Hati-Hati Pasang Exhaust Wrap, Menambah Peforma Namun Bisa Berbahaya … !!!

Assalamualaikum.
Salam sejahtera untuk kita semua sobat.

Sobat para pembaca setia blog NP mungkin pernah melihat beberapa motor modifikasi yang leher knalpotnya dililit sesuatu seperti perban. Yaps, itu namanya exhaust wrap atau bahasa gampangnya bebetan knalpot. Fungsi dari exhaust wrap ini tak lain dan tak bukan yakni untuk melindungi kaki/anggota badan rider agar tidak sampai menyentuh panasnya leher knalpot. Fungsi lain yakni untuk meningkatkan peforma motor. Lho kok bisa ?

Yaps, diyakini pemasangan exhaust wrap ini dapat menahan hawa panas agar tak langsung menyebar keluar. Dengan semakin panasnya suhu di knalpot, maka aliran gas buang makin cepat dan udara dingin yang masuk ke intake juga makin cepat. Katanya sih. Kalau nggak percaya, coba buka website berikut ini motorplus-online.com .

Nah ini cerita singkat NP soal pengalaman memakai exhaust wrap ini. NP pasang exhaust wrap bada sebagian knalpot Nobi yang nyemplak di kuda besi andalan NP yakni si Bayangan Hitam, biar kaki nggak kena panasnya leher knalpot yang nongol keluar dekat footstep depan.

Awalnya sih enak-enak saja pakai wrap ini. Namun, masalah datang saat NP habis nyuci motor. Exhaust Wrap.nya nggak NP lepas. Setelah NP kering, NP iseng membuka perbanan exhaust wrap ini. Welleh ternyata banyak banget kotoran yang nempel di leher knalpot bekas lilitan exhaust wrap ini sob … !!! Sampai ngerak gitu. Sorry nggak ada foto soalnya nggak sempat foto.in dan HP NP juga kameranya jelek hehehe😀 .

Nah, di situ kekurangan dari exhaust wrap. Berbahaya … !!! Riskan membuat kotoran beserta air mengumpul dan ujung-ujungnya leher knalpot motor sampean rawan kotor atau bahkan berkarat. Walapun leher knalpot terbuat dari stainless steel, tetap saja bisa berkarat lho …

Last, kesimpulannya, boleh-boleh saja memasang exhaust warp pada motor tercinta, asal sampean harus telaten merawatnya. Lepas dan bersihkan selalu exhaust wrap setelah terkena air, seperti saat habis dicuci atau habis kehujanan. Bisa juga mencegah karatnya dengan melumuri leher knalpot dengan oli atau mengecatnya pakai cat tahan panas sebelum dililit exhaust wrap.

Monggo komentar dan pendapatnya…

Keep Safety Riding Sob …

Salam Otomotif … 😀

Wassalamualaikum.

*

*

*

*

*

********************

#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :

Facebook              : Nofgi Motor Sport
Fans Page on Facebook : Nofgi Piston Blog
E-Mail                : Nofgimotor@gmail.com
PIN BBM               : 7DB8FF2F
Line                  : nofgi piston
Instagram             : nofgi_piston

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di Aksesoris/Variasi Motor, Membahas Mesin Atau Modif Mesin Motor, Tips Otomotif dan tag , , , . Tandai permalink.

19 Balasan ke Hati-Hati Pasang Exhaust Wrap, Menambah Peforma Namun Bisa Berbahaya … !!!

  1. buttseck berkata:

    Ane dulu mau pake, tapi lihat di mbah google, banyak yang gak merekomendasikan.
    karena pas dibuka keropos dan berkarat tuh knalpot.
    Padahal motornya HD…
    Daripada tambah repot, gak jadi aja dah…

  2. hartoni berkata:

    uh, saya kira berbahaya menyebabkan kebakaran atau korslet atau semacamnya, ternyata keropos knalpotnya

  3. chivloex berkata:

    Sy baru pasang di leher knalpot KLX (sdh knalpot racing),, niat awal pasang karena panas nya leher knalpot walau gak nempel tp kerasa sampe ke kaki,,, drpd pasang pelindung yg menurut ane kurang keren jadi nya pasang exhaust wrap aja,, setelah dipasang sy ngerasa koq tarikan motor jd kerasa enteng banget,, setelah cari info ternyata kt nya exhaust wrap menambah performa motor,, wah jd ngerasa beruntung niat awal cm buat meredam panas,, malah dpt bonus tarikan motor lebih enteng..
    kalo soal perawatan,, kaya nya emang rada susah di motor2 yg sering main kotor2 an,, tp buat motor hobby yg dipake nya sesekali doang dan jarang kena kotoran ya kaya nya gak terlalu repot,, kalo sdh bbrp bulan ya ganti aja ama yg baru,, toh murmer jg exhaust wrap

  4. Wah klo oli ga rekomen bro, pernah nyoba asap ngepul bukan dari pembuangan gas pembakaran tp dari oli yg berinteraksi dengan panas knalpot (pengalaman pribadi). Tp trims untuk info paint tahan panasnya, sy coba nanti. Terus terang exhaust wrap ini cukup membantu ruang mesin lebih dingin, terutama lekuk knalpot dibawah mesin, jd panas dihasilkan dari knalpot tidak menambah panas mesin dari pembakaran, lumayan memperlambat pemanasan ruang mesin.

  5. Anonim berkata:

    pengen coba dulu ah…😀

  6. Anonim berkata:

    Kalo exhaust wrap biasanya di jual di toko apa ya bro?

  7. OM berkata:

    Begini bro… Share info.
    Sebenernya exhaust wrap ga bahaya bikin header knalpot motor jadi keropos kalo sudah di cuci/terkena air lalu kena panas. Asal exhaust wrapnya asli untuk knalpot motor.
    Exhaust wrap yang baik (asli) untuk knalpot motor itu terbuat dari bahan TITANIUM yang di jadikan serat. Serat material Titanium asli berspesifikasi mampu menahan panas hingga 900*C (sangat dianjurkan untuk Motor sport, Mobil, dan heavy duty lainnya).
    Ada juga exhaust wrap dari material FIBERGLASS-ECO yang berspesifikasi mampu menahan panas 750*C (tidak terlalu dianjurkan untuk mobil, motor sport, dan heavy duty lainnya). Material fiberglass ECO ramah untuk lingkungan.
    Nah, bagaimana bro??? Faham??? Sekarang, bro-sis pake exhaust wrap material apa? Ko bisa mengerak di knalpotnya?
    Bro, sekalian harus tau material exhaust wrapnya kalo mau pasang di knalpotnya.
    Alangkah lebih bagusnya lagi knalpot ga usah pake exhaust wrap, tapi pake cat CERAMIC COATING. Itu lebih bagus lagi dan recommended…
    Sumber:Pengalaman+mbah google keyword fake exhaust wrap/exhaust wrap vs ceramic coating.

    • Anonymous berkata:

      kalau untuk wrap setau saya ga ada yang bahannya TITANIUM om, yang ada itu Fiberglass atau Fiberglass dan Carbon (utk wrap dengan warna titanium).

  8. Reza nurhakim berkata:

    Pagi akang NP yth. Seru baca2 artikel.nya nih.. mengenai exhaust wrap. Saya coba aplikasiin di.motor saya.. saya pake exhaust wrap merk deiexhaust. untuk ngehindarin kerak saya oles leher knalpot pake oli sesuai saran akang diatas.
    Setelah rapi.. dan motor dinyalakan pipa knalpot yg dililit jadi ngebul terus karena oli nya terpanaskan.
    Apakah ini berbahaya? Atau.normal?
    Haruskah saya ganti exhaust nya?
    Terima.kasih respon dan bimbingan.nya kang..

    • kalo cm asap dr oli yg dioles terpanaskan gk papa”emg begitu..
      ngebersihin thermal warp ny kan gampang bro”tnggal buka klem ny trs bersihin or ganti baru.. selesai”

      • Anonymous berkata:

        pakai merk apa yah om?
        karena setau saya banyak wrap yang bahannya asbes atau kw fiberglass, biasanya kalo kena air dan panas malah ancur.

        kalo diolesin oli sih ga rekomen menurut saya

  9. dd berkata:

    Mau tnya..kalau pake exhaust wrap gk berbahaya terbakar gk mas,klu ke panasan….

    • Anonymous berkata:

      tidak mas, selama exhaust wrapnya original berbahan fiberglass, karena exhaust wrap sendiri gunanya untuk meredam panas.
      saya sendiri sudah coba membakar exhaust wrap original di kompor gas selama beberapa menit dan aman saja tidak terbakar.

      kalau bahan asbes saya kurang tau terbakar atau tidak

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s