Yamaha MT 15 Rugi Kalau Tidak Dibekali Mesin DOHC … !!!

Assalamualaikum.
Salam sejahtera untuk kita semua sobat.

Salam otomotif sob … Beberapa hari belakangan ini jagad roda dua digemparkan oleh penampakan sesosok misterius yang diduga sebagai motor terbaru pabrikan garputala, yakni Yamaha MT 15 … !!!

Yaps, brother kita di Thailand tengah berhasil menjepret sesosok misterius, motor sport bergenre street fighter dengan body sangat berotot, buritan minimalis nan nungging, shock depan USD (upside down), dan swing arm kekar. Yaps, disinyalir inilah sosok yang dikabarkan sebagai Yamaha MT 15 … !!!

Dilihat dari beberapa partnya, nampak sangat mirip dengan beberapa part motor Yamaha yang lain, seperti lampu sein, footstep serta pegangan footstep belakang, spion, swing arm dan knalpot mirip punya R15, sampai kalter mesinnya juga mirip kalter mesin Vixion series. Nah pertanyaannya, apakah bakal calon MT 15 akan menggendong mesin SOHC sama dengan generasi Vixion series ?

Jika benar masih menggendong mesin yang sama dengan Vixion, yakni 150cc SOHC 4 valve dan hanya 5 speed, maka jelas bisa dikatakan rugi sob … !!!

Kenapa demikian ? Karena rivalnya saja yang sama-sama menggendong mesin 150cc, sudah dibekali mekanisme buka tutup katup DOHC, dan sudah 6 speed. Bahkan para bebek super juga sudah mengaplikasikan mesin DOHC, seperti Sonic 150 dan Satri FU 150. Nah, masak motor sport berbody gahar nan sangar ini masih saja dibekali mesin SOHC … ?

Sebagai penyemplak generasi old Vixion, NP sendiri tahu betul karakter mesin SOHC Vixion. Mesin SOHC Vixion unggul dan beringas pada RPM bawah menengah dan pada gigi 3 serta 4, sedangkan pada RPM atas, terutama di gigi ke 5, terasa tenaga menurun drastis. Mesin terasa lari ditempat sehingga susah menambah top speed. Itu semua dalam kondisi sutandart pabrikan. Kalau udah diupgrade ya beda lagi sob hehehe 😀 .

Nah menurut NP, kekurangan ini dapat diperbaiki dengan sistem buka tutup klep DOHC, di mana tenaga pada putaran atas menjadi lebih beringas dan top speed dapat ditingkatkan. Dan juga jangan lupa jumlah percepatan juga wajib 6 speed agar tidak kalah sama tetangga.

Yaps, konsumen sekarang sudah makin cerdas dan melek teknologi. Jika ada produk yang lebih superior, tentu konsumen lebih memilihnya dari pada produk yang inferior. Karena itu tentu pabrikan ditutut membuat produk yang mampu bersain di pasaran.

Artikel kali ini hanya sebatas pendapat NP pribadi. Namun semua tergantung pada Yamaha sendiri, mau tetep pakai SOHC atau uda upgrade DOHC 😀 .

Monggo komentar dan pendapatnya…

Keep Safety Riding Sob …

Salam Otomotif … 😀

Wassalamualaikum.

*

*

*

*

*

********************

#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :

Facebook              : Nofgi Motor Sport
Fans Page on Facebook : Nofgi Piston Blog
E-Mail                : Nofgimotor@gmail.com
PIN BBM               : 7DB8FF2F
Line                  : nofgi piston
Instagram             : nofgi_piston

Tentang Nofgi

Menerima Order Project Elektronika & Robotika. WA/SMS : 088217082017 Youtube : Nofgi Piston IG : nofgi_piston
Pos ini dipublikasikan di Yamaha dan tag , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Yamaha MT 15 Rugi Kalau Tidak Dibekali Mesin DOHC … !!!

  1. Mase berkata:

    setuju mas.. bakalan kalah sama new cb dipenjualan kalau nggak dohc

    Sonic Gue Sudah Mencapai 143 cc Sedikit Lagi 150

  2. sansinno.com berkata:

    konde nya uy…rada gimana gtooo

  3. bdt berkata:

    saya rasa dohc hanya u/ r15 v 3.0,

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D