Hati-Hati Pentil Ban Tubeless Bisa Patah … !!!

img_20160924_132244

Assalamualaikum.
Salam Sejahtera Untuk Kita Semua Sobat …

Alhamdulillah blog kecil-kecilan ini sanggup update artikel lagi setelah sekian lama dianggurkan sama empunya heheeh :mrgreen: . Kali ini NP mau berbagi pengalaman nih. Sesuatu hal kecil dan sepele yang ternyata dampaknya begitu besar. Yaps, sebut saja dia pentil ban.

Nah ini adalah cerita pengalaman NP yang mengalami musibah pentil ban tubeless patah. Lho kok bisa toh … ? Ya namanya juga nasib sob, apa aja bisa terjadi hehehe 😀 . Ceritanya malam itu NP main ke kosan temen dan minjem pompa milik temen dengan maksud mau nambahin angin pada ban depan si Bayangan Hitam. Nah sialnya, pas NP mau ngelepas pompa dari pentil ban, eh ternyata pentilnya ikutan lepas juga alias patah sob … !!! Ambyar tenan, angin langsung ngewes keluar ban ban pun bocor total alias udaranya keluar semua … !!!

Welleh … Welleh … NP langsung bingung ora karuan nih 😦 . Apalagi kondisi pada malam hari. Apa daya lah NP pasrah saja dan memutuskan untuk memperbaiki problem tersebut keesokan harinya.

img_20160921_090330

Dan pada esok hari, alhamdulillah jam kuliah pagi kosong dan NP pun langsung meluncur ke Planet Ban terdekat buat ganti pentil ban sekaligus konsultasi tentang problem tersebut. Mau tak mau si Bayangan Hitam NP kendarai pueelaaan-peelaaan biar ban sama velg depan gak rusak. Pengennya didorong saja tapi apa daya lokasi Planet Ban yang dituju jauh dari kosan 😦 .

Yaps setelah nyampai ke Planet Ban yang dituju, langsung saja proses penggantian pentil ban dilakukan. Cukup mudah kok sob, tinggal buka ban dikit pada bagian yang ada pentilnya tanpa melepas ban, lalu diganjel dan pasang deh pentil ban tubeless baru dengan cara dipasang dari dalem dan dijepit mur penguncinya di luar. Harga pentil ban tubeless itu sendiri murah kok, cuman 8000 sebiji. Masangnya sendiri gratis kalau di Planet Ban.

img_20160921_102911

Menurut hipotesa NP sendiri, patahnya pentil ban tubeless ini bisa diakibatkan karena faktor kualitas pentil ban itu sndiri yang buruk atau juga bisa karena karatan. Faktor lain yakni human error karena nyopot selang pomponya terlalu maksa dan keras akhirnya si pentil ban ikutan patah deh hehehe :mrgreen: .

Yaps, saran NP sendiri kalau beli pentil ban jangan yang terlalu jelek, kalau ada duit ambil yang bagus sekalian buat cari aman sob. Dan juga kalau mau melepas selang pompa sesudah memompa ban lebih baik hati-hati biat pentil bannya nggak ikutan patah.

Oh iya, bagi penmakai ban tubeless yang doyan touring NP sarankan selalu jaga-jaga bawa pentil ban tubeless cadangan guna berjaga-jaga kalau terkena musibah seperti NP ini.

Sekian cerita berbagi pengalaman dari NP … Semoga membantu para pembaca sekalian … 🙂 .

Monggo komentar dan pendapatnya yang sopan sob😀

 

Wassalamualaikum.

*

*

*

*

*

********************

#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif/mekatronika/robotika/elektronika atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :

Facebook              : Nofgi Yugo Prasetyo
Fans Page on Facebook : Nofgi Piston Blog
E-Mail                : Nofgimotor@gmail.com
PIN BBM               : D2F100C2
Line                  : nofgipiston
Instagram             : nofgi_piston
Youtube               : NF-308
Iklan

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di Tips Otomotif dan tag , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Hati-Hati Pentil Ban Tubeless Bisa Patah … !!!

  1. techtonime berkata:

    untung bukan pentil yg itu yg copot…
    *eh

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s