Memasang Sendiri Lampu Hazard di Sepeda Motor

IMG_20141122_201332

Assalamualaikum.
Salam sejahtera untuk kita semua sobat …

Kalian semua pada tahu yang namanya lampu hazard kan ? Lampu hazard itu adalah menyalanya keempat lampu sein secara bersamaan. Fungsi lampu ini ada bermacam-macam, diantaranya saat ada kondisi daurat seperti saat ada bahaya, lagi mogok, dan lain-lain (silahkan cari sendiri di Google sob hehehe:mrgreen: ). Lampu ini wajib ada di mobil, namun tidak di sepeda motor. Oleh karena itu, banyak bikers yang kerap kali memodifikasi motornya agar dapat menyalakan lampu hazard, ya termasuk NP ini hehehe:mrgreen: .

Yaps, kali ini masih tetep si BH (Bayangan Hitam) yang jadi korban. Biaya untuk bikin ginian nggak mahal kok sob. Insya Allah nggak sampai 30ribu. Untuk alat-alatnya, cukup siapkan flasher mobil yang tiga kaki, kabel secukupnya(2-3 meter juga boleh), saklar tiga kaki (di toko komponen lektronika banyak), selotip hitam, gunting, cutter, dan tentunya piranti-piranti lain buat ngebongkar body motor. Dan masuk ke cara merangkainya. Kali ini NP praktekkan ke motor berjenis Old Vixion. Untuk motor lain nggak jauh beda kok caranya. Cekidot gan😀 :

1. Cari lokasi flasher. Caranya mudah. Nyalakan lampu sein tanpa menghidupkan mesin motor. Cari sumber bunyi tik-tok-tik-tok, di situlah letak flasher. Kalau di old Vixion sih di body belakangnya. Ganti flashernya pakai flasher mobi yang tiga kaki. Nih penampakannya : IMG_20141122_164441 Sambungkan kaki yang bertanda B dan L ke kabel seperti flasher pada normalnya sedangkan kaki yang bertanda E sebagai ground dihubungkan ke baut body motor lewat kabel tambahan.  IMG_20141122_165254 Kupas kabel dengan cutter dan gunting. Rapikan semuanya begitu selesai terpasang.

2. Cari kabel positif kedua lampu sein depan. Posisi biasanya di sekitaran lampu depan. Kalau motor Yamaha, warnanya hijau tua dan coklat tua. Hubungkan secara paralel kedua kabelnya dengan menyisipkan saklar tiga kaki ditengahnya. Kabel dihubungkan di kaki bagian ujung dan tengah saklar. IMG_20141122_170748 IMG_20141122_170800

3. Rapikan semuanya dengan solasi hitam. Letakkan saklar pada tempat yang menurut sampean strategis. IMG_20141123_112251 Kalau di motor NP, ane taruh saklarnya di bagian bawah holder kiri. Biar gampang diraih oleh jari.

4. Dan taraaaaa … Lampu hazard sukses terpadang deh. Jika saklar dalam kondisi “off”, maka sein akan menyala seperti normal. Namun jika saklar di “on” kan, silahkan nyalakan sein. Maka keempat sein akan menyala secara bersamaan.

Yaps … Demikianlah prosedur sederhana cara bikin lampu hazard pada sepeda motor versi NP. Ingat, gunakan lampu hazard sperlunya dan sesuai aturan. Jangan sampai malah akan menggangu pengguna jalan yang lain sobat🙂 .

Jika masih kurang faham atau bingung, silahkan tinggalkan pertanyaan di komentar.

Selamat mencoba sobat … Salam otomotif😀 .

Tambahan : Ini NP sudah mengupdate cara pembuatan lampu hazard versi terbaru yang lebih canggih, silahkan klik artikel berikut ini : Membuat Lampu Hazard Sepeda Motor Versi 2

Wassalamualaikum.

*

*

*

*

*

********************

#Maaf jika ada kesalahan, ambil sisi positifnya saja.
#Modifikasi motor yang tidak safety dan melanggar aturan tidak dianjurkan untuk motor harian/touring.
#Modifikasi jangan terlalu berlebih-lebihan.
#Barangkali anda mempunyai kabar/berita seputar otomotif atau ingin mengiklankan suatu produk di blog ini, silahkan kontak saya di :

Facebook              : Nofgi Motor Sport
Fans Page on Facebook : Nofgi Piston Blog
E-Mail                : Nofgimotor@gmail.com
PIN BBM               : 7DB8FF2F

Tentang Nofgi

Suka berbagai hal yang berhubungan dengan otomotif ... Penggemar Motor Sport ... Suka menulis di dunia maya ...
Pos ini dipublikasikan di Modifikasi Motor, Tips Otomotif dan tag , . Tandai permalink.

106 Balasan ke Memasang Sendiri Lampu Hazard di Sepeda Motor

  1. yunus.bustomi1986@gmail.com berkata:

    Siiip,,, baru selesai pasang, itu klaau konslet kena injeksen ga?

  2. anddhy berkata:

    beli Flasher 3 kaki’a di mna

  3. adit berkata:

    kalo tetep pakai flasher ori bawaan vixi bisa gak mas bro

  4. Anonim berkata:

    kalo pake flasher kedipan cepat , lampu nya led bisa nda bro ?

  5. Anonim berkata:

    kalo pkek flasher ori tp dtambah 1 lagi bisa gak..jadi 1 motor ada 2 flasher..

  6. Anonim berkata:

    q kurang paham boss soal posisi sakelarnya boss

  7. Pilah berkata:

    Bang kalau kabel positip beat posisi nya dmna ya

  8. Anonim berkata:

    Makasih gan informasinya….saia mo coba dirumah.

  9. Ade setyawan berkata:

    Mas kalo pake flasher bawaan motor bisa gk??

  10. z8dan berkata:

    Mas punya saya udah di sambungin ke ground tapi gk nyala sein nya?

  11. ka gilang berkata:

    kl punya saya ga perlu tambahan flaser lg gan,tinggal d jamper pake flaser yg lama trus beli saklar yg kaki 6,coba d kreasi sendiri
    ane ngerangkai sendiri cuma modal 10rb ada kembaliannya pula,hee

  12. C.L.A.Y berkata:

    Falshernya pake punya mobil apa gan ? Pas sen biasa cepet apa engga kedipnya ?

  13. AnggaFu berkata:

    Mas Flasher Mobil Saya Di pasang kok nggak mau Nyala yaa,, Padahal baru beli

  14. trimbil berkata:

    Alo buat motor honda blade racing gimana bro,saya udah coba tpi gagal

  15. muhammad riza s berkata:

    tutor untuk mx king dong mas😀

  16. redy berkata:

    thank gan

  17. Anonim berkata:

    cara menyambung paralel kabel sen ke saklarnya gimana ya gan?saya udh coba” tapi ga bisa bisa

  18. ichlasulammal berkata:

    Wihiiii mksih infonya gan, ternyata stlh dicoba flasher bawaan byson masih kuat nyalain ke empat lampu. Juoozzz

  19. farhanmuhammad berkata:

    cara nyambungin kabel positif sen depan ada fotonya gk mas,,saya bingung yang bagian depan

Komentar Anda Membuat Semangat Saya Membara ... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s