Cara Sederhana Maksimalkan Tenaga Yamaha Vixion

 

Assalamu’alaikum …

Jumpa lagi nih para pembaca. Uda kangen sama NP kan ? Xixixi …

Kali ini NP mau berbagi tips sederhana untuk memaksimalkan tenaga pada Yamaha Vixion (Versi lama). Tips ini sekedar untuk memaksimalkan tarikan si motor sport Deltabox ini, cukup sederhana dan cukup mudah untuk dilakukan kok.

1. Memakai Busi Iridium

 

Benda kecil ini ternyata berpotensi untuk nambah tenaga motor lhooo … Yaps si busi kecil ini tugasnya adalah untuk memercikkan api sumber ledakan pada ruang bakar motor. Dengan menggunakan busi iridium, diklaim api busi lebih besar dan fokus dari pada busi biasa. Selain itu busi ini juga tahan pada suhu tinggi, karena konon katanya busi iridium termasuk kategori busi dinginUntuk motor injeksi, pakailah busi yang menggunakan kode “R”, karena itu pertanda bahwa busi tersebut memiliki resisten. Untuk Yamaha Vixion, coba pakai busi iridium NGK CR8EIX. Dengan busi iridium, akselerasitarikan Vixion makin mantap … !!! (IMHO). Untuk harga, dulu ane tebus 100.000 rupiah.

2. Gunakan 9Power

Benda kecil ini diklaim sanggup menyempurnakan pengapian pada busi. Untuk motor 4 tak seperti yamaha Vixion, pakailah alat ini dua buah, dipasang di dekat busi dan kabel koil menuju busi (CMIIW). Diklaim oleh pabrikan dapat memaksimalkan akselerasi, power dan speed. Untuk harga, dulu ane beli dengan harga 40.000 rupiah.

3. Ganti Per dan Kampas Kopling, Pakai Yang Racing

Biar tarikan makin maknyos dan penyaluran tenaga makin maksimal, coba ganti kampas dan per kopling Vixion sampean pakai yang bertipe racing. Biasanya bahan kampas kopling lebig padat dan per kopling lebih kaku (CMIIW). Atau, juga bisa mengaplikasikan per kopling milik Tiger Revo dan kampas kopling dari Yamaha Scorpio Z. Beberapa rider Vixion sudah menggunakan part tersebut untuk Vixionnya. Ane sendiri sih pakai Kampas kopling Scorpio Z merk Daytona dan per kopling Vixion merk TDR. Memang tarikan cukup bagus, tapi diperlukan penyetelan jarak main kopling yang pas juga.

4. Stel CO Vixion

Kebutuhan CO antara satu Vixion dengan Vixion lain bisa berbeda. Oleh karena itu, stel CO Vixion kalian sesuai kebutuhan. Untuk Vixion yang sudah dioprek mesinnya, lebih baik naikkan stelan CO nya (misal +10). Juga berlaku buat Vixion yang sudah pakai busi iridium atau knalpot racing. Ini dilakukan agar kebutuhan bensin pada ruang bakar bisa lebih maksimal. Untuk menyetel CO, bawalah Vixion sampean ke bengkel resmi Yamaha. Karena butuh alat khusus untuk menyetelnya.

5. Pakai Bensin Beroktan Tinggi, Seperti Pertamax

Percuma kalau mesin Vixionnya uda dioprek, eh bensinnya masih pakai Premium. Peforma kurang maksimal deh (IMHO). Mesin Vixion memang memiliki kompresi yang cukup tinggi. Oleh karena itu, dianjurkan pakai bensin beroktan tinggi seperti Pertamax. Dengan begitu, peforma mesin bisa lebih maksimal. Apalagi yang sudah pakai busi iridium pada Vixionnya. Usahakan pakai bensin beroktan tinggi agar dan terjadi ggejala ngelitik pada mesin, karena ledakan pada busi iridium biasanya lebih besar (IMHO, CMIIW).

 

Cukup sekian dulu para pembaca, tips ini sudah ane terapkan pada motor Vixion ana sendiri. Dan hasilnya peforma cukup mantab, walaupun Vixion ane sudah pakai fairing. Sebenarnya masih banyak tips buat dongkrak peforma Vixion (seperti porting polish, papas head, bore up, ganti ECU, dll) , tapi pegel juga ane kalau harus ketik semuanya hehehe, jadi cukup sekian aja ya …

Monggo dikomentari, mungkin para pembaca punya tips lain …

Assalamu’alaikum …

 

Maaf jika ada kesalahan. Ambil sisi positifnya dan buang sisi negatifnya …

Tentang Nofgi

Menerima Order Project Elektronika & Robotika. WA/SMS : 088217082017 Youtube : Nofgi Piston IG : nofgi_piston
Pos ini dipublikasikan di Membahas Mesin Atau Modif Mesin Motor, Modifikasi Motor, Yamaha dan tag , , , , . Tandai permalink.

345 Balasan ke Cara Sederhana Maksimalkan Tenaga Yamaha Vixion

  1. revan berkata:

    Bener bro vixion ane cuma ganti perkop recing busi iridium tenaga jadi jos

  2. Sandi pratama berkata:

    Bang kenapa sudah diganti kampas kopling yamaha vixion old yang asli .eh malah nafas nya agak sedikit pendek.berpengaruh nggak sma CO nya.

  3. Anonim berkata:

    mw nanyak bos kl vixion_kn 150 cc kok punya q kyk 100 cc, tenaganya berkurang mskpun dah masuk gigi 1 tetep sepedanya gak mw berangkat ( lama berangkatny) apa penyebabnya bos

  4. Adya Razan berkata:

    Setelah ini ane bakal ganti kamkop perkop racing

  5. Boby berkata:

    Bro, sya mau tanya. motor vixi saya pakai knalpot R9 racing gp series. Tapi knapa knalpot saya saat mengas tinggi dan menurunkan gas kenalpot saya terkadang meledak. Kalau boleh tau, itu knapa bro? Tolong solusi nya dong

  6. Adya razan berkata:

    9 power itu beneran ya?

  7. Yanto berkata:

    Mau tanya bos Vixion old masih standar per kopling TDR klo pakai busi iridium apa bisa makasih sebelumya

Tinggalkan Balasan ke hafid Batalkan balasan