Tips Memperbaiki Motor Rondo Alias Motor Bekas Ala NP …

Assalamu’alaikum …

Gak da salahnya kan kita beli motor rondoan alias motor bekas ?

Asal kita pintar-pintar milih dan jeli dalam membeli motor, motor bekas sekalipun bisa tetap nyaman dan bergaya saat dipakai. Malahan kita bisa aja dapet motor bagus dengan harga yang relatif lebih murah, lebih “bejo” kan ? (Bejo=untung).

Tapi bisa aja kita kebetulan dapet motor yang kurang bagus, baik dalam segi tampilan atau mesinnya. Misal ada yang bodynya baret-baret atau mesinnya mbrebet. Kurang memuaaskan bukan … ?

Nah kali ini NP mau berbagi tips cara memperbaiki/merenofasi motor bekas menjadi lebih baik. Langsung aja simak baik-baik ya …

1. Renofasi Bagian Mesin, Kelistrikan, dan Lampu-Lampu Penerangan.

Sebelum kita renofasi bagian luar, alangkah baiknya renofasi bagian mesin motor dahulu. Cek semua onderdil/part mesin motor dari yang paling vital contohnya : Seher(Piston), blok, Klep(Untuk motor 4 tak), Kop silinder(Head silinder), Karburator, dan lain-lain sampai part yang lain-lain misal : Kampas dan per kopling, per klep, dan lain-lain.
Pastikan semua part bekerja dengan normal. Perbaiki jika ada part yang sudah baret-baret sehingga udah gak layak pakai (Biasanya pada bagian piston atau blok silinder). Ganti dengan part baru bila perlu, atau jika partnya udah gak diproduksi, bisa dikanibali pakai part motor lain (Kayak swap enggine Tiger ke CB).
Untuk motor injeksi, bawa aja motornya ke dealer resmi dan minta cek keseluruhan pakai alat diagnosa khusus injeksi untuk mendeteksi kerusakan.
Jangan lupa cek bagian kelistrikan misal CDI, Koil, Busi, Kabel-kabel, dan lain-lain. Ganti bila part sudah gak layak pakai. Hal tersebut juga berlaku pada lampu-lampu pada motor. Agar motor tetap aman buat dikendarai …

Biar tampilan makin menarik, bisa cat ulang kalter dan blok mesin. Pakai warna yang menarik misal kuning emas, hitam doff, silver, dan lain-lain. Pakai cat yang tahan panas agar gak mudah leleh/luntur. Tidak dianjurkan meng-krom pada bagian mesin, karena konon katanya bisa membuat mesin mudah panas saat dipakai. Tapi kalau buat modif aja ya mungkin boleh-boleh aja …

2. Cek suspensi, swing arm, dan velg …

Jangan lupa cek pula kualitas redaman suspensi depan-belakang. Cek apakah suspensi masih layak pakai dan gak mati. Pastikan redaman tak terlalu kaku atau pun tak terlalu mental-mentul (Gak boleh ngeres, hehehe). Cek pula apa ada kebocoran oli pada shock depan. Jika sudah kurang layak pakai, lebih baik perbaiki atau ganti pakai yang baru (Kalau hanya buat modif, ganti sekalian pakai part “Limbah Moge”, kalau ada duit lebih sih hehehe …).

Cek pula kondisi lengan ayun atau swing arm. Cek apakah masih kuat menahan beban kita saat dikendarai. Cek juga bearingnya, siapa tahu uda karatan dan uda bunyi ciiit ciiit ciiit (Kayak tikus aja hehehe … ^^). Kalau da kurang layak pakai, perbaiki atau ganti yang baru. Kalau barang uda gak diproduksi, bisa juga dikanibali pakai part motor lain.
Cek juga velgnya, apakah masih kuat atau malah udah peyang. Untuk velg jari-jari/ruji, stel velgnya biar aman dipakai. Bila velg/jari-jarinya uda karatan atau peyang, ya diganti pakai yang baru aja deh. Untuk velg palang, coba cek apakah ada retakan atau bengkok. Bawa ke tukang pres velg jika uda ada retakan atau bengkok pada velg palang. Cek juga bearing pada velg/tromol. Apakah masih mulus saat berputar atau udah uzur.
Jika pengen tampil beda, cat ulang suspensi, swing arm, dan velg. Pakai wrana-warna yang menarik kayak warna kuning emas, hitam doff, silver, dan lain-lain. Atau bisa aja kasih sentuhan krom biar makin kinclong. Asal tetap sesuai aturan aja deh …

Atau jika motor buaat keperluan pajangan/kontes modif, bisa pakai suspensi, swing arm, dan velg dari part limbah moge. Asal ada duit lebih deh hehehe … Bisa mendongkrak tampilan lho … Asal pemasangan rapi dan serasi …

3. Cek Detail Body dan Cat ulang Bila Perlu …

Cek juga detail body motor bekas yang uda kalian beli. Cek apa ada retakan atau baret-baret. Bisa ada retakan atau patahan, bisa direnofasi ke bengkel-bengkel yang ahli gituan. Biasanya sih didempul atau dilas biar nyambung lagi (CMIIW).
Kalau udah mulus, bisa dicat ulang biar tampilan makin menarik dan gak kusam lagi (Asal sesuai STNK dan aturan kalau motor buat harian). Cat bisa dilapisi clear/pernis biar makin kinclong dan aman. Kalau cuman buat modif (Kontes/pajangan), bisa pakai cutting stiker/air brush agar tampilan motor makin manis dan menarik.

Jika pengen tampil beda buat modif kontes/pajangan, bisa ganti body kitnya pakai body kit vaariasi. Bisa yang dari bahan fiber atau plastik. Kalau menurut NP sih lebih mantap bila desain body kitnya dibikin custom alias kreasi sendiri. Biar makin tampil beda.

Sebenarnya masih banyak onderdil/part lain yang bisa kita bahas. Tapi NP pegel ngetiknya jika harus bahas tuntas semuanya, jadi cukup sekian aja ya hehehe …

Sekian dulu tips ringan dari NP. Semoga bisa bermanfaat positif bagi para bikers yang ingin atau sudah memliki motor rondo alias motor bekas agar motornya gak kalah menarik dengan motor baru …

Monggo dikomentari …

Assalamu’alaikum …

*Gambar hanya ilustrasi, jangan ditiru bila tak pantas untuk motor harian.
Maaf jika ada kesalahan. Ambil sisi positifnya saja dan buang sisi negatifnya …

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di Aksesoris/Variasi Motor, Modifikasi Motor, Uncategorized dan tag , , , . Tandai permalink.

30 Balasan ke Tips Memperbaiki Motor Rondo Alias Motor Bekas Ala NP …

  1. bagas29ps berkata:

    Cek pernah jatuh apa engga😀

  2. redbike92 berkata:

    sep bisa dipraktekan pas mau beli motor bekas😀
    wah jadi pengen RX-KIng bekas nih:mrgreen:

  3. apriantoblog berkata:

    cek dengan cara gas speed 40-50 kmh, terus lepas tangan kalau oleng tuh motor di jamin pernah jatuh

    untuk mesin kompresi tinggi, sebaiknya cek bensinya waktu kita hendak beli, keliatan warna BBMnya, untuk biru ron 92, kuning 88, dan merah 95, tapi bila tinggal di daerah ga ada ron 95, perhatikan warna merah-orange pertanda oplos BBM,

    untuk motor kompresi tinggi dengan ron yang lebih rendah sering kata mekanik kemampuan mesin sudah drop sekitar 80% di tahun pertama dan akan drop hingga 75% di tahun berikutnya

    cek juga riwayat sportisi,

    untuk motor beradiator, sebaiknya flush radiator, ganti collant yang baru sob

    ganti mesin kalau perlu, wkwkwkw

  4. kharis27 berkata:

    kalo dah di motor modifan harus lebih jeli lagi

  5. Kelana 97 berkata:

    Siiiip…,nambah ilmu

  6. id berkata:

    standar tengah, masuk gigi 2, trus gasspool ngebul ga?:mrgreen:

  7. abong bonjeruk berkata:

    aman..
    kanaknyangket.blogspot.com/2012/09/pasang-spion-satu-amankah.html?m=1

  8. brigade15 berkata:

    betul tuh bro😀 ane yg udh dibenerin baru sektor mesin http://brigade15.wordpress.com/

  9. sueddy berkata:

    5ntap ,

  10. MegaOto berkata:

    Situs Jual-Beli Mobil/Motor Bekas: Barang Istimewa, Harga Mantap!

    Lagi cari kendaraan? Atau bingung cara jual kendaraan? Kunjungi http://www.mega-oto.co.id. Situs jual-beli motor/mobil baru dan bekas. Bisa Cari/Beli, Bisa Jual, Bisa Pesan. PASANG IKLAN GRATIS, JUAL-BELI LARIS MANIS!

    MAU KE MEGA OTO: KLIK DI SINI

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s