Mendongkrak Peforma Sepeda Motor Lewat Gear Atau Sprocket

Assalamualaikum.
Salam sejahtera untuk kita semua sobat.

Hallo sobat biker setanah air. Siapa yang nggak pengen kuda besi pacuannya tambah kenceng ? Pastinya hampir semua biker pengen donk … Yaps, banyak cara untuk upgrade peforma pacuan kita, mulai dari bermain dengan part racing, korek ringan seperti porting polish, sampai yang sulit semacam bore up dan stroke up. Nah, kali ini NP mau share cara korek ringan buat nambah peforma motor. Yang jelas nggak susah dan nggak ribet tentunya.

Yaps, cara ini adalah merubah rasio final gear, yaitu dengan merubah nilai mata sprocket/gir di depan atau yang di belakang. Yaps, sejatinya roda gigi yang berdampingan dengan chain atau rantai namanya adalah sprocket, namun di sini NP sebut saja gear biar pemahaman sampean nggak ribet hehe :mrgreen: .

Nah, kita bisa memainkan rasio antara gear depan dan belakang dengan memperbanyak jumlah mata atau menguranginya. Ambil contoh saja di old Vixion. Ukuran standart gear depan old Vixion adalah 14 dan 42 di belakang, jadi rasionya jumlah mata gear depan dibagi jumlah mata gear belakang = > 42:14=3. Ketemunya 3 sob.

Nah, kalau sampean ngejar akselerasi dan torsi, alias putaran bawah mesin jadi ringan, monggo memperbesar ukuran gear belakang, misal jadi 44. Rasionya => 44:14=3,14. Rasionya menjadi lebih besar, putaran bawah pada mesin jadi lebih ringan dan respon cepat, namun nafas serta top speed bakal turun. Cara ini sudah banyak sekali diaplikasikan para penunggang old Vixion yang mengganti velg dan ban denagn tapak lebar, sehingga bobot bertambah. Rasio besar cocok untuk yang gemar off road, touring di medan ekstrim dan menanjak, stunt rider, serta riding di perkotaan yang sering macet dan sering stop and go.

Sedangkan kalau sampean ngejar nafas yang panjang serta top speed tinggi, bisa dengan mengurangi jumlah mata pada gear belakang atau menambah jumlah mata pada gear depan. Misalnya yang NP terapkan pada si BH alias Bayangan Hitam old Vixion kesayangan NP. Gear depan NP ganti jadi 15, jadi rasionya => 42:15=2,8. Beda cukup jauh dari rasio standart. Dampaknya putaran bawah melemah, namun nafas jadi panjang-panjang dan top speed terdongkrak. Cocok buat yang suka touring jarak jauh antar kota (biar gak ketinggalan rombongan 😀 ), maupun yang biasa melalui jalanan lurus yang lenggang.

Yaps, sekarang kembali kepada rider dan kebutuhannya. Pengen kejar power bawah atau power atas. Monggo bereksperimen dengan rasio final gear 😀 . Namun yang jelas dibutuhkan upgrade pada sisi lain untuk mengoptimalkan peforma ubahan rasio gear, misal dengan mengubah filter udara, porting polish, knalpot, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan pada saat ini, NP tengah meriset rasio gear 15:43 pada si BH, doakan cocok sob hehehe 😀 .

Monggo komentar dan pendapatnya…

Keep Safety Riding Sob …

Salam Otomotif … 😀

Wassalamualaikum.

*

*

*

*

*

********************

#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :

Facebook              : Nofgi Motor Sport
Fans Page on Facebook : Nofgi Piston Blog
E-Mail                : Nofgimotor@gmail.com
PIN BBM               : 7DB8FF2F
Line                  : nofgi piston
Instagram             : nofgi_piston

Tentang Nofgi

Menerima Order Project Elektronika & Robotika. WA/SMS : 088217082017 Youtube : Nofgi Piston IG : nofgi_piston
Pos ini dipublikasikan di Aksesoris/Variasi Motor, Membahas Mesin Atau Modif Mesin Motor dan tag , , , , . Tandai permalink.

19 Balasan ke Mendongkrak Peforma Sepeda Motor Lewat Gear Atau Sprocket

  1. Pengamat berkata:

    Banyak cara bikin akselerasi tambah joss.
    1. Camshalf Pake durasi nmax sblm vva bekerja overlap 34° makin kecil overlapnya makin cepat akselerasinya knalpot wajib diriset lagi .
    2. Perut knalpot pada 2 tak makin kecil perut knalpot makin cepat akselerasinya tp silincernya wajib lancar supaya ngak nahan dirpm atas. Pada 4 tak silincer free flow yg cepat akselerasinya juga volumenya lbh kecil dari standar dan lancar.
    3. Memperingan reduksi gear yg paling mudah tp nafas pendek2.

  2. danisubject berkata:

    pengen manjangin rasio gear nmp … takut ga bisa wheelie lagi 😦 😀

  3. Kalo di batam mending turunin rasio… jalannya enak buat ngebut #eh…

  4. Untuk satu set berapa harganya mas broo………. di mana alamatnya……. mau ganti ger nih……..

  5. Wenkzone berkata:

    Gan kalo vixion old depan 15 : 47 gmn gan?

    Mw masang punya nya r15 di black shadow (si vixi) ane … tapi ragu juga soalx baru mw nyoba… mohon bimbinganx n masukanx gan…

  6. Kalau ban depan 110 belakang 160
    Old vixion ane cocok pake gear+Rantai ukuran brp ya mas broooo? ☺

  7. Salahudin berkata:

    Lalu gimana hasil nya gear depam 15 gear belakang 44

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D