Pengalaman Memakai Pertamax dan Premium di Vixion Ane …

Assalamu’alaikum …

Kali ini NP mau sharing aja perasaan NP saat memakai bahan bakar alias bensin Pertamax dan Premium di si Bayangan Hitam alias Vixion hitam ane …

Berhubung harga Pertamax sempat naik, NP jadi agak malas ngisi tangki si BH pakai Pertamax. Pilihan ya jatuh pada bensin Premium. Lebih murah gitu lho hehehe … Kalau gak salah harganya 4.500/liter CMIIW.

Perasaan yang NP rasain saat memakai bensin ini buat Vixion BH ane kira-kira seperti ini deh :

* Tarikan kurang mantab kalau dibandingkan sama pakai Pertamax

* Akselerasi agak lemot

* Nafas motor kurang panjang

* Mesin agak kasar sedikit deh

* Sering kepikiran, takut mesin rusak gara-gara pakai bensin oktan rendah buat motor berkompresi cukup tinnggi (walaupun temen dan orang di desa ane pada pakai premium buat Vixionnya)

Berhubung sering juga kepikiran soal mesin si Bayangan Hitam, ane putusin beli Pertamax aja deh buat si Vixion. Agar hati dan pikiran lebih ayem tentrem hehehe …

Alhamdulillah Gusti Allah masih memberi kesempatan bagi ane buat ngisiin tangki besar (padahal ya gak gede-gede amat) si Vixion pakai bensin biru alias si Pertamax.

Tempat penampungan bahan bakar si Bayangan Hitam … ^^

Perasaan ane setelah makai bensin oktan tinggi ini kira-kira begini deh :

* Tarikan lebih mantab …

* Akselerasi makin jooosss, RMP lebih cepat naik (tau-tau gak kerasa udah naik banyak hehehe)

* Nafas motor menjadi lebih panjang dari pada pakek Premium

* Suara mesin agak halus, gak kasar-kasar amat …

* Mesin terasa agak lebih cepat panas

* Ada harga ada rupa bung … !!! Bensin murahan ya beda sama bensin mahal … Hehehe

Begitulah kira-kira opini NP setelah pakek Pertamax. Kalau gak salah sekarang harganya di daerah ane 10.000/liter CMIIW.

Begitulah bro … Ada harga ada barang …
Jangan samain bensin murahan yang masih bersubsidi sama bensin mahal yang oktannya lebih tinggi. Pertamax emank cocok buat motor yang kompresinya cukup tinggi kayak Vixion (lihat kompresi motor pada spesifikasinya).

Pengen juga suatu saat ngincipi bensin dengan oktan yang lebih tinggi kayak Pertamax Plus atau bensin dari perusahaan macam Shell. Tapi apa daya, lha wong cari Pertamax Plus aja masih agak sulit, amklum daerah ane di pedesaan hehehe … (tapi orangnya gak ndeso-ndeso amat lho …).

Mohon Doa dari para pengunjung sekalian agar ane diberi rezeki yang lebih agar bisa beli bensin Pertamax dan motor Vixion ane bisa tetep pakai bensin Pertamax … Amin …

So … Inilah opini versi NP. Mungkin opini masbro yang lain bisa aja beda-beda …
Kalau sampean punya pendapat tentang bahan bakar tersebut, silahkan dikomentari deh …

Monggo dikomentari …

Assalamu’alaikum …

Maaf jika ada kesalahan. Ambil sisi positifnya saja dan buang sisi negatifnya …

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Tulisan ini dipublikasikan di Vixion, Yamaha dan tag , , . Tandai permalink.

99 Balasan ke Pengalaman Memakai Pertamax dan Premium di Vixion Ane …

  1. kenthoet berkata:

    hidup BBM bersubsidi :P

  2. erlangga yoga berkata:

    cobain pertamax plus lbh nendang lg, dah nyobain tmbh irit 2lt bisa wat 2,5hr pke prtamax 2hr pp 35km plus macet ,cm duit’y yg ga irit :D

  3. yudha depp berkata:

    kalau pake premium mendingan tambah
    power booster merk GES.
    Perbandingannya 1 ml untuk 1 L.
    menaikkan oktan setara petramax plus

  4. kharis27 berkata:

    ane kalo ga di bawa jauh2 amat pake bensin bro kalo perjalanan jarak jauh wajib pertamax hehe
    http://kharis27.wordpress.com/2012/09/24/yamaha-r125-pake-baju-ducati-1098/

  5. tedi berkata:

    Biar agak irit….
    Pake campuran premium + pertamax plus..perbandingan 1 : 1
    didapan oktan oplosan sebesar 91….(hampir sama dg pertamax)…
    Pengin jossss ya pake pertamax racing (kl ga salah oktan 105)…
    tapi kalo kompresi mesin di bawah 11:1 malah mbrebet tuh..
    …..
    pake premium gak bakal bikin seher nonjok head…
    pd motor dg kompresi di bawah 9 : 1 disarankan pake premium aja..
    Kalo kompresi tinggi ya wajib pake pertamax, kompresi 11:1 wajib pertamax plus…

    • Nofgi berkata:

      Pengalaman pernah baca artikel
      Katanya ada mobil dgn kompresi tinggi diisi pakai bensin oktan rendah, terus karena keseringan sehernya bolong deh …
      Ngeriii … jadinya …

  6. zero berkata:

    salah satu penyebab motor ngelitik saat ganti premium adalah karena motor tersebut emang sudah terbiasa diisi pertamax, kasusnya mirip jupiter Z burhan tetangga ane, tiap isi bbm selalu diisi pertamax pulltenk, sedangkan shogun 125 temen ane cukup premium, beberapa hari kemudian temen ane yang pake jupiter ganti premium gara2 stok pertamax belum dateng, akhirnya detonasi itu montornya, tapi 2 hari pemakaian udah nggak detonasi lagi

    ada kemungkinan faktor “sisa-sisa” pertamax yang udah mengeras di sitting klep lah penyebabnya, karena titik bakar pertamax lebih lama dari premium, makanya terjadi ledakan 2 kali , sehingga detonasi, 2 hari kemudian “sisa-sisa” pertamax itu hilang, jadinya gag detonasi lagi

    yea itu penjelasan menurut ane, monggo ditambahkan kalo ada yang salah :)

    http://zulfauzi.blogspot.com/2012/09/raja-tikungan-vs-raja-trek-lurus.html

  7. yudha depp berkata:

    6 bulan pakai ke ninja enggak masalah
    mungkin karna 2 tak ya.
    kalau pake premium dapat 30 km per liter
    kalau campur GES dapat 33 km perliter sama
    seperti pakai pertamax.

  8. mottobiker berkata:

    klo di tempat bro ada shell,, coba pake shell deh,, itu akselerasinya lumayan nendang lohh,, walau nantinya malah dibilang ga cinta produk dalam negeri :razz: sebelumnya saya jg pernah pake pertamaxx,, tapi gara2 sempat harga pertamax lebih mahal dari harga shell (aneh kan,, harga bensin lokal lebih mahal dari bensin internasional) itu dulu sihh,, tapi harga shell jg nempel nempel kok dari harga pertamaxx

    http://mottobiker.wordpress.com/2012/09/24/turun-mesin-itu-perlu-atau-ngga-menurut-pandangan-bro-semua/

  9. Nara berkata:

    Podo karo jangnara aka pikson red maroon ane. Tak minumin pertamax tp sekarang mahal pertamaxe 10 ribu dikota ane. Keluhan kadang rada nembak2 suara knalpote. Pake premium jiaan lemot tarikane, habis ngebut knalpot nembak2 kenceng pula. Jd jijik klo inget suaranya.
    Suara mesin kasar.
    Servis didealer besar yamaha maupun yg kecil sama aja mekaniknya gak pecus babar blass…Geram ane…!!!! Padahal dah tak kasih uang tips 10 ribu tiap servis tp tetep knalpot si nara nembak2…!!! Pake pertamax sama tetep nembak2. Ane pake premium baru 3x. Selebihnya pertamax truss. Kemaren habis tabrakan headlamp ancur berantakan tp bagian yg lain alhamdulillah gak napa2.
    Reparasi plus headlamp baru habis 500 ribu km_ pun dah 1500 males servis.
    Pasti nembak2 lagi nantinya.
    Ada solusi bro..???
    Bro bukane pikson pengapianya dah dimundurin jd percuma dong dikasih pertamax gimana menurutmu ???
    Ane klo liat rider Fu ma ninja 250 & pikson lain dikota ane kok pd minum premium ya montore. Dah anehnya jg gak napa2 gitu montore..??

    • Nofgi berkata:

      Di daerah ane Vixion n FU juga pada pakai premium, dan katanya aman2 aja tuh …
      Tapi emang tarikannya jadi agak lemot …
      Tapi mungkin efek jangka puaaanjaaangnya ada bro …
      Kompresi Vixion cukup tinggi, menurut ane sih gak sia2 pakai Pertamax …
      Kalau Vixion suka nembak2, coba setting CO gan … Cari settingan yg benar2 pas …
      Atau katanya sih nutup lubang AIS biar gak nembak.

    • lanangbagus berkata:

      vixion klo suka nembak nembak knalpotnya ganti businya aj gan biasany lgsung sembuh

  10. Maxy berkata:

    @nara:klo snalpotny suka nembak coba lubang AIS nya ditutup aja plus pakai busi iridium.soalny trik ini berhasil di vixion q…IMHO..soal bahan bakar,enakan pertamax lah..tpi lbh enak lg petronas..harganya lebih murah lg.bukan g nasionalis hanya berpikiran logis aja..

  11. Aa Ikhwan berkata:

    kemungkinan nanti ke depannya akan banyak beragam spbu di indonesia termasuk yg jauh dr kota :D

  12. apriantoblog berkata:

    saran ane pake ron 95 bro, mantep, punya kandungan engine flush rasanya, soalnya standart internasional ron 95ya begono ada Engine flush, jadi hemat carbon cleaner

    kalo mesin panas, coba ganti collant sama yang punya titik didih lebih tinggi dari yamaha lube,banyak kok, dari yang lokal sampe interlokal, motor ane jadi hilang fungsi penghangat di malam hari gara gara ganti collant, resikonya mengigil sepanjang perjalanan malam, tapi hasilnya mesin ademm

    banyak isu yang bilang kalo bbm ron tinggi itu bikin kerak di mesin terutama untuk kompresi rendah, sekali lagi itu akal akalan bengkel, sama pendapat awam bro, BBM non subsidi yang masuk ron 92, dan 95 atau bahkan keatas, punya standarisasi internasional, dimana setiap standart mengandung kandungan timbal kurang dari 0,03 ppm, dan biasanya merek pertamax lebihkecil, jauh lebi kecil dari shell, dan yang paling mepet 0,03 punya si petronas,

    panas mesin karena ron tinggi disebabkan dari pembakaran sempurna, saat proses intake, bbm masuk, saat kompresion, terjadi kompresi sempurna,kandungan BBM + udara jadi sangat padat, tapi belum terbakar, kalo premium uda kebakar bro, nah di komprsi yang super tinggi itulah panas di hasilkan, lalu karena kompresi tinggi, proses pembakaran terjadi secara merata dan sempurna, sehingga sisa sisa karbon yang menumpuk di pastikan sangat sedikit

    • Nofgi berkata:

      Mantab nih penjelasannya …
      Yang jelas ada harga, ada rupa.
      Masak to kita beli bensin mahal gak da efek positifnya ?
      Jelas kualitas Pertamax lebih baik dari pada Premium …

      • apriantoblog berkata:

        nah kalo pertamax sama premium jauh bro,

        oh iya bocoran dikit, ron 92 yang di jual di pasaran, sebenernya ron 91 kok,

        merek apa aja ronya 91, cuma koma di belakangnya yang membedakan,

        kalo hemat ane mending cari ron 95, oh iya, mesin makin panas, berarti ron makin tinggi, mungkin paha ga nyaman kalo mesin panas, tapi selama masi tahap toleransi level heat di termostat masi aman kok bro,

        sekiranya ga nyaman sama panasnya yaitu pake radiator mobil mahal, minimal titik didihnya di atas 135 derajad aja uda adem kok

      • Nofgi berkata:

        Siiip dah …
        Kalau coolant original Yamaha Vixion kira2 titik didihnya brapa ya … ?

      • apriantoblog berkata:

        wah kalo itu ga tau mas bro, tapi rasanya pas ke requirtment si vixion, sekitar 110 -130an rasanya

  13. mr.you berkata:

    vixion secara kompresi wajib pertamax,tp motor rakitan indonesia setting pengapian disesuaikan nenggak premium.atpm jg gak bodoh,masa motor massal untuk harian wajib minum pertamax.wah bisa gak laku tuh motor.di forum2 motor bnyk bahas ada yg bilang vixion wajib pertamaxlah,ato motor dohc hebat,kencang&sakti mandraguna hingga saking kencangnya jika di pk kebut tu motor dohc sampe tdk nyentuh aspal alias terbang wkk..wkk..saran aja jgn 100% percaya.kalo 100% ente percaya,berarti ente kena sindrom pertamax&dohc…ane jg dulu sprti itu kena 2 sindrom itu,tp skrng dah sembuh..terima kasih tong fang

    • Nofgi berkata:

      Wkwkwk …
      Akibat klinik Tong Fang ya … ?
      Tapi kalau pakek Pertamax mesin jadi agak alusan tu (IMHO) ..

    • tony berkata:

      Saya setuju mereka juga gk bodoh.. Ane udah 3thn pake premiun fine2 aja.. Malahn klo pake pertamax menurut ane cuma pemborosan saja.. Katanya pake pertamax bikin akselerasi lebih enak suara mesin lebih halus.. Buktinya saya rasa tenaga nambah nya cuma 00,sekian% saja

      Nah klo yg dohc ane gk setuju
      Agan blm pernah pake motor dohc ya gan…
      Cobain deh dulu baru kasih komentar….
      Jngan yg terlalu sakt dulu dehi kek cbr ninja250..
      Satria fu aja dulu..
      ada cirikhas dari fu yg gk bakalan bisa di miliki sama vixion..
      Kecuali vixion nya di bikin overbore dohc..

      • Nofgi berkata:

        Uda pernah coba Satria FU yg versi lawas. Biasa aja … Tapi lom sempat dibuat kenceng …

      • Nofgi berkata:

        Uda pernah coba Satria FU yg versi lawas. Biasa aja … Tapi lom sempat dibuat kenceng …
        Nyatanya temen ane yg pakai sering pakai Pertamax Vixionnya (yg versi lampu bulat) tetep enak n alus bener mesinnya.

  14. zero berkata:

    semua motor berkompresi tinggi yang dirakit dan dijual di Indonesia, sebuta aja mulai dari : Ninja 250 Fi, Inazuma 250, CBR 250, CBR 150, Megelli 250 RV, Satria FU, Vario, V-Ixion, Jupiter MX, CS-1, TVS Tormax 150, dll

    semua kurva pengapiannya udah disetting bisa nenggak premium dari pabriknya

    tapi ini gag berlaku buat motor built up dari importir umum, seperti : KTM Duke 200

    http://zulfauzi.blogspot.com/2012/09/pengamen-yang-super-kreatif.html

  15. mr.you berkata:

    ada yg bilang pemakaian premium pada vixion akan merusak mesin dlm jangka waktu 3thn,tp faktanya gak ada tuh.jika dikalkulasikan selisih harga pertamax dgn premium dalam jangka waktu 1thn aja bisa dapat blok,ring& seher.tp mosok pemakaian setahun mesin dah jebol?gak mungkinlah.jd lbh ekonomis premium.cepet berobat gan..dah parah tuh sindrom pertamax ente wkkk..wkk..wk..

  16. mr.you berkata:

    vixion ane prnah setahun penuh pke pertamax gan(dr baru beli),sumpah gak bohong.agar dompet gak jebol,tangki msh terisi setengah sdh ane isi pertamax lagi.walau cm beli pertamax 20rb aja.yah dibela2in deh agar mesin terjaga.menginjak thn ke2 perasaan galau datang karna sering liat vixi orang lain,kok tenaganya serasa beringas meledak2 padahal cm minum premium,beda dgn vixion ane yg minum pertamax,nafas panjang tp tenaganya lembut.ane jadi pikir secara logika jadi kalo pake pertamax, ketika piston sdh sampe TMA agak lambat terbakar sehingga tenaga terasa lembut,beda dgn premium ketika piston sampe TMA mau tepat terbakar sehingga tenaga terasa beringas.jd ane putuskan untuk mencoba premium bensin “murahan’ itu.begitu isi trus coba, WOW tenaganya…..ternyata vixion cocoknya premium..SIALAN ane dibohongi selama ini vixion mesti minum pertamax!selama setahun lagi beih….

    • Nofgi berkata:

      Lho iya ta ?
      Kalau menurut ane, Vixion anne malah lebih mntab pakai Pertamax …
      Tarikan lebih mantab dan nafas lebih panjang IMHO.
      Para anak2 komunitas Vixion malah pada pakai Shell lho …

  17. redbike92 berkata:

    Amin moga2 motornya tetap bisa diminumi pertamax :D

  18. Nara berkata:

    @nofgi
    @maxy
    Tengyu atas saranya bro.
    Entar tak coba deh.
    @aprianto
    good penjelasanya.

  19. lanangbagus berkata:

    mesin motor ga cuma blok ring dan seher bro, masih ada stang seher biasanya klo seher oblak suka ketularan oblak stang sehernya,udh gt suaranya kyak mesin jahit.

  20. tony berkata:

    Jiaahhh bensin pertamax mahal..
    Pake premium aja tp di kasih suplemen lagi..

    bensin premium + hcs (hidrokarbon crack system)
    Torsi melesat jauuuhhhh
    Gas dikit motor udah loncat loncat..

  21. kripton berkata:

    Tetep pakai premium aman.
    Bukti sudah jelas.
    Satria FU sudah mengujinya sejak 2004 – 2012 ini.
    diperkirakan 7 tahun di Indonesia.
    sejak awal dijual di Indonesia.
    tahun 2004 PERTAMAX 92, apalagi Pertamax Plus. sangat jarang ditemui di Indonesia.
    jadi banyak Satria FU minumnya Premium saja.
    dan sampai sekarang, masih ditemui satria FU versi CBU yang tetap mengisi premium.

    kesimpulannya adalah bahwa motor yang dijual massal di Indonesia telah disetting untuk bisa nenggak premium.

    untuk gambaran lain. pandanglah Honda CS1 yang kompresinya diatas Vixion. aman aja tuh pakai premium. walau mesin kasar dikit. yang pasti pemakaian 3 tahun gak akan ada cerita ring seher jebol, piston patah dll.
    KECUALI. Satria FU dan CS1 tersebut sudah diganti dengan CDI Racing ( Rextor, BRT dll ).
    jangankan 1 tahun.
    seminggu pun paling dah jebol tuh seher kalau pakainya CDI Racing

  22. redvixy berkata:

    Mas, mau nanya, klo vixion pake pertamax harus setel klep lg ga ?
    Terus klo setelah ganti pake pertamax terus, tiba-tiba stok pertamax habis, dan terpaksa pake premium, bakal rusak ga sih injeksinya klo sering gonta-ganti bbm gitu ?
    Makasih sebelumnya.

  23. moel berkata:

    motor vixion baru gue 3 kali pake pertamax sampai indikator sudah merah, sekarang gue isi, premium 20 rb, kayaknya baik2 aja. masih hemat. jalan lenteng agung, cipulir,tebet. itu jarum nggak bergerak jauh, sekarang sudah 3 hr.

  24. Anonymous berkata:

    vixion ane pakai knalpot racing bensin pertamax, tapi setelah coba isi premium suara knalpot dan tarikan gas jadi suram, pengalaman pribadi lho. suara knalpot jadi mberebet, parah malu2in didenger org. tp skrg ane siasati dgn premium campur pertamax 2:1. ane mau ganti koil sama busi apa ya yang bikin tarikan vixion ane jd mantap dg kondisi bbm premium campur pertamax. kalo cdi sih gausah ganti. mohon penjelasannya

    • Nofgi berkata:

      Sorry bro, Vixion gak pakai CDI tapi udah diatur sama ECU (CMIIW).
      Saran ane, pakai busi NGK iridium khusus Vixion aja, lumayan mantab juga kok …
      Buat koil ada beberapa rider Vixion yg pakai koil Protec.

  25. pertamx berkata:

    la gmn lg to gan, lo ane pake pertamax bisa2 susu anak ane kagak kebeli, waduuuud

  26. riki berkata:

    vixi gw awal nya pakai pertamax plus , tarikan nya mantep bro.. halus, top speed sampai 140 an km/jam
    begitu coba premium, tarikanya jd kasar n top speed cuma 130 km /jam doank

    ya kl lg boke ganti premium,kl lg bnyk uang ya pakai pretamax plus, maklum mahasiswa, hemat uang :D
    gk tw jg ya kl gonta ganti BBM apa ada dampak negatifnya?

  27. Wahyu berkata:

    Supra fit ’05 (yg versi model lawas itu.looh) hehe, itu ane malah udah pakai pertamax gan :D
    Sumpah, beda jauh tarikan.nya ama ketaguhannya di trek datar bhkan pegunungan macam bromo boncengan pun masuk gigi 3 tangguh nanjak W0W .. Bahkan nii yee 1,5 ltr.an udah bsa buat sidoarjo – Pandaan ( nyampe kakek bodo) hingga pulang nyampe rumah ane ndek perbatasan surabaya..

    Beda bgt ama premium.. Tarikan lemot + Suara kasar + lebih gampang mbrebet + top speed ane test pake premium mentok 90 kmh .. Tp pake pertamax 100 kmh tembus… W0W

    So, ane putusin mending pake pertamax.. Selain performa dapet.. Jujur efek kedepan.nya jauuh lebih bagus dr premium..

    Coba yg udah pake premium bertahun tahun coba kalian buka head silinder.nya.. Kalian buka dan liat tuh piston.. Udah pasti bnyak kerak karbon gosong yg bhkan nempel keras di seker.. Ga kasian tuh ama tu mtor?
    Bo.ong kalo bkal aman” aja.. Emang belum saat.nya aja.., mending sedia payung sbelum ujan..
    Hehe

    #ini pengalaman pribadi gue..

  28. pemaKaian premium pada si vixi sah-sah saja sih,,karena setingan motor yang dijual di Indonesia sudah disesuaikan yang penting bisa dipastikan bahwa premium yang diminum si vixi tanpa timbal karena kandungan timbal pada bbm sangat berbahaya untuk mongstor injeksi (permasalahannya premium Indonesia sudah tanpa timbal belom nichh…???),, tp klo mau minum pertamax ya memang lebih bagus untuk mesin motor yang berkompresi tinggi… lebih mak nyussss……..:)

  29. Wahyu berkata:

    Pertamax tok pokok.e :D

  30. memang klo pakai pertamax vixion.ku tarikan lebih enteng,tapi respon seakan lebih lambat (nggandol)
    tapi kalo pakek bensin,suara mesin jadi kasar,
    jadi saya pakek bensin + pertamax dengan perbandingan 2 liter bensin : 1 liter pertamax
    hasilnya mantap bro,dan sedikit hemat d dompet
    nb: harus pertamax 95.klo pertamax 92 percuma bro

  31. aseanno berkata:

    aq sekarang pakai pertamax gan… coz gue dah sadar kalo kompresi motor gue 9:3:1 yg wajib pake pertamax… tp,, saya bngung, apkah pertamax memang lebih irit sma premium…? kalau iya, tolong di kasih kalkulasinya…=D

  32. z_real berkata:

    klo ane pengguna Vario 2010, rasio kompresi 10,7 : 1
    emang kerasa banget perubahan setelah biasa pake premium trus ganti pertamax apalagi pertamax plus. terasa banget pas ane coba akselerasi sampai top speed gk da gejala nahan dan tarikan terasa uenteng… top speed tmbus 110 km/h. getaran pada mesinpun berkurang. beda banget ama pake premium. tpi emang lebih mahal sich. solusinya kalo pengen irit pake pertamax pakai motor seperlunya aja. jangan malas jalan kaki atau pake sepeda. selain menekan emisi gas buang, irit bahan bakar, qta jg bisa sehat.
    pake pertamax, emang lebih baik dan ramah lingkungan. go green…

  33. ahong berkata:

    Kalo mo kenceng jgn cuma minumnya aja pertamax apa premium beda dikit ko,,kalo vixi ente” pengen pd kenceng dikit tpi ga rubah banyak tnggl naikin aja setelan d.ECU.y itu udah beringas ko gan

  34. aulia hamdi berkata:

    Vixi emang enak pakai pertamax…lebih ngacir gan…mesin ga sekasar kalo pakai premium…

  35. Toni Wijayanto berkata:

    Soal irit nya sm gk gan?
    Katanya klo premium diajak ngebut bensin yg keluar lebih banyak drpd pertamax.
    Misalnya (ngira2 ja), permatax 1liter bs menempuh 60km, sedangkan premium 1liter bs menempuh 30km. Klo dihitung uang yang keluar sm ja. Dh pernah ngukur km nya blm gan?

  36. Anonymous berkata:

    yg pasti aja pertamax…bosss

  37. Anonymous berkata:

    Memang brasa bgt pke pertamax,supra ane aj th 2006 yg tdinya premi pke perta langsung ajjiibb….

  38. Anonymous berkata:

    Vixion saya dua ..satu pakai pertamax satu pakai premium …..alhamdulillah sama sama halusnya dan sama sama kencengnya

  39. rroossyyiidd berkata:

    Ono rego ono rupo mas, :D

  40. Prynt berkata:

    Vixionku vixion prtama keluar di th 07 dan pake premium trs mesin tetep OK. Jgn takut pake premium. Emang mau jd pmbalap,jlnya yg wajar2 aj mas bro.

  41. vixioncrash berkata:

    Vixion 08 parkir di tempat panas suka mogok, ada solusi?

    • tian berkata:

      Kl yg saya telaah, octane booster memang baik di awal, tapi silakan terus”an pakai octane booster pasti kerak di intake manifold banyak kerak”. Sayang motor kompresi tinggi dikasih premium. Iya sih memang lebih murah, tapi efek jangka panjangnya bnr” bakal jadi pemikiran besar. Lagipula kl kita cuma cari murah, ya rezeki jg ya segitu” aja wong premiumnya habis mulu mau nyetok sebanyak apa juga otomatis kan penghasilan negara ya dipotong trs buat subsidi. Kapan nilai rupiah mau naik? Kapan gaji kita naik? Kapan negara ini yg punya segala sumber daya bisa berkembang dan bersaing ngelawan eropa yg pdhl minyak aja ngegalinya di negara kita? Kasian juga kan sm org” yg bnr” batasnya cm bs beli premium. Lagian kl beli kendaraan mending pikir” dl jgn cuma buat gaya beli vixion atau motor” gede high compression tp ujung”nya minum premium. Kasian motornya jg sob. Bayangin aja situ punya tangan cuma 2 tp disuruh mengerjakan begitu banyak pekerjaan dan penyelesaiannya dalam waktu yg sama. Sama kyk motor. Kompresi tinggi dipaksa minum octane rendah. Cape motornya ngeden mulu

  42. western new york berkata:

    Thanks for another informative site. Where else may just I am getting
    that kind of info written in such a perfect approach?

    I’ve a mission that I am simply now operating on, and I have been on the glance out for such info.

  43. Anonymous berkata:

    vixi kan kompresinya 10,4 Mas. Sementara penggunaan pertamax plus minimal kompresinya 10,5. Kalo saya mending pake pertamax aja lah..

  44. Anonymous berkata:

    kalau pake pertamax bisa merusak tangki nggak?
    soalnya ada yang bilang kalau pertamax sangat tajam sehingga dapat merusak tangki….

  45. permana berkata:

    pertamax emang kualitas tinggi

  46. babeh berkata:

    ikutan ah tapi ane pake kebo, kemaren ane beli pertamak 20 rb terus 30 rbnya premium segitu ane campur tarikan emang enak tapi mesin gila panas banget ane jadi ngeri ama jeroannya jadi ane pake premi lg aman dan terkendali premi juga enak toh mau segimana lari sih kalo udah celaka mah waduh repot bro jadi pake premi trus jalan nya yg tertib ga perlu kebut kebutan inget yang dirumah peace….:)

  47. noname berkata:

    bro klo verza ad yg tw g?9,5:1 gpp premium??

  48. jeprut berkata:

    bnr brow..itu sih akal2an Produsen yg d tekan pemerintah biar gk beli bensin subsidi, emg ada bedanya antara pertamax n premium tp gk banyak n gk sedasyat yg d sebutin n bedanya cuman d sugesti kita doang not more…

    klo premium gk bgitu laku maka pemerintah seneng bs ngurangi beban subsidi, padahal duit subsidi khan dr pajak rakyat jg,,mnurut anne sihh gan enakan kita menikmati subsidi rame rame dr pd subsidi d nikmati diem2 d balik meja sama pejabat yh d sono itu gan…

  49. galoeh berkata:

    ♏ªªn†ªª… (y)

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

