Mengenal dan Belajar Arduino Sebagai Otak Pengontrol Robot (NF-308)

IMG_20160701_122414

Assalamualaikum.
Salam Sejahtera Untuk Kita Semua Sobat …

Nah, setelah di artikel sebelumnya NP telah mempromosikan robot buatan NP, sekarang saatnya kita untuk belajar komponen-komponen untuk membuat robot maupun project mekatronika yang lainnya, sebut saja itu Arduino, board microcontroller open source yang sangat mengasyikkan untuk dipelajari:mrgreen: .

Arduino itu sendiri juga merupakan otak pusat kontrol dari robot NF-308 yang NP demonstrasikan di artikel sebelumnya.

Arduino sendiri adalah papan pengembangan mikrokontroller (development board microcontroller) yang bersifat open source, sehingga programmnya dapat dikembangakn bebas oleh para penggunanya. Itulah kenapa Arduino begitu populer dan library nya banyak bertebaran di dunia maya hehe😀 .

Yaps, dibandingkan dengan menggunakan AVR Code Vision(ATmega16 dan minsys), zilog, atau yang lainnya, menurut NP paling mudah belajar program kontrol dengan Arduino. Arduino memiliki bahasa pemrogaman sendiri dan miri-mirip dengan bahasa C.

Nah bagi yang pemula(termasuk NP ini juga masih bisa disebut pemula hehe :D), lebih baik belajar dengan boar “Arduino UNO”. Berikut gambar fisik barangnya :

Dan berikut ini spesifikasi dari Arduino UNO :

Spesifikasi

Chip mikrokontroller ATmega328P
Tegangan operasi 5V
Tegangan input (yang direkomendasikan, via jack DC) 7V – 12V
Tegangan input (limit, via jack DC) 6V – 20V
Digital I/O pin 14 buah, 6 diantaranya menyediakan PWM
Analog Input pin 6 buah
Arus DC per pin I/O 20 mA
Arus DC pin 3.3V 50 mA
Memori Flash 32 KB, 0.5 KB telah digunakan untuk bootloader
SRAM 2 KB
EEPROM 1 KB
Clock speed 16 Mhz
Dimensi 68.6 mm x 53.4 mm
Berat 25 g

Nah Arduino ini mempunyai 14 buah pin I/O (6 diantaranya support dengan PWM) dan 6 buah pin analog in(pin untuk inputan tegangan analog).

pin I/O sendiri adalah pin yang bisa bersifat digital dan bisa kita set sebagai INPUT ataupun OUTPUT sesuai dengan program yang kita tuliskan. Sedangakan PWM sendiri adalah singkatan dari Pulse Width Modulation, di mana ini adalah teknik modulasi dengan mengubah lebar pulsa (duty cylce) dengan nilai amplitudo dan frekuensi yang tetap. Kalau menurut NP sendiri gampangannya tegangan digital yang dianalog-analogkan hehehe😀 . Untuk penjelasan lengkapnya nanti ada di PDF yang akan NP share di akhir artikel.

Sedangkan pin analog in adalah pin yang mempunyai kemampuan khusu untuk menerima tegangan analog(maks 5V) dan dapat dicacah hingga 1024. Silahkan dibaca di PDF juga penjelasan lengkapnya hehe😀 .

Untuk menjalankan board Arduino ini, kita memerlukan software berupa Arduino IDE (Integrated Development Environment). Ini adalah software yang kita gunakan untuk menulis program lalu kita upload ke board untuk selanjutnya digunakan untuk menjalankan board Arduino tersebut. Untuk software IDE nya, silahkan didownload di website Arduino. Search aja di Google banyak kok sob🙂 .

Berikut contoh tampilan software Arduino :

arduino ide

Berikut contoh program di software Arduino IDE :

Lebaran

Nah sepertinya para pembaca udah nggak sabar pengen segera “ngoding” si Arduino ini ya ? Monggo didownload PDF belajar Arduino UNO ini yang NP dapat dari blog www.elangsakti.com .

Dari PDF inilah NP mulai belajar Arduino mulai nari nol …
Untuk download PDF nya, monggo klik link di bawah ini dan langsung sedot deh ilmunya hehehe😀 :
Download PDF Belajar Arduino Untuk Pemula dari Blog www.elangsakti.com

Monggo dipelajari dulu PDF nya. Terima kasih banyak buat pengelola blog http://www.elangsakti.com yang sudah bersedia berbagi ilmunya🙂.

Semoga bermanfaat …😀

Monggo komentar dan pendapatnya yang sopan sob😀

 

Wassalamualaikum.

*

*

*

*

*

********************

#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif/mekatronika/robotika/elektronika atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :

Facebook              : Nofgi Yugo Prasetyo
Fans Page on Facebook : Nofgi Piston Blog
E-Mail                : Nofgimotor@gmail.com
PIN BBM               : 7DB8FF2F
Line                  : nofgi piston
Instagram             : nofgi_piston
Youtube               : NF-308
 

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di Elektronika, Mekatronika, Robotika, Uncategorized dan tag , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Mengenal dan Belajar Arduino Sebagai Otak Pengontrol Robot (NF-308)

  1. techtonime berkata:

    mantab, fast response nih. dulu pernah nyoba bikin semacam brankas pake arduino ini trus dikontrol pake android buat gerakin servo buat buka tutup pintu… udah gitu doang 😂😂😂

  2. Ping balik: Membuat Speed Control Motor DC dengan Arduino | Nofgi Piston

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s