Assalamualaikum.
Hai sob. Di dalam dunia modifikasi motor, tak sedikit biker yang memasangkan fairing tambahan ke motor sport type naked bike mereka. Tujuan pemasangan fairing tambahan ini biasanya adalah untuk mempercantik tampilan motor, untuk menutupi kekurangan motor, dan lain-lain. Nah petanyaannya adalah, apakah penambahan fairing ini akan berpengaruh besar pada peforma motor ?
Untuk pertanyaan ini, biar NP jawab deh. Lho kok bikin pertanyaan malah dijawab-jawab sendiri ? Hehehe nggak masalah deh. Selama ini, NP memasang fairing tambahan ke motor old Vixion NP. Fairing ini hanya fairing variasian yang biasanya dijual di beberapa bengkel variasi motor. Bentuknya mirip model fairing Yamaha R1 yang lama. Cuman NP cat ulang dan NP kasih striping baru agar tampilannya makin sip. Maklum sob, warna bawaan fairing variasi ini kurang bagus dan terkesan murahan (IMHO). Tak lupa juga NP pasang bracket/pangkon-pangkon tambahan agar fairing tak goyang-goyang saat diajak melaju di jalanan.
Menurut pengalaman NP selama ini, peforma motor Vixion NP tak terlalu berpengaruh dengan adanya fairing tambahan yang nemplok di situ. Motor masih tetap bisa kencang saat diajak berakselerasi maupun diajak untuk mencoba menggapai top speed. Diajak berakselerasi dan melaju hingga 120 km/jam pun masih cukup mudah dilakukan. Sejauh ini, top speednya kira-kiraya kurang lebih 130 km/jam on speedo (maklum, katanya speedo analog old Vixion itu agak sesat hehehe). Dan menurut NP motor malah lebih enak dan lebih anteng saat diajak kencang., tapi ya kencangnya di jalanan yang sepi dan aman hehehe. Tahu tentang Vixion om Yudibatang ? Blogger cukup kondang itu seingat NP pernah nulis artikel tentang Vixionnya yang sanggup melaju hingga lebih dari 140 km/jam dalam kondisi berbaju alias memakai fairing tambahan. Tapi seingat NP itu dalam kondisi mesin sudah dioprek ringan, namun tetap 150 cc SOHC.
So, kesimpulannya, menurut NP pemasangan fairing tambahan itu sebenarnya tak berpengaruh terlalu besar kepada peforma motor. Tapi juga kembali ke bobot dan bentuk fairing itu sendiri. Jika bobotnya berat dan bentunya justru tak aerodinamis, ya malah bisa berpengaruh negatif ke peforma motor. Begitu pula sebaliknya (IMHO, CMIIW).
Bagaimana menurut sampean ? Ini pendapatku, mana pendapatmu ?
Wassalamualaikum.
********************
#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Modifikasi motor yang tidak safety dan melanggar aturan tidak dianjurkan untuk motor harian/touring.
#Modifikasi jangan terlalu berlebih-lebihan.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :
Facebook : Nofgi Motor Sport
E-Mail : Nofgimotor@gmail.com
pastilah gan, aerodinamisnya pasti lebih sip
http://sarikurnia980.wordpress.com/
sah sah saja pasang fairing asal tetap nyaman bro
Gak pengaruh besar,mntap…
ini sama dengan artikel blog ane bro … tapi di blog ane saya tulis berpengaruh besar. karena dari sisi bahan dan aero dinamis nya gak tepat … serta kondisi mesin standart pake ban gambot
vixion-sambi.blogspot.com
bakal terasa bedanya kallau udah 100++ kpj
kalo make fairing yang bagus aeronya stabil,ga goyang” motornya kena angin
Yaps, menurut ane jadi lebih stabil.
tujuan utama pake fairing untuk motor balap adalah mengurangi koefisien drag udara saat melaju dalam kecepatan tinggi, motor mengikuti bentuk paling aerodinamis yaitu tetesan air hujan, Depan bunder/njendol, belakang lancip.
Sedangkan untuk motor harian, fairing cuma buat fesien/gaya biar ganteng, cuma bikin berat.
Bikin susah juga kalau lagi terjebak macet, jadi agak suit selap-selip hehehe.
Tapi kalau buat kenceng lebih anteng (IMHO).
Saya lebih suka klo neked bike yahh tetep dengan model nakednya waelah….apalagi klo dipake in fairing tapi motor jadi kelihatan aneh, fairing tapi kok bannya kecil walahhhh ngk karuan jadinya
http://myskywave.wordpress.com/2013/05/30/suzuki-sport-150-pahe-mana-lebih-baik-gs150r-gsr-150i-atau-en-150/
pengen deh pasang fairing hehe
Hahaha.
Racun modif.
nebus fairingnya plus bracket,pangkon hbs brp bro?
gimana dengan PWR nya?
Mungkin ya ngaruh dikit.
f
berpengaruh kalau kata ane,jadi berat n g lincah.lebih2 kalo [ake stang jepit, pegel.
Ya itu resikonya, susah kalau lagi macet hehehe.
sebenarnya walaupun jadi tambah berat, tapi jika fairingnya sgt aerodinamis jg turut memperingan kinerja mesin, karna fairingnya mampu membelang angin trus mengalirkannya kebelakang, ini malah nguntungin buat raih topspeed,, klo nekad ngail topspeed pasti susah, karna angin berbenturan ke mana2 dibagian depan motor..
Yapsm kalau bentuk fairing aerodinamis, Insya Allah bisa lebih kenceng.
Design fairing juga mempengaruhi performa ga mas…?
Tentu, kalau fairingnya nggak aerodinamis motor malah bisa jadi berat karena nahan angin (IMHO, CMIIW).
untuk motor berpower ga gede2 amat ga ngaruh bro. bayangin tenaga yg pas2an dapet beban tambahan bobot fairing berikut braket2nya, aerodinamika juga ga terlalu ngefek. kalo performa ga mumpuni yo kedodoran
buenerr masss ……. saya setuju pendapat sampean
sebagai contoh vixion vairing di blog ane http://vixion-sambi.blogspot.com/2013/05/pasang-fairing-top-speed-vixion-malah.html
Tergantung juga sih, menurut ane malah lebih anteng kalau diajak kenceng. IMHO lho ya.
ya semua tergantung si fairing menurut ane ….
kalau motor gak mumpuni ya turun.. kalau motor mampu ya tambah nyuuussss
video yudibatang ada kok yg test bertiga, motor masih standart dulunya, bisa nyampe 130 tanpa fairing, setelah oprekan dan pasang tameng punya MX ada video susulannya yg nyampe 150 kpj.
Ya itu.
Padahal pakai fairing kreasi sendiri, tapi mampu menggapai speed 150 km/jam.
Oprekannya hebat tu, padahal masih 150cc.
Walah..ngguayane rek!! Hehehe..
Pic,paling bwah,sing nunggang karo motore apik motore..hehehe brcanda lho..
*KKKKABUUUURRR.,
Hahaha …
Pisan-pisan nggaya titik bro.
Mosok wonge y gk ngganteng pisan ? Hehehe
walah.. arek sidoarjo sisan toh 😀
motor kayak keong …. menang body tapy larynya kayak keong/bekhicot
ninja rajanya aspal
maaf mas kalau pakai stang byson full fairing apa ngaruh ke belokan ?
\