dibanding panjang langka stroke (67mm x 48.8mm). Membuat output power dan torsi kedua motor ini berbeda, meskipun sama-sama menganut kontruksi head silinder DOHC.

Nah, menurut NP, di sini Honda sepertinya tak mengutamakan peforma, namun juga teknologi dan fitur. Sonic 150 jelas unggul karena mesin sudah injeksi dan dibekali water cooled alias berpendingin cairan(radiator). Sedangkan Satria FU hanya berbekal pendingin angin semilir+dibantu oil cooler(pendingin oli). Uda gitu FU masih mengandalkan sistem pengkabutan bahan bakar karburator, namun sudah lulus euro 3 (katanya😀 ).

Dari segi fitur, FU juga kalah modern dibanding Sonic 150. Sonic disinyalir sudah berbekal lampu utama LED juga speedometer full digital. Sedangkan FU masih bohlam biasa dan speedometer gabungan tampilan analog dan digital.

Nah, sekarang tinggal konsumen yang menentukan pilihan. Ingin motor canggih dan modern, bisa menengok Honda Sonic 150 yang In shaa Allah akan dilaunching dalam waktu dekat. Sedangkan jika ingin motor ayago full power dengan peforma yang mampu mengungguli motor sport, silahkan pilih Suzuki Satria FU. Toh soal peforma FU sudah sangat merajai di kelasnya. Kemampuannya sudah tak diragukan dan sudah banyak dibuktikan di arena 201 meter atau drag race.

Siapkan kreditanmu sob … !!!😀 .

Monggo komentar pendapatnya…

Keep Safety Riding Sob …

Salam Otomotif … 😀

Selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan yang mulia sob … 🙂

Wassalamualaikum.

*

*

*

*

*

********************

#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :

Facebook              : Nofgi Motor Sport
Fans Page on Facebook : Nofgi Piston Blog
E-Mail                : Nofgimotor@gmail.com
PIN BBM               : 7DB8FF2F
Line                  : nofgi piston
Instagram             : nofgi_piston

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di Honda, Membahas Mesin Atau Modif Mesin Motor, Satria F, Sonic 150, Suzuki dan tag , , , , , . Tandai permalink.

27 Balasan ke Honda Sonic 150 VS Satria FU, Ketika Peforma Bukan Lagi Segalanya … !!!

  1. antara DOHC murni dan DOHC masa kini..😀

  2. Anonim berkata:

    maaf mas diameter piston satria bukan 67 ….

  3. Dean berkata:

    Power selisih tipis 0,27hp unggul FU pd ptaran lbh tinggi 500rpm
    Torsi selisih 1,1Nm unggul sonic pd ptaran mesin sama 8500rpm
    Bobot lbh berat sonic 8kg
    Head friksi lbh ringan sonic n lbh advance
    byk org branggapan performa sonic dbwh fu, saya rasa tidak jk data itu benar.
    Trus tanya nih,,knapa komparasinya dg fu uero 2 ?? Bukannya itu yg import th 2005-2006??
    Kok gk dikomparasi dg yg fu skrg??
    Kt lihat saja FU bakalan kdodoran jk sama std, jk oprek sonic jg untung krn stroke std aja dah 57.6

  4. Mase berkata:

    sya lebih pilih FU

  5. dimensiontripper berkata:

    nungguin mesin satria 155cc selesai riset.
    kasihan Suzuki kalo satu satunya jualannya yang laris harus kalah sama “pendatang baru”:mrgreen:

  6. Anonim berkata:

    Gimana2 tetap satria fu..kalau sonic produk honda cuma mengandalkan irit😛

    • Nofgi berkata:

      Hahaha… Kebiasaan Honda suka ngirit :p

    • lukman berkata:

      jangan salah om….
      dulu sonic 125 terkenal paling boros dan mtor sport diatasnya bisa dilibas loh.. harah. hahahaha

    • Awaludin berkata:

      hahahahaa..
      mungkin anda masih berusia dibawah 35 tahun.
      pola pikirnya masih labil…Ego masih tinggi, pasti kecepatan yang ada dalam pikiran anda.
      kita Tidak Usah Munafik.
      semua Pasti menyesal jika motornya jadi BOROS.
      dan Pasti Senang jika Bensin lebih lama Penuh alias Lebih irit.

      secara Desain, Sonic juga Lebih Ganteng

  7. p2 berkata:

    Kalau longtrack masih yakin unggul Sonic….
    Handling yakin lebih stabil Sonic…
    Belajar dr motor yg dulu pernah pakai ke2nya.

  8. bon berkata:

    Tunggu aja men cbr bakalan di gempur sama way of life😉

  9. Anonim berkata:

    Gue ttp fu,,,,silahkan klau ad yg mwu balap,,yg penting mesinnya masih stndar,,,

  10. Anonim berkata:

    Tunggu mekanik di ajang kebut lurus ato kelok”………..

  11. zhian berkata:

    mending MTB punya Q to , lebih ringan. lebih sehat, gk ada polusi,
    ngomongin otomotif gk bakalan ada abisnya ,,
    coba sekali-kali fikirin gimana kalo udara penuh dengan CO2 ? mau ngirup apa paru” kita ????

  12. aryo berkata:

    fu merdeka

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s