Lagi-Lagi Mesin Honda All New CB150R Streetfire Bermasalah, Bunyi di Bagian Tensioner Lifter Rantai Kamprat

Assalamualaikum.
Salam sejahtera untuk kita semua sobat.

Mungkin sudah banyak yang tahu atau bahkan mengalami gejala mesin klotok-klotok sampai gigi starter rompal pada generais CB150R yang lama. Dan sekarang, giliran mesin All New CB150R Streetfire yang diderai masalah baru. Yaps, bunyi “Tek-Tek” di area blok mesin … ! 😦

Seperti dijelaskan oelh pihak otomotifnet.com , beberapa mesin All New CB150R atau Sonic 150 diderai problematika yaitu bunyi “Tek-Tek” pada bagian blok mesin. Dan setelah dianalisa ternyata ada problem di bagian tensioner lifter rantai kamprat/rantai keteng, atau bahasa gampangnya yaitu penyetel kekencangan/tegangan rantai kamprat.

Fungsi dari tensioner lifter ini tentunya membuat rantai kamprat tetap tegang sehingga buka tutup klep berjalan normal. Kalau setelannya terlalu longgar, bisa berakibat fatal yakni klep bertabrakan dengan piston. 😦

Kenapa kok bisa muncul bunyi tek tek ? Bisa jadi karena kondisinya lemah sehingga menimbulkan bunyi tersebut. Sperti NP kutip dari otomotifnet.com sebagai berikut :

Disinyalir tensioner keteng ini lemah, sehingga tugasnya tak optimal, sehingga timbul suara berisik lantaran ketegangan keteng tak maksimal. Tentu suara itu berasal dari benturan keteng ke gigi di kem atau di batang kruk as. Bagaimana tanggapan Honda?

“Bisa dibawa ke AHASS terdekat biar dianalisa penyebab part bermasalahnya,” terang Wedijanto Widarso, GM Technical Service Division PT Astra Honda Motor. “Kan ada garansi 3 tahun, selama rutin servis di AHASS pasti dicover garansi dan gratis,” imbuhnya.

Yaps, monggo diklaim ke AHASS kalau garansi masih berlaku, atau katanya juga bisa diperbaiki sendiri dengan cara memotong sedikit pita paltnya, lantas digulung kembali. Lebih jelasnya, monggo buka alamat berikut :

http://otomotifnet.com/Motor/Tips/Problem-Tensioner-Lifter-Honda-Cb150r-Dan-Sonic-150r-Bisa-Klaim-Atau-Diperbaiki

Last … Honda yang dulu bukanlah yang sekarang. Dulu mesin-mesin Honda dianggap bandel serta minim problematika. Namun sekarang, sepertinya beda lagi ceritanya. Yaps, manusia memang tak sempurna, tempat salah dan lupa… Semoga jadi pembelajaran untuk ke depannya agas Honda semakin meningkatkan mutu serta kulaitas setipa produknya 🙂 .

Monggo komentar dan pendapatnya…

Keep Safety Riding Sob …

Salam Otomotif … 😀

Wassalamualaikum.

*

*

*

*

*

********************

#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Kalau Modifikasi, ingat Safety.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :

Facebook              : Nofgi Yugo Prasetyo
Fans Page on Facebook : Nofgi Piston Blog
E-Mail                : Nofgimotor@gmail.com
PIN BBM               : 7DB8FF2F
Line                  : nofgi piston
Instagram             : nofgi_piston
Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di Honda, Membahas Mesin Atau Modif Mesin Motor, Motor Sport, Tips Otomotif dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

42 Balasan ke Lagi-Lagi Mesin Honda All New CB150R Streetfire Bermasalah, Bunyi di Bagian Tensioner Lifter Rantai Kamprat

  1. danisubject berkata:

    Bisa ada di all new cbr iki

  2. riko adi puna putra berkata:

    udah pilih yamaha aja aman kok aku kmrn pake CBR 150R skrg pindah ke yamaha R25 lagian stok spare part motor laki dan motor sport yamaha selalu ready stok ketika akan diluncurkan kalo honda harus indent ke jakarta pula (contoh piringan cakram kalo habis), kemudian kalo pas service di yamaha ada spesial tempat untuk seri R jadi ga perlu campur aduk ama motor matic bebek atau yg jadul, cepet jadinya, dan mekaniknya pun beda, kalo honda uda campur aduk lama nunggu pula udah gitu pas di servis hanya bbrapa dealer yg siap mekaniknya yg memang mengerti betul soal permasalahan motor laki atau sport, maaf mungkin honda lagi trend nya fokus ke motor matic saja, jadinya harus bolak balik ke bengkel, maaf ini saya hanya saran untuk honda agar lebih baik ke depan nya, dan juga saya jujur dari dulu saya cinta HONDA cuma MAAF untuk saat ini orang2 pengen jasa layanan yg cepat dan terpercaya apalagi pada sibuk kerja, alias saya ke yamaha dulu tar kalo honda udah lebih baik atau lebih bagus pelayanan publik nya dari yamaha baru saya balik lagi..( ini khusus untuk penggemar motor laki atau sport ) TERIMA KASIH

  3. syhrain berkata:

    Baru balik lg ke dunia blog motor. Ini penyakit serupa ga sih sama cb generasi pertama?
    Titip noff
    https://freaxies.wordpress.com/2016/03/13/ganti-ban-belakang-new-vixion-review-michelin-pilot-street/

  4. Awe net berkata:

    wadohhh, pasti bikin engga nyaman nih kalo gitu terus.

  5. arrahmadi berkata:

    Punya saya juga keluar suara aneh gan. Baru aja selesai servis pertama trus diajak jalan jalan luar kota. Eh mesinnya mulai berisik macam bokep jepang. Akhirnya harus masuk bengkel Ahass lagi

  6. Ardityo Navyanda berkata:

    Saya sudah coba klaim ke ahass masalah klothok2 mesin new cb150r ini, namun 1 bulan lebih sudah berjalan, part klaim belum juga tersedia. Padahal hal itu sangat mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara. Mungkin AHM masih fokus di penjualan dulu. Dengan harga segitu, ternyata bagi konsumen masih ada kemungkinan “apes” dalam memiliki sebuah produk.

    https://m.youtube.com/watch?v=l6YQI9-MPf0

    • Nofgi berkata:

      Welleh, pelajaran buat AHM ini.

    • Ardityo berkata:

      Ternyata meskipun sudah ganti part LAT, namun hanya bertahan 1 bulan saja. Kemudian mesin kembali bunyi klotok2. Benar2 mesin yg istimewa…

      • raymond berkata:

        Saya sudah mengalaminya, all new cb150r di KM kurang lebih 12.000 tu pemakaian kurang lebih 6bln kamprat patah dijalan lgsg deh suaranya ngeri banget, sblmnya udah bunyi tek tek itu. Lalu saya minta klaim garansi sama AHM, saya kejar terus sampe ke ujung dunia pas 2minggu dapat ganti baru dan sekarang saya menulis ini kamprat itu bunyi lagi seperti dulu. Ampun dah

  7. David berkata:

    Bukannya mau menjelekan Hondx yach! tetapi kualitas maupun finishing sangat buruk. saya pun jadi bingung mungkin karena kejar produksi makanya harus korbankan kualitas. Baik type sport 250 cc aja pemakaian plastiknya yang jelek, cat cepat baret dan pudar, boleh jujur ga sebaik Ninin tetapi at least bias seperti product Yamaha yang jaga kualitas dan finishing sangat sempurna. semoga CBR 250 RR tidak mengecewakan karena still wait and see.

    • juki berkata:

      Well maksud situ 250 yang mana ?? CBR CBU?? Jangan salah loh untuk si sempak 250 CBU menurut saya kualitas finishing mirip lah sama Ninin CBU ,kalo sama yg buatan Cibitung mah jauh bagusan sempak CBU finishingnya apalagi laslasannya

  8. Anonim berkata:

    ane punya motor new cb150r fl..pas ane servis pertama katanya memang agak kasar suaranya(kata montirnya).

  9. ilmanafian berkata:

    ane udh coba potong pita tensioner nya dan gulung ulang, awalnya sih baikan mzbro, tapi dua hari kemudian kumat lagi. mungkin udh dasarnya lembek mah lembek aja..hhe
    akhirnya tensionernya ane bikin manual dan cocok, udah jalan 200km belum bunyi (klotok2) lg.

  10. Anonim berkata:

    Sonic ane udah gw bawa ke ahass surabaya.. ..bener tuh solusinya gan setting tensioner rantai ketteng.. and alhamdulillah sembuh sekarang..

  11. raymond berkata:

    Saya sudah mengalaminya, all new cb150r di KM kurang lebih 12.000 tu pemakaian kurang lebih 6bln kamprat patah dijalan lgsg deh suaranya ngeri banget, sblmnya udah bunyi tek tek itu. Lalu saya minta klaim garansi sama AHM, saya kejar terus sampe ke ujung dunia pas 2minggu dapat ganti baru dan sekarang saya menulis ini kamprat itu bunyi lagi seperti dulu. Ampun dah

  12. Helmi H berkata:

    Waah.. Ane nyesel gan minang nih cibi, kirain bandel mesin nya eh..jrk tempuh bru 2000 km+ udah timbul penyakit.

  13. e. rafli berkata:

    Wahh, artikel ini sama persis sama yang saya alami di motor cb150r steetfire sya,bunyi TEK TEK di mesin kalo lagi di gass. Terus pas di started ada yang bunyi hadeuuhhhhh,,,, kasih solusii lahh

  14. mochammad syarifudin berkata:

    Boss mau tanya.. Di kalter sebelah kiri saya kok pas rpm pertengahan kok bunyi kayak srek srek trus suiiit gtu ya boss.. Soalnya sbelumnya saya lepas gigi stater nya ..sudah indent tp blum ada bos.. Mohon pencerahan nya thanks boss

  15. Raden panca berkata:

    Klo buat cb150r memang dstu penyakitnya, tp ga usah bingung, tinggal distel aja dari setelan tensionernya, tp sambil dinyalahin mesinnya, puter perlahan sampai hilang bunyi klotok..klotoknya, slesai deh..😊

    • ahmad berkata:

      Cb ane mati mulu gegara accu ga pernah kecarge padahal kiprok sama spulnya udah ganti baru. Di Ahas udah diinepin 4 hari masih aja bgitu lgi. Solusinya donk gan

  16. arif hidayat berkata:

    mau nanya aja gan
    cb ku kok di stater mau hidup cuman pas mau di jalanin mati,pas di gas mati…apa karna terlalu panas atau gimana gan.. terimakasih atas pencerahanya gan

  17. nuel berkata:

    mohon nanya… saya punya cbr 150 facelift.. udah ditangani ahas.. tapi selang 3 hari ada bunyi tapi kecil suaranya… mohon penjelasannya apakah noken atau masih sama tensionernya masalah… geleng2 kepala deh sama honda akhir2 ini.. anehnya yamaha adem ayem aja… apa salah beli motor.. padahal loyal deh.. sama honda… tapi kok kecewa

  18. nanda hermansah berkata:

    Kelemahan cb ampir semua keluhan nya sama yaitu tensioner keteng baru beberapa bulan aja motor sy sy juga kena tensionernya,harga di bengkel resmi juga harganya lumayan….

  19. Anonim berkata:

    Kalau bisa produk honda jauh lebih baik + suara mesin nya lebih halus lagi. . Biar tambah banyak peminatnya. . Oh ia sama motor yg saya miliki cb 150 suaranya baru 1 bulan udah kasar.

  20. Mudy nuryady berkata:

    Kalau bisa produk honda jauh lebih baik + suara mesin nya lebih halus lagi. . Biar tambah banyak peminatnya. . Oh ia sama motor yg saya miliki cb 150 suaranya baru 1 bulan udah kasar.

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

