Assalamu’alaikum …
Kalian uda pada tahu kan tampang dari si Honda CB150R ? Lumayan cakep memang. Apalagi katanya sih mesinnya berasal dari turunan mesin Honda CBR 150 … !!! Apa gak gila tu ceeesss … Hehehe …
Kalau dilihat dari luar, mesinnya memang sepertinya uda menganut sistem DOHC, yaitu terdapat 2 noken as untuk mengatur klep. Sistem yang konon katanya bikin mesin motor bakal punya karakter power yang besar pada RPM atas (CMIIW).
Tapi bagaimana jika dugaan kita salah ? Bagaimana jika mesin DOHC ini justru powernya jauh di bawah si CBR 150 ?
Bisa aja kan, coba kita renungkan. Seperti halnya pada mesin Satria F yang katanya mirip punya FXR 150. FXR punya power 21 HP sedangkan Satria F cuman 16 HP (CMIIW), mesin mirip tapi power jauh berbeda bukan ?
Menurut ane, bukan hanya DOHC saja yang mempengaruhi power motor. Perbandingan kompresi, kualitas bahan-bahan pada mesin, ukuran seher (piston) dan stroke jika bisa mempengaruhi (IMHO,CMIIW).
Bagaimana jika hal tersebut juga menimpa pada si CB150R ? Gimana jika mesin uda DOHC tapi power gak jauh beda sama si New Vixion ? Apakah para konsumen bakal kecewa ?
Atau bagaimana jika power memang hampir sebesar power CBR 150 tapi harganya selangit ? Waaadooohhh …
Gimana nih sob ? Pilih power biasa aja tapi harga cukup terjangkau atau power cukup gede tapi harga selangit … ?
Kita tunggu saja berapa harga yang diberikan Honda buat CB150R ini. Kalau NP sih berharap harganya terjangkau dan power tetap maksimal hehehe …
Monggo dikomentari …
Assalamu’alaikum …
Maaf jika ada kesalahan. Ambil sisi positifnya saja dan buang sisi negatifnya.
Mungkin powernya beda jauh, kalau powernya beda tipis banget ya owner CBR apa ga kecewa tuh? 😀
nitip bro
http://bagas29ps.wordpress.com/2012/11/08/rangka-yamaha-vixion-berkarat/
Lha itu dia, itu juga sempat ane pikirkan bro …
pikirnya jangan kelamaan gan
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/11/masalah-pada-cb150r-buat-pusing.html?m=1
pilihan saia sih power gede, tampilan gagah en harga murah (maunya 😆 )
kalo secara logika sih, saia pegang prinsip jawa, ono rego ono rupo…
Tapi biasanya power gede itu harga mahal … Ya semoga saja harganya terjangkau tapi power gede hehehe …
memang kayaknya mustahil kalau plek mesin CBR.
Kalau benar powernya di bawah CBR yaaaa…..
Lihat reaksi pasar aja.
(terutama FBH )
Kalau power besar bisa2 FBH bersorak nih hehehe …
Spek resmi New vixion dah keluar di tabloid otomotif
NEW OLD
jarak sumbu roda 1.300mm 1.282mm
Jarak terendah 165mm 167mm
Bobot 129 kg 125kg
Tenaga 16,59dk/8.500rpm 15,09 dk/8500rpm
Torsi 14,5Nm/7.500rpm 13,1Nm/7.500rpm
Starter Elektrik ELektrik dan tuas
Ban Depan 90/80-17 2,75 – 17
Ban Belakang 120/70-17 90/90-17
Pompa BBM Brushless 250kpa Brush 250kpa
Lebih irit 15 % Kalo diset boros tenaga bisa lebih besar
Sistem engkol opsional… garansi ga hilang kalo dipasang
Perbandingan ama CBR aja dulu… di tabloidnya spek CB blum ada…
CBR
Power 17,8 PS/ 10.500 rpm
Torsi Maksimum : 12,66 Nm/ 8.500 rpm
Nu piksi
Power 16,59 PS/ 8.500 rpm
Torsi Maksimum : 14,5 Nm/ 7.500 rpm
Kalau si CB150R benar2 pakai mesin CBR 150 ya Vixion bisa keok nih …
Tapi dilampu merah bisa di bully CB nya.. beda karakter…
power kalah 1,21 PS tapi dikail di rpm rendah
ama torsi menang 1,84Nm di rpm rendah juga,,
trek panjang baru keteteran… 😀 😀
Benar, Vixion lebih di putaran bawah.
kalo bener pake mesin CBR150 tanpa ubahan apapun, coba tuh CB150r kasih minum premium… powernya bakalan sama tuh kayak vixion. BBM sangat berpengaruh bro, dan itu berhubungan dengan kompresi :). dan satu lagi pastinya akan lebih boros BBM dan part yang cepet rusak. mesin mahal perawatan mahal 🙂
Begitulah, SOHC ataupun DOHC masing2 punya kelebihan dan kekurangan.
Udah lihat perbandingan test autocar india blom
Cbr150 vs r15v2
17.8ps vs 17ps
12.8nm vs 15nm
R15 hanya menang di 0-60kpj
Sisanya 0-100kpj menang cbr jauh
Top speed juga cbr 136kpj vs r15 124kpj
disinyalir saat touring para rider vixion minggir semua nih.heheh maklum dah minder dulu lawan dohc. sapa yang suka touring………………….. pasti pilih yang mantap diputran atas
Gak selalu motor turing harus DOHC, buktinya Inazuma sama Honda Goldwing aja pakai SOHC (CMIIW).
Pengalaman dulu pas turing itu lebih butuh power bawah menengah (IMHO).
Turingnya dijalan pantura kali ya… yang cuma lempeng doang dan gak ada asik-asiknya….
Bener tu, turing tu biasany lebih mengutamakan tenaga bawah menengah biar handal buat ngelewati medan/macet.
pantura banyak jebakan betmen nya gan.. hati2x aja kalo mau ngebut, apalagi kalo malam dan belum hapal kondisi jalan daerah tersebut :).
Mau touring ato mau balapan mas bro ??
ya pasti minggir sih, kan jalanannya punya sampean to wkwkwkwk
sebenernya simple aja kenapa motor lebih butuh power bawah .. karena meskipun touring.. tetep ga bisa maen RPM atas .. apalagi top speed… lha ngeri je… orang desa kadang sliwar sliwer kluar gang ngawur… belum tiap kota adab nya berbeda.. ada yang ga ngesen maen belok.. ada yang malem2 matiin lampu… mao ngebut dimana sih? 😀 bener jua tuh…
dan seberapa lama mau maen di high speed pada saat touring? 150 kpj terus selama 2 jam? atau palingan sekitaran 80-90-100 kpj saja..? para touringer pada bisa jawab tuh
akuurrr..
terlalu mendewakan speed sih..
😀
Setujuh…ane klo buat touring lebih butuh power low to mid rpm, medan jalan d kota ane naek trun soalnya, jrg bs speeding d atas 100kpj. Yg pnting buat ane tu mtor bs narik cpet ke 100, ga pduli top speed <140kpj. Big torque…
Siiippp …
Knp harus minggir….??? bukannya klo touring kecepatan sdh diatur rata2nya…ya setau ane tau klo pake motor sport rata2 80-90 km/jam itupaun klo jalan lenggang?? g harus di Topspeed trus kan…??? Maaf bro…rata2 club motor sdh tau semua g kan sikut kiri kanan…..hehe
Setuju nih,biasanya ada batasan kecepatan buatan touring lho…
klo dilihat dari accesories yang nempel (selain mesin), kayaknya memang harga berat di mesinnya. jd saya kira power beda2 tipis sama cbr + penuturan si jepun waktu lek iwb korek2 info zaman dulu 😛 bahwasannya si cb150r ini bakalan lebih enak alias lebih torqi dari cbr + indikasi final gear yang 1-2 mata lebih besar dari new cbr….. boleh dikata akan bisa mengimbangi new vixion di putaran bawah menengah meskipun kayaknya tetap sedikit unggul new vixion, tapi lebih joss pada putaran menengah atas di banding new vixion…
Mungkin juga bisa begitu. Kayaknya kalau buat motor nakedbike seperti CB150R ini loebih baik power agak diperbesar di putaran bawah menengah, biar enteng buat selap-selip, stop n go.
Kalau memang setara dengan New Vixion
Petinggi yamaha akan lebih bernafas lega lagi deh
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/11/petinggi-yamaha-akhirnya-bernafas-lega.html?m=0
Hehehe … Lebih lega …
kita bisa melihat dari pakrio 125 yg mesinnya turunan dari pcx125,,
powernya beda kan
Nih bener juga, powernya jelas beda. Sama juga kayak Satria F sama FXR 150.
Pure CBR 150 kompresi 11:1 powernya 17,8 PS (pertamax plus)
kalo kompresi turun jadi 10:1 powernya +/- 16,8 PS (pertamax)
kalo kompresi turun jadi 9:1 powernya +/- 15,8 PS (premium)
….nah tinggal pilih mau mimik apa tuhhh susu ato kopi..???
Hehehe … Mungkin kompresinya gk jauh beda sama kompresi Vixion.
yang jelas kalo harga miring tetep pesimis power sama atau mendekati cbr
Ada harga, ada rupa …
FXR 150 ———– FU versi cbu ———–FU versi ckd
21 HP 16 HP 14 HP
itu Fu versi CKD pada brosur tertulis power 16 HP, padahal realnya cuma 14 HP.
Lho iya ta ? Uda pernah dites dyno ?
asal masih diatas vixion mah no problemm…………………………………..
Kalau ternyata harganya agak mahal sob ?
kalau power besar, gimana nasib sodaranya NMP + Tirev
Lha itu, bisa2 malah menjatuhkan produk lain yg masih satu pabrikan.
kalo ngeliat panjang silencer cb150R yang lebih pindek dari new-vixion, kayaknya cb150r emang bener2 dibikin buat njabanin new-vixion di putaran bawah (biasanya silencer pendek identik dengan akselerasi bawah yang nampol). Sedangkan putaran atasnya digarap ama overbore+DOHC.
Satu lagi kang, kayaknya gear belakang lebih besar dari pada milik CBR 150. Mungkin buat ngejar power putaran bawah.
menurut saya secara logika tidak
mungkin hanya dengan mengganti sistem pengabutan
bahan bakar bisa naik tenga 1,5ps tanpa ada perubahan dari
sektor mesin karena perubahan injeksi hanya sistem
suplay bahan bakar saja yang berubah….
menurut saya ini hanya bahasa
pemanis karena kompetitor lebih bertenaga.
contoh yang bisa digunakan secara nyata adalah Jupiter
Z1 ganti ke injeksi dan ubah crankshaf hanya naik 1,6PS
ADA SATU HAL….NU PIXI NDAK PAKE AIS…JADI KATUP OUT PLONG, GAK KESUMPEL…..TENAGA BISA NAIK DIKIT…
AIS DIGANTI O2 SENSOR…CLOSE LOOP, PEMBAKARAN SELALU OPTIMAL…TENAGA STABIL.
Semoga aja knalpotnya gak nembak2 lagi hehehe …
ohh begitu yah,kalo begitu kenapa ga dipasang ke matic nya sekalian kan tenaga jadi nambah dikit dan stabil….
contoh kasus MIO J >>> injeksi tapi tenaga cuma 7,6ps kalah dengan MIO karbu 8,76ps
kalo yg ini bisa dijelasin ga???
knalpot suka nembak karena percampuran udara dan bensin tidak seimbang atau tidak optimal atau tidak stabil.
kalo ini bisa dijelasin ga Mbelgedhess???
menurut saya nih tetap lebih besar power CB150R
Kita lihat saja spesifikasi dan power nyatanya nanti saat dites.
Ya no problem, udah kelakuan orang indo gak seneng spek standar, mau power setara cbr juga ttp aja di obrak abrik mesinnya.
asal udah ada yg posting hasil modifikasinya power mesinnya,, yg lain pasti ngikuttt.. gak peduli walo misal kondisi standar lebih jeblok poweernya dr pd vixy ^_^
Melalui modifikasi, kita bisa memperbaiki kekurangan pada motor kita.
Mbelgedhess berkata:
November 9, 2012 pada 3:23 am
ADA SATU HAL….NU PIXI NDAK PAKE AIS…JADI KATUP OUT PLONG, GAK KESUMPEL…..TENAGA BISA NAIK DIKIT…
AIS DIGANTI O2 SENSOR…CLOSE LOOP, PEMBAKARAN SELALU OPTIMAL…TENAGA STABIL.
————————————————————————————————————————-
dani berkata:
November 9, 2012 pada 7:58 am
ohh begitu yah,kalo begitu kenapa ga dipasang ke matic nya sekalian kan tenaga jadi nambah dikit dan stabil….
contoh kasus MIO J >>> injeksi tapi tenaga cuma 7,6ps kalah dengan MIO karbu 8,76ps
kalo yg ini bisa dijelasin ga???
============================================================================
ohhhhh jadi artinya klo MIO J lemot karena kesumpel yah…wkwkwkwkwkwkwkwk lucu banget si mbelgedhess penjelasannya n YMKI juga aneh ada injeksi yang bagus tapi malah pake YMJET-FI yang buat tenaga turun
Mungkin demi mengejar efisiensi bahan bakar sob …
kalo ngejar efisiensi kenapa ga pake injeksi jupiter z1 si mio J????
kan lebih irit 20% dan lebih bertenaga……….
Gk tahu, tu pabrikan yg buat.
mau power & torsi sebesar apapun, jangan lupa bro sama yg namanya PWR (power to weight ratio), untuk motor 4 tak 150-250cc masih kepegang DUKE 200 & Suzuki Inazuma PWR kayaknya kecil, cmiiw 😀
Wah, kalau PWR ane kayaknya masih blom terlalu paham.
keren
Keren mana sama Megison ?
hayah
mungkin kalo dibanding mesin CBR 150, perbedaan hanya terdapat di kurva pengapian aja
mengingat Honda Teralis ini motor street yang lebih mengutamakan performa di putaran bawah-tengah
http://zulfauzi.blogspot.com/2012/11/rx-king-modif-minimalis.html
Pengapian mungkin juga disetting ulang biar bisa pakai premium hehehe …
Gwa tetap pilih vixi deh…
Kalu cb150r emang bener di pasangi mesin cbr150r pasti harganya mahal atau kalau mau murah mesin di downgrade agar harganya bisa di tekan
Klo sama bisa rugi bener yang punya cbr150 dong di asapin ni cb150r kan bobot dari cb150r jau lebih ringan dari cbr150
Kan lucu banget motor 33jt di asepen sama mtr 23 si cb150, bisa nda bakalan laku tu cbr150
All new vixion upgrade vs cb150 downgrade
Pilihan di tangan mu
Yap,itujuga bikin ane kepikiran.
Kasihan para pemilik CBR150 jika disaingi oleh CB150R.
mantab
Masa iya kirim unit utuh dati thailand g diitung biayanya,….?
Sudah gitu bukane kalo motor built up itu kirimnya di paleti + di bungkus dalam kotak kayu…..?
Emange kotak kayu untuk cover 1 motor harganya sama dengan sebungkus rokok…?
Trus g di itung juga tambahan bea cukai masuk indonesia….?
Itu lah knp motor built up harganya bisa 1,5x lbh mahal…..
Ah trgntung slera x.
Yg jelas gw punya cb150r mrasa puas dan jauh di bndngin dngn new vixi larinya.pkok nya cb150r muantep.gw dah bktikan.
mantap mana larinya sama cbr???
soal mesin ya lebih mantap cbr..
tapi beda harganya lebih murah si CB 13-14 juta ketimbang CBR
kesimpulannya kalo harganya “dibuat sama” (duit 14 jutanya tuh dipakek utk ngoprek mesin si CB), kebayang ga kencangnya tuh CBSF?
cb kasih turbo paling abis 10 jt harga jauh ama cbr 41 ama 34 an klo dah di modif power bisa ngalahin ninja 250 sekalipun maybe 😀 tinggal tunggu tangan kreatif indo